Jenis Bisnis yang Memerlukan Website, Anda Harus Tahu!

Photo of author

Ditulis oleh Rohadi Apri

A coffee addict. Currently working as Content Manager at Zeka Digital. When not staring at the screen, I'm savoring specialty coffee and exploring new ways to express creativity.

Berbincang tentang manajemen bisnis saat ini, website menjadi salah satu hal yang sangat penting dan cukup menentukan. Bukan hanya untuk meningkatkan jangkauan target market saja, website juga menjadi sarana untuk meningkatkan branding dari berbagai jenis bisnis yang dikelola.

Dilansir dari laman Verisign, sebanyak 84% konsumen di Amerika Serikat percaya bahwa sebuah bisnis yang memiliki website cenderung lebih dipercaya dibandingkan dengan bisnis yang hanya memiliki media sosial. Tentu, dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, mendapatkan konsumen baru akan lebih mudah.

Tidak hanya itu, masih dalam sumber yang sama, disebutkan bahwa sekitar 77% pelaku bisnis di Amerika Serikat percaya bahwa website adalah jalan terbaik untuk mendapatkan konsumen baru.

Pendapat tersebut bukan tanpa alasan. Jika disimak, saat ini konsumen senantiasa menggunakan teknologi internet sebagai alat untuk mencari produk yang mereka inginkan. Perilaku inilah yang juga turut menunjukkan betapa besar pengaruh website dalam manajemen bisnis saat ini.

Kenapa Bisnis saat Ini Memerlukan Website?

website, penunjang bisnis masa kini, Sumber: pexels.com
Website, penunjang bisnis masa kini, Sumber: pexels.com

Sebagaimana disinggung sebelumnya, website memiliki peran yang cukup krusial dalam manajemen bisnis yang dijalankan hari ini. Selain melebarkan jangkauan untuk menjaring konsumen baru, website juga berperan penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis yang Anda kelola.

Tentu saja, alasan kenapa bisnis yang Anda kelola saat ini memerlukan website bukan hanya dua hal di atas. Ada beberapa alasan lain yang menunjukkan bahwa website memang menjadi bagian manajemen bisnis yang harus ada.

Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah:

1. Merepresentasikan Seperti Apa Bisnis Anda

Website merepresentasikan seperti apa bisnis Anda, Sumber: zekadigital.com
Website merepresentasikan seperti apa bisnis Anda, Sumber: zekadigital.com

Dengan tampilan yang bisa diubah sesuai keinginan, website adalah platform yang bisa merepresentasikan seperti apa bisnis yang Anda kelola. Tidak hanya itu, Anda pun juga bisa menampilkan nilai-nilai unik perusahaan yang berguna sebagai strategi membangun branding.

Richard Branson, seorang pendiri Virgin Group, mengatakan bahwa representasi bisnis merupakan kunci sukses untuk membangun brand yang kuat. Pasalnya, representasi bisnis menjadi gambaran bagaimana konsumen akan mendapatkan pelayanan.

Bisa dikatakan, manfaat website bagi perusahaan ini sangat krusial. Dengan representasi bisnis yang baik, mendapatkan konsumen loyal pun nantinya akan semakin mudah.

2. Memudahkan Upaya Menampilkan Produk dan Layanan

Website memudahkan upaya menampilkan produk dan layanan, Sumber: zekadigital.com
Website memudahkan upaya menampilkan produk dan layanan, Sumber: zekadigital.com

Agar memudahkan konsumen untuk mengetahui aneka produk dan layanan yang disediakan, maka Anda perlu menampilkannya. Nah, website akan menjadi sebuah etalase digital yang sangat efektif untuk menampilkan produk dan layanan Anda.

Memang, Anda bisa saja menampilkan produk dan layanan yang ditawarkan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, atau lainnya. Namun, detail yang ditampilkan cenderung sangat biasa.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan website. Dengan desain yang unik, Anda nantinya bisa memiliki showcase produk dan layanan yang jauh lebih menarik dan juga informatif bagi target konsumen.

3. Website Membuat Anda Mampu Bersaing dengan Brand yang Lebih Besar

Website membuat Anda mampu bersaing dengan brand yang lebih besar, Sumber: blog.jejualan.com
Website membuat mampu bersaing dengan brand besar, Sumber: blog.jejualan.com

Persaingan dalam bisnis sebenarnya merupakan hal yang biasa saja. Namun dalam persaingan tersebut, bisnis dengan skala kecil cenderung kalah saing dengan bisnis berskala besar. Hal inilah yang terkadang menjadi alasan kenapa bisnis cenderung stuck dan susah berkembang.

Terkait hal ini, website bisa menjadi senjata tambahan. Dikutip dari laman zyro.com, para pakar bisnis mengatakan bahwa website yang digunakan sebagai bagian strategi marketing akan meningkatkan eksistensi bisnis sehingga bisa bersaing dengan brand yang lebih besar.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Pasalnya website akan membuat sebuah bisnis memiliki kesan yang lebih profesional, di samping juga memiliki kredibilitas yang lebih baik. Hal inilah yang nantinya akan meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen, sehingga kepuasan konsumen pun juga akan meningkat.

Hanya saja, Anda perlu memikirkan perihal traffic pada website yang dikelola. Pasalnya agar bisa bersaing dengan brand yang lebih besar, Anda harus memiliki website dengan traffic yang tinggi.

Beberapa hal di atas adalah sebagian kecil dari alasan kenapa website untuk jenis bisnis cenderung sangat krusial. Sebagai tambahan, website akan membuat bisnis Anda selalu tersedia bagi konsumen. Oleh karenanya, transaksi bisa terjadi kapan saja tanpa batasan ruang dan waktu.

Baca Juga: Jangkau Lebih Banyak Konsumen Dengan Digital Marketing!

Jenis Website yang Cocok untuk Bisnis Anda

Tidak dipungkiri bahwa website saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam manajemen bisnis, terutama berkaitan dengan marketing untuk menggaet lebih banyak target konsumen. Hanya saja, untuk memaksimalkan manfaat yang didapatkan, Anda perlu memilih jenis website yang tepat.

Ada beberapa jenis website yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang bisnis yang Anda kelola. Beberapa diantaranya adalah:

1. Website Perusahaan

Website perusahaan, Sumