Modal Kecil, Peluang Besar: 7 Rekomendasi Bisnis Anak Muda yang Cocok untuk Dicoba!

Photo of author

Ditulis oleh Rohadi Apri

A coffee addict. Currently working as Content Manager at Zeka Digital. Everything has been figured out, except how to live - Sartre

Ingvar Kamprad, seorang kreator IKEA berkebangsaan Swedia membangun tokonya yang terkenal ketika berusia 17 tahun. Seorang billionaire bernama Mark Cuban, memulai bisnis pertama di usia 12 tahun dengan menjual plastik sampah. Itu adalah sekelumit bisnis anak muda yang akhirnya sukses.

Perlu dipahami bahwa semangat untuk berbisnis tidak didiskriminasi oleh usia. Siapa saja termasuk anak muda pun bisa meraih kesuksesan, bahkan kebebasan finansial dari bisnis yang mereka jalankan. Terlebih saat ini, banyak faktor penunjang yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana.

Jika Anda ingin menikmati masa muda bukan hanya dengan bersenang-senang, tetapi juga memulai perjalanan bisnis demi kesuksesan masa depan, ada cukup banyak rekomendasi bisnis yang bisa Anda jalankan. Tidak perlu takut, Anda tak perlu mengkhawatirkan masalah modal!

Modal Bukan Halangan untuk Bisnis Anak Muda

modal sebenanrnya bukan halangan bisnis, Sumber: pexels.com
Modal sebenanrnya bukan halangan bisnis, Sumber: pexels.com

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh SBM ITB pada tahun 2019 yang lalu, sekitar 57% anak muda di Indonesia menganggap modal sebagai hambatan untuk memulai bisnis. Ini adalah masalah umum yang kerap dialami anak muda, meskipun mereka sebenarnya memiliki semangat bisnis yang tinggi.

Namun sebenarnya, modal bukanlah sebuah halangan bagi anak muda untuk memulai sebuah bisnis. Pasalnya, ada beberapa solusi yang bisa diambil untuk mengatasi masalah modal bisnis ini.

Survei yang dilakukan oleh JAKPAT pada tahun 2021 menunjukkan bahwa untuk memulai bisnis mereka, sekitar 54,5% anak muda di Indonesia menggunakan uang tabungan pribadi. Selain itu, sebanyak 22,6% memilih meminjam uang dari keluarga atau teman dan 12,6% yang lainnya mencari investor.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya ada cukup banyak peluang untuk mendapatkan modal awal. Selain itu, Anda yang ingin memulai bisnis di usia muda pun juga bisa join modal dengan teman, menjual kreativitas yang dimiliki atau mengikuti perlombaan.

Rekomendasi Bisnis Anak Muda, Minim Modal dengan Peluang Besar

rekomendasi bisnis anak muda modal minim, Sumber: zekadigital.com
Rekomendasi bisnis modal minim, Sumber: zekadigital.com

Seperti yang diketahui, anak muda memang tidak memiliki bekal cukup banyak uang untuk memulai sebuah bisnis. Tidak hanya itu, mereka pun kerap kali masih memiliki tanggung jawab yang lain, seperti kewajiban bersekolah dan lainnya.

Kondisi tersebut sebenarnya bukan merupakan sebuah halangan. Jika Anda bisa memanfaatkan waktu dengan baik, Anda bisa memulai bisnis yang nantinya membawa kesuksesan di masa yang akan datang.

Ada beberapa inspirasi bisnis anak muda yang bisa dijalankan dengan modal yang minim dan peluang sukses yang cukup besar. Apa saja?

1. Les Privat

Les privat, Sumber: pexels.com
Les privat, Sumber: pexels.com

Apabila Anda memiliki pengetahuan khusus, terutama untuk pelajaran tertentu di sekolah, memulai bisnis les privat bisa dijadikan opsi yang tepat. Memang, ini adalah salah satu bisnis yang terkesan mainstream, namun memiliki peminat yang besar dan tak lekang oleh waktu.

Dengan peluang yang besar, tentu ide bisnis yang satu ini bisa dikatakan cukup menjanjikan. Terlebih saat ini, perkembangan teknologi menyediakan cukup banyak sarana penunjang yang bisa digunakan.

Jika dulu seorang pengajar les privat harus datang ke rumah murid, saat ini Anda bisa memanfaatkan berbagai media seperti Google Meet, Zoom, atau lainnya untuk mengajar secara daring.

2. Desain Grafis

Desain grafis, Sumber: pexels.com
Desain grafis, Sumber: pexels.com

Menjadi seorang desainer grafis juga termasuk ide bisnis anak muda yang cukup menjanjikan. Jika disimak, banyak anak muda yang menggeluti bidang ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa ide bisnis jasa ini memang cukup populer.

Tidak hanya populer, peluang bisnis ini pun cukup besar. Desain grafis memiliki scope yang sangat luas, mulai dari desain sebuah majalah, desain untuk website, desain ilustrasi produk dan lainnya. Bahkan, Anda juga bisa membuat logo yang banyak diperlukan perusahaan baru.

Apabila Anda masih disibukkan dengan aktivitas studi yang dilakukan, Anda bisa menjadi seorang desainer grafis freelance. Ada banyak situs website yang menyediakan beragam proyek. Tidak perlu khawatir, bayaran yang diterima pun cukup menjanjikan!

3. Fotografer Freelance

Fotografer freelance, Sumber: pexels.com
Fotografer freelance, Sumber: pexels.com

Punya kamera yang memadai dan suka dengan dunia fotografi? Nah, Anda bisa menjadi seorang fotografer freelance untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Ini adalah salah satu ide bisnis anak muda di desa yang cukup populer.

Bisa dikatakan bahwa peluang bisnis ini sangat terbuka. Anda bisa menjadi seorang fotografer untuk berbagai acara seperti pernikahan, seminar, atau lainnya. Juga, Anda bisa saja menjadi fotografer untuk foto produk terkait promosi.

Jika Anda merasa belum memiliki kemampuan promosi yang baik atau relasi bisnis yang masih terbatas, Anda bisa bergabung dengan bisnis lainnya. Misalnya saja, Anda menjadi bagian dari sebuah event organizer tertentu.

Baca Juga: Tips Membangun Relasi Untuk Menunjang Bisnis Anda!

4. Bisnis Ilustrasi

Bisnis ilustrasi, Sumber: pexels.com
Bisnis ilustrasi, Sumber: pexels.com

Ide bisnis anak muda milenial lain yang bisa dijadikan opsi adalah bisnis ilustrasi. Pernah mendengar tentang bisnis ini sebelumnya?

Bisa dikatakan bahwa bisnis ilustrasi termasuk salah satu ide bisnis anak muda yang sangat potensial, terutama untuk Anda yang memiliki kemampuan membuat berbagai ilustrasi. Tidak hanya membuat ilustrasi buku, tetapi juga karakter kartun, story board dan lainnya.

Untuk membuat ilustrasi, saat ini ada cukup banyak software yang tersedia. Dengan perangkat yang memadai, bukan tidak mungkin Anda bisa membuat aneka ilustrasi terbaik dan dibayar dengan harga yang mahal.

5. Bisnis Hampers

Bisnis hampers, Sumber: bakersbell.com
Bisnis hampers, Sumber: bakersbell.com

Bisnis hampers juga masuk dalam pilihan bisnis anak muda modal kecil yang bisa dijadikan pertimbangan. Meskipun ide bisnis ini cenderung musiman, namun peluang untuk mendapatkan keuntungan bisa dikatakan cukup besar.

Pasalnya, target market dari bisnis ini bisa dikatakan sangat luas. Tidak hanya dicari pada momen lebaran saja, saat ini banyak orang memesan hampers untuk acara lainnya seperti seserahan, kado kelahiran, dan lainnya.

Tidak hanya itu, ide bisnis hampers pun sangat luas dan bisa disesuaikan dengan kreativitas Anda. Misalnya saja Anda bisa membuat hampers makanan dan minuman, hampers alat makan dari kayu, hampers pakaian, dan lain sebagainya.

Untuk pemasaran, tentu Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial dan marketplace guna menjaring konsumen. Tidak perlu membuka toko, Anda bisa memulai bisnis dari rumah!

6. Jasa Penulisan Artikel

Jasa penulisan artikel, Sumber: pexels.com
Jasa penulisan artikel, Sumber: pexels.com

Untuk Anda yang suka menulis dan belajar berbagai hal baru, membuka bisnis jasa penulisan artikel adalah ide bisnis yang cukup menarik. Bukan hanya sekedar menuruti hobi saja, namun ide bisnis ini cocok untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan.

Selain itu, peluang bisnis ini pun sebenarnya cukup terbuka. Pasalnya, saat ini banyak perusahaan yang memerlukan berbagai artikel untuk menunjang operasional website yang digunakan sebagai platform promosi.

Untuk menemukan klien, Anda bisa saja bergabung dengan platform yang banyak menyediakan penawaran penulisan artikel secara freelance. Atau, Anda membuat semacam agency untuk menjaring lebih banyak klien dengan potensi keuntungan yang lebih besar.

7. Jasa Penerjemah

Jasa penerjemah, Sumber: blog.jobs.id
Jasa penerjemah, Sumber: blog.jobs.id

Bagi Anda yang menguasai beberapa bahasa, membuka bisnis jasa penerjemah juga bisa dijadikan ide yang tepat. Ya, ide bisnis yang cenderung bermodal kecil ini bisa menjadi batu loncatan untuk memulai bisnis di usia muda.

Terkait jasa ini, ada cukup banyak perusahaan yang memerlukan penerjemah profesional untuk menerjemahkan dokumen, kontrak kerja, atau bahkan menjadi asisten direktur. Tentu saja, peluang untuk mendapatkan penghasilan cukup besar dari bisnis ini pun cukup terbuka.

Sebenarnya, bisnis ini pun juga bisa digabung dengan bisnis jasa penulisan artikel. Jika Anda memiliki kemampuan keduanya, kombinasi ini akan memberikan ide bisnis yang menjanjikan.

Nah, selain ketujuh ide bisnis anak muda di atas, sebenarnya masih ada banyak rekomendasi bisnis lainnya yang bisa menjadi opsi. Misalnya saja bisnis makanan ringan, bisnis event organizer, bisnis PPOB, dan lainnya.

Hanya saja, ada baiknya jika Anda memilih ide bisnis berdasarkan skill yang dimiliki. Pasalnya, selain membantu menghemat modal yang diperlukan untuk memulai bisnis, Anda pun nantinya bisa terus mengasah skill. Namun, Anda tetap harus belajar manajemen bisnis untuk mengembangkannya.

Memulai Bisnis Anak Muda, Bagaimana Tipsnya?

tips memulai bisnis anak muda, Sumber: zekadigital.com
tips memulai bisnis anak muda, Sumber: zekadigital.com

Seperti dibahas di awal, ada cukup banyak ide kreatif bisnis anak muda yang bisa dijadikan batu loncatan untuk menjadi seorang entrepreneur dan mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan. Nah pertanyaannya, bagaimana tips untuk memulai dan belajar bisnis bagi anak muda?

Ada beberapa tips mendasar yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak memulai sebuah bisnis, agar nantinya bisnis tersebut bisa diatur dengan baik. Adapun beberapa tips tersebut diantaranya adalah:

1. Kenali Passion

Kenali passion, Sumber: lifestyle.kompas.com
Kenali passion, Sumber: lifestyle.kompas.com

Banyak anak muda yang memulai bisnis dari sesuatu yang mereka sukai. Tidak dipungkiri memang, bahwa bisnis yang berawal dari kegemaran akan cenderung lebih menyenangkan untuk dijalankan dan tidak ada kesan terpaksa saat menjalankannya.

Oleh karenanya, berusahalah untuk mengenali passion Anda. Coba amati kegemaran yang Anda lakukan dan pertimbangkan ide bisnis yang berkaitan dengannya.

2. Buat Rencana yang Matang

Buat rencana yang matang, Sumber pexels.com
Buat rencana yang matang, Sumber pexels.com

Agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan lancar, maka bisnis harus direncanakan dengan matang. Inilah alasan kenapa Anda harus membuat rencana bisnis dengan detail hingga ke langkah terkecil.

Tidak hanya membuat rincian kebutuhan atau modal awal saja, Anda harus membuat rencana tentang pemasaran, target market yang dituju, serta solusi dari risiko yang mungkin muncul. Semakin matang rencana yang Anda buat, maka nantinya Anda akan semakin siap untuk menghadapi risiko.

Baca Juga: Ini Pentingnya Belajar Manajemen Bisnis yang Harus Diketahui Pebisnis!

3. Mengikuti Komunitas

Mengikuti komunitas, Sumber: pexels.com
Mengikuti komunitas, Sumber: pexels.com

Tips lain yang tidak kalah penting ketika Anda hendak memulai bisnis anak muda adalah mengikuti komunitas. Ini adalah tips penting karena dari komunitas tersebut, Anda akan mendapatkan banyak peluang bisnis anak muda yang sekiranya cocok.

Bahkan, Anda pun juga bisa mempelajari manajemen bisnis yang baik. Nantinya, bisnis yang Anda jalankan bukan hanya menjadi bisnis yang menguntungkan saja, melainkan juga bisnis yang berkah.

Beberapa poin di atas adalah tips mendasar yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memulai bisnis baru saat masih muda. Sebagai tambahan, jangan ragu untuk memanfaatkan teknologi yang ada sebagai penunjang bisnis.

Terkait penggunaan teknologi, Anda bisa saja menggunakan layanan Google Bisnis, membuat website atau lainnya. Ditunjang dengan berbagai teknologi yang ada, selain bisa mengatur bisnis dengan lebih baik, Anda pun akan lebih mudah melakukan berbagai inovasi!

Referensi:

  • howtostartanllc.com
  • squareup.com
  • sbm-itb.ac.id
  • blog.jakpat.net
  • idntrepreneur.com

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

WhatsApp Chat Konsultasi