Perencanaan Digital Marketing Untuk Peluncuran Produk Baru

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Untuk menjaring pasar di dunia perdagangan, setiap perusahaan perlu berbagai macam cara yang harus dilaksanakan secara konsisten agar bisnis yang dijalankan bisa survive dan bersaing. Inilah alasan kenapa perencanaan digital marketing menjadi hal yang begitu krusial.

Misalnya saja, perusahaan mengeluarkan produk baru yang sebelumnya belum pernah dibuat. Hal ini membutuhkan langkah yang lebih rumit untuk menjaring target market yang diinginkan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal mendasar tentang perencanaan digital marketing untuk peluncuran produk baru agar nantinya Anda bisa mendapatkan target market jelas dan bisnis akan senantiasa berkembang. Penasaran?

Perencanaan Digital Marketing Produk Baru

Merencanakan digital marketing produk baru, Sumber: pexels.com
Merencanakan digital marketing produk baru, Sumber: pexels.com

Berbincang tetang strategi perencanaan marketing digital terutama untuk mempromosikan produk yang baru di-launching, ada beberapa langkah yang bisa Anda jadikan pedoman. Beberapa diantaranya adalah:

1. Jangan Meninggalkan Riset Sebelum Jauh Melangkah

Pentingnya melakukan riset, Sumber: pexels.com
Pentingnya melakukan riset, Sumber: pexels.com

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan adalah perusahaan hanya fokus dengan produk yang akan diluncurkan. Padahal produk tersebut nantinya yang akan membeli adalah orang lain, bukan karyawan.

Oleh karenanya, jangan terlalu fokus dengan produk baru yang akan diluncurkan. Alihkan sebagian sumberdaya Anda ke bagian yang sebenarnya sangat penting dalam keberhasilan produk terbaru, yakni riset.

Riset pasar yang matang adalah hal yang mutlak dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk meluncurkan produk baru. Karena pasarlah yang akan menentukan apakah produk baru akan laku atau gagal.

Menurut Harvard Business School, sekitar 95% dari produk konsumen baru yang dirilis setiap tahun akan gagal menghasilkan penjualan yang signifikan. Padahal menurut data tersebut, setiap tahun ada sekitar 30.000 produk baru yang dirilis oleh berbagai perusahaan.

Karena itulah riset sebelum mengeluarkan produk baru. Betapapun hebatnya produk tersebut menurut Anda, riset tetap wajib dilakukan.

Pertanyaan ini harus terjawab sebelum Anda merilis produk baru ke pasar:

  • Apa alasan Anda meluncurkan produk baru?
  • Apakah ada pesaing di pasar?
  • Siapa target market produk baru Anda?
  • Apa keunggulan produk, sehingga orang akan membeli?
  • Bagaimana Anda akan membuat orang membeli produk?
  • Target seperti apa yang hendak dicapai?

Hal terburuk ketika terjadi kegagalan dalam peluncuran produk pertama adalah sumberdaya yang terbuang, waktu yang tersita dan juga menumpuknya produk. Seknario terburuk adalah dengan melakukan bating harga, dan itu sangat menyakitkan.

Karena itu, luangkan waktu untuk meneliti detail peta kompetisi, jalur distribusi, audiens, dan faktor lain yang sekiranya mempengaruhi keberhasilan peluncuran produk.

Baca Juga: Riset Pasar, Kenapa Penting Dilakukan?

2. Lakukan Uji Produk

Pengujian pada produk. Sumber: pexels.com
Pengujian pada produk. Sumber: pexels.com

Pastikan produk yang akan di luncurkan nantinya diterima pasar. Hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan dengan produk adalah dengan meminimalisir celah kekurangan produk.

Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan pengujian produk. Jalankan uji coba dengan beberapa pelanggan untuk memastikan perbedaan dalam produk dengan produk lain. Masalah sekecil apa pun bisa jadi akan menjadikan kepercayaannya pelanggan paling loyal pun berkurang.

3. Matangkan Tim

Mematangkan tim, Sumber: pexels.com
Mematangkan tim, Sumber: pexels.com

Pastikan semua tim yang terlibat dalam peluncuran produk baru ini mengetahui produk terbaru Anda dengan detail. Peluncuran produk baru tidak hanya melibatkan tim penjualan dan pakar produk saja.

Umpan balik semua orang, terutama yang di luar pemasaran, penjualan dan produk. Hal ini penting untuk membantu mengarahkan peluncuran tentu sangat dibutuhkan. Saat merencanakan peluncuran produk maka pastikan seluruh perusahaan berada dalam posisi untuk siap dalam mendukung pertumbuhan yang cepat.

Jika belum ada persiapan pada salah satu divisi, maka Anda bisa menunda peluncuran produk. Ketika Anda berencana meluncurkan suatu produk, maka Anda seolah-olah mengatur strategi menyerang, dan menginginkan penguasaan sesuatu.

Karena itu pastikan pasukan siap, mengetahui senjata yang digunakan, mengetahui medan pertempuran dan juga musuh yang akan dikalahkan. Di sisi lain, melihat beberapa peluang atau kejadian tak teruda yang mungkin bisa mengubah alur pertempuran. Namun hal ini seharusnya tidak terjadi dan proses sesuai dengan rencana.

Anda bisa memberikan informasi produk terbaru dalam berbagai format. Kirim buletin email, lakukan rapat pembaruan produk secara rutin dan buat video yang dapat ditonton karyawan sesuai waktu mereka sendiri.

Meningkatkan pengetahuan produk kepada tim sama halnya dengan memprospek pembeli agar yakin dengan produk Anda. Semakin matang tim Anda maka akan semakin bagus pada beberapa hal terkait, seperti:

  • Tingkat penjualan
  • Komunikasi dengan pelanggan
  • Tingkat kesiapan karyawan

5. Website Adalah Senjata

Website adalah senjata, Sumber: pexels.com
Website adalah senjata, Sumber: pexels.com

Pastikan Anda berinvestasi dalam teknologi terbaru dan terhebat, salah satunya adalah website. Website selain berfungsi sebagai kantor online perusahaan atau gerai produk, website bisa juga dijadikan sebagai marketer digital. Perusahaan yang inovatif tahu bahwa website bisa dioptimalkan dan memastikan bisa berjalan maksimal.

Sebelum Anda meluncurkan produk terbaru, pastikan semua informasi produk ada di website dengan detail dan konten yang Anda gunakan adalah konten terbaik. Konten yang relevan menjadikan website anda terindeks di mesin pencari.

Anda bisa memaksimalkan konten tersebut dengan SEO atau PPC. Artinya ada opsi apakah Anda akan menyewa jasa SEO atau menggunakan layanan iklan di mesin pencari.

Baca Juga: Biaya Bikin Website untuk Bisnis, Apakah Mahal?

Optimalkan UI dan UX

Mengoptimalkan UI dan UX, Sumber: binus.ac.id
Mengoptimalkan UI dan UX, Sumber: binus.ac.id

Jika website sudah menempati urutan atas dalam mesin pencarian, maka hal yang tidak boleh di lupakan adalah bagaimana caranya supaya visitor website tidak merasa bosan dengan tampilan website . Tampilan ini tentu berkaitan dengan target market yang akan disasar.

Tentu anda bisa membedakan antara aplikasi marketplace Shopee dan Tokopedia. Aplikasi Shopee cenderung berwarna menarik, penuh dengan tawaran diskon, banyak permainan dan lain sebagainya.

Hal ini tentu akan mengganggu kaum pria yang mengakses aplikasi Shopee. Terlihat ribet. Ya, benar. Memang Shopee dikemas untuk target market wanita dan hal itu akan menarik minat kaum hawa untuk mengakses Shopee kembali.

Berbeda dengan Tokopedia yang ringan, sederhana dan tidak banyak widget yang mengganggu. Inilah yang disukai para pria. Apa adanya, tidak ribet, fokus pada apa yang dicari.

