Meraup Rupiah Melalui Website Penghasil Uang

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Website menjadi sumber pendapatan bagi sebagian orang dan bahkan perusahaan. Dengan website, apa yang orang tawarkan, baik produk atau jasa bisa diketahui oleh khalayak ramai. Dengan demikian website tersebut bisa dijadikan ‘senjata’ untuk melakukan penjualan.

Memang seperti itulah cara kerja website penghasil uang bagi pebisnis yang memiliki produk dan jasa yang bisa dijual. Cara tersebut bisa dilakukan jika pemilik website memiliki sesuatu yang bisa di pasarkan melalui website, baik itu produk fisik seperti barang maupun produk berupa jasa.

Lalu bisakah website dijadikan ‘mesin uang’ tanpa Anda harus bersusah payah menyediakan barang atau sklill untuk di tawarkan? Jawabannya adalah bisa!

Ceruk Pendapatan di Dunia Digital

Ceruk pendapatan di dunia digital, Sumber: pexels.com
Ceruk pendapatan di dunia digital, Sumber: pexels.com

Dunia digital rupanya mengubah kehidupan masyarakat dunia. Perubahan tersebut bahkan melampaui apa yang menjadi perkiraan sebelumnya. Bermain game sepanjang hari di masa lalu merupakan tanda bahwa orang tersebut adalah seorang gamers dan malas melakukan pekerjaan.

Namun di masa sekarang, banyak kalangan muda justru bisa mendapatkan uang dari aktifitas tersebut. Semakin banyak orang yang menonton game, maka semakin banyak peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Bisa jadi hal ini akan dirasa aneh jika diperbincangkan di masa lalu.

Demikian pula para pembuat konten yang mengunggah konten mereka di dunia maya. Seperti yang banyak di lakukan oleh para YouTuber yang membuat video di YouTube untuk mendapatkan pendapatan dari iklan.

Tidak terkecuali adalah orang yang mendapatkan uang dari otak-atik website pribadi. Tanpa menjual sesuatu dan malah mendapatkan uang!

Baca Juga: Mendapatkan Uang di YouTube seperti YouTuber, Bagaimana Caranya?

Website Penghasil Uang Tanpa Jualan

Mengotak-atik website malah mendatangkan penghasilan? Seperti apa website penghasil uang tersebut? Inilah beberapa website penghasil uang yang bisa menjadi sumber pendapatan di dunia maya.

1. Website yang Memuat Iklan

Website yang memuat iklan, Sumber: zekadigital.com
Website yang memuat iklan, Sumber: zekadigital.com

Iklan adalah hal yang pentiing di dunia bisnis. Karena itu iklan menjadi bisnis yang menguntungkan. Terutama di jaman yang serba digital, iklan digital menjadi salah satu media untuk mengiklankan beragam produk.

Tingginya peluang iklan digital ternyata membuka peluang bagi pemilik website pribadi yang memiliki tingkat lalu lintas pengunjung website yang tinggi. Website yang memiliki traffic tinggi bisa dijadikan website yang memuat iklan, sehingga biaya sewa space untuk iklan tersebut bisa menjadikan website Anda sebagai website penghasil uang.

Ada beragam cara untuk menjadikan website Anda bisa dimanfaatkan untuk periklanan. Anda bisa mandiri menawarkan space kosong yang ada pada website untuk digunakan oleh pihak yang ingin iklannya di tampilkan di website Anda. Dengan cara ini Anda bisa menentukan harga sendiri.

Berbeda dengan iklan yang Anda tawarkan sendiri, untuk iklan yang menggunaan perantara Google, atau biasa disebut Google AdSense, untuk penerimaan penghasilannya tergantung dari pihak Google dan juga banyaknya klik.

Google sebagai pihak ketiga menentukan harga penggunaan space untuk iklan. Iklan yang populer adalah iklan model pay per click.

2. Website Affiliate

Ilustrasi bisnis afiliasi, Sumber: suitmedia.id
Ilustrasi bisnis afiliasi, Sumber: suitmedia.id

Website yang memiliki traffik tinggi dan dibangun dengan niche blog populer dengan pembahasan tertentu berpeluang untuk dipasangi link affiliate. Link ini merupakan link penjualan.

Namun, Anda sebagai pemilik website tidak terlibat langsung dengan aktifitas jual belinya. Transaksi tetap dilakukan oleh penjual dan pembeli.

Seperti halnya website yang memuat iklan, pada website yang bekerjasama dengan pihak lain dengan sistem affiliate marketing akan dimuat iklan affiliate. Iklan tersebut biasanya menyesuaikan dengan niche blog. Artinya jika niche blog tersebut bertema otomotif, maka iklan yang akan di tampilkan adalah iklan otomotif.

Cara kerjanya adalah pemilik website atau blog akan menampilkan iklan yang nantinya jika di klik akan mengarah ke halaman penawaran dari perusahaan yang menawarkan produk atau jasa.

Untuk pengaturannya, maka pemilik website tersebut mendapatkan link atau kode khusus sehingga pihak yang membuka sistem affiliate tersebut mengetahui, transaksi tersebut bermula dari klik di website mana.

Jika produk tersebut terjual dan pembeli mendapatkan informasi produ tersebut dari website Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan. Konsep ini menjadi populer di seluruh dunia karena di lakukan secara masif oleh Amazon dan ditiru oleh pebisnis lainnya.

Baca Juga: Mengenal Affiliate Marketing, Seperti Apa Cara Pemasaran Ini?

3. Website yang Membuka Donasi

Ilustrasi website donasi, Sumber: zekadigital.com
Ilustrasi website donasi, Sumber: zekadigital.com

Saat ini seorang yang beraktifitas sebagai konten kreator bisa mendapatkan uang dari fans mereka. Tidak jarang seseorang yang aktifitasnya hanya bermain game, malah mendapatkan banyak donasi.

Donasi itulah yang menjadi salah satu oenghasilan dari pemain game pro player. Namun metode mencari uang seperti itu tidak terbatas hanya pada gaming saja.

Konten berupa podcast juga terkadang membuka donasi. Biasanya platform yang digunkana untuk menghimpun donasi tersebut melalui trakteer.id atau saweria.co, yang merupakan platform buatan anak negeri.

Bagaimana dengan pemilik website? Ada beberapa pemilik website melakukan hal yang sama. Meskipun cara menghimpun donasinya agak berbeda, namun pada intinya mereka memiliki tujuan sama, yakni menghimpun dana dari orang-orang yang menikmati konten mereka.

Salah satu website yang membuka donasi seperti itu biasanya website yang menyediakan aplikasi crack (aplikasi yang sudah dibajak).

4. Website Konten Bersponsor

Ilustrasi website dengan sponsor, Sumber: zekadigital.com
Ilustrasi website dengan sponsor, Sumber: zekadigital.com

Cara lain untuk meraup rupiah dari website tanpa menjual produk adalah dengan memuat konten bersponsor. Konten yang dimuat membahas hal tertentu yang dibuat berdasarkan orang yang telah membayarnya.

Biasanya website yang digunakan untuk memuat konten bersponsor adalah website yang memiliki trafik tinggi. Konten yang di muat bisa berupa konten penjualan secara tidak langsung atau konten soft selling.

Atau bisa juga konten yang berupa rekomendasi suatu produk dan layanan. Namun tidak tertutup kemungkinan konten yang dibuat adalah konten yang memuat tautan balik untuk menguatkan suatu website.

5. Website Keanggotaan

Website membership, Sumber: joinit.com
Website membership, Sumber: joinit.com

Cara ini hampir mirip dengan model donasi. Pemilik website akan menyediakan konten premium dengan hanya bisa diakses sebagian saja, sehingga orang akan penasaran atau bahkan membutuhkan informasi dari konten tersebut.

Untuk mendapatkan akses sepenuhnya, pengguna harus melakukan pendaftaran keanggotaan. Dari pendaftaran keanggotaan inilah pemilik website akan mendapatkan pemasukan.

Terkadang pemilik website tidak hanya mengutip pembayaran sekali saja. Mereka akan mengutip pembayaran dari setiap anggota selama periode waktu sekali. Biasanya dalam jangka waktu satu tahun.

Kunci Keberhasilan Website Penghasil Uang

Mengelola website penghasil uang, Sumber: business2community.com
Mengelola website penghasil uang, Sumber: business2community.com

Website penghasil uang bisa Anda miliki jika website Anda memiliki pengunjung yang banyak setiap harinya. Semakin tinggi kunjungan website Anda maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Karena itu banyak orang yang menggunakan cara-cara yang tidak benar, seperti menggunakan teknik click-bait untuk memancing pengunjung.

Sebenarnya ada cara-cara yang lebih elegan untuk mendapatkan banyak kunjungan website, yakni konten yang menarik. Namun untuk mendapatkan kunjungan website yang tinggi, Anda tidak hanya mengandalkan konten yang menarik saja. Banyak aspek lain dari website yang harus diperhatikan.

Banyaknya pengunjung berkaitan dengan aktifitas SEO, yakni aktifitas pengoptimalan website sehingga mampu menempati posisi atas di SERP pada queri pencarian tertentu. Anda bisa mengupayakannya secara mandiri atau bisa mempercayakannya kepada penyedia jasa SEO.

Dengan demikian website yang menempati SERP atas untuk banyak kata kunci pencarian, akan memiliki banyak peluang untuk di kunjungi.

Kesimpulan

Memaksimalkan website dengan upaya SEO untuk mendapatkan banyak kunjungan akan memberikan Anda peluang untuk menjadikan website penghasil uang. Penghasilan pasif income in tentu tidak bisa diusahakan dengan cepat. Perlu belajar dan mengupayakan untuk mengarah ke arah tersebut.

Jika Anda akan menjadikan website Anda sebagai website bisnis dan bertujuan untuk penjualan, Anda juga perlu untuk mengoptimalkan menggunakan SEO. Kami dari Zeka Digital memiliki komitmen untuk membantu unit usaha UMKM seluruh Indonesia untuk terjun ke kancah marketing digital. Segera hubungi kami!

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

WhatsApp Chat Konsultasi