Hal ini bisa diaplikasikan pada website Anda. Siapa saja yang menjadi target market Anda, di kalangan mana pasar Anda, dan Anda bisa mengemas website menyesuaikan dengan hal tersebut.

Call to Action

Call to action, Sumber: zekadigital.com
Call to action, Sumber: zekadigital.com

Hal penting lainnya adalah mengubah website sebagai seorang marketer online yang ‘mempengaruhi’ visitor website Anda agar segera melakukan tindakan. Tentu saja tindakan yang diinginkan adalah tindakan lebih lanjut dengan melakukan komunikasi berkelanjutan. Anda bisa memasang widget chat online yang memudahkan berinteraksi kepada pelanggan kapan saja.

Bisa juga dengan meletakkan tawaran diskon atau bonus terbatas pada halaman setelah menekan tombol CTA. Penyetelan ini bisa disesuaikan dengan produk yang Anda luncurkan. Anda bisa menerapkan soft selling atau hard selling sesuai dengan kebutuhan.

Jasa admin instagram

6. Tetapkan Rencana Promosi Produk Anda

Menetapkan rencana promosi produk, Sumber: berita.99.co
Menetapkan rencana promosi produk, Sumber: berita.99.co

Berbagai produk terbaru dengan kualitas bagus terkadang memiliki penjualan yang tidak sesuai harapan. Bahkan sebagian besar pelanggan produk tersebut puas ketika sudah memilikinya. Apa sebabnya?

Kemungkinan terbesar masalah tersebut ada pada promosi. Jangan sampai informasi mengenai produk hanya menular dari mulut ke mulut. Pastikan khalayak umum, terutama target market mengetahui informasi tentang produk Anda.

Pada masa peluncuran produk pertama kali, promosi besar-besaran harusnya dilakukan. Matangkan strategi pemasaran!

Dalam penyampaian promosi gunakan tips berikut ini:

  • Pelanggan menginginkan solusi untuk masalah mereka. Batasi konten Anda yang berbicara secara spesifik tentang perusahaan. Fokus pada informasi produk yang memberikan solusi permasalahan.
  • Jangan gunakan kata-kata yang muluk dan memberikan persepsi yang salah tentang realitas produk kepada konsumen.
  • Arahkan konten Anda kembali untuk meningkatkan testimoni pelanggan. Orang-orang akan percaya apa yang dikatakan pelanggan daripada yang penjual katakan.
  • Jual pengalaman, bukan produk. Orang cenderung lebih banyak mendengarkan karena emosi mereka sedang bermain.

Strategi Digital Mendorong Pertumbuhan

Pentingnya strategi digital, Sumber: pexels.com
Pentingnya strategi digital, Sumber: pexels.com

Perencanaan adalah hal yang penting, bisa dikatakan perencanaan adalah bagaimana anda menggambar konsep masa depan. Ketika membuat produk baru kemudian meluncurkan dan membawa produk ke tanggal peluncuran resminya hanya setengah dari perjalanan.

Masih panjang jalan yang harus Anda lewati. Dan itu tidak berhenti pada kesuksesan penjualan satu edisi. Setelah perencanaan digital marketing maka pikirkan tujuan strategis jangka panjang.

Serta, tentukan bagaimana mengemas dan membangun produk yang mampu beradaptasi dari waktu ke waktu untuk terus memenuhi kebutuhan pelanggan. Jika perusahaan Anda tidak dalam posisi terbaik untuk meluncurkan produk sesuai kebutuhan, perusahaan Anda akan ketinggalan.

Nah, Zeka Digital memiliki layanan optimasi SEO untuk membantu Anda memasarkan produk baru menggunakan platform website. Dengan layanan ini, website Anda akan diupayakan untuk tampil di halaman awal mesin pencari.

Tentu, berada di halaman awal mesin pencari akan meningkatkan visibilitas dan traffic website secara signifikan. Nantinya, peluang untuk mendapatkan lead pun akan semakin terbuka dan produk baru Anda akan diburu oleh target market.

Tertarik dengan layanan kami?

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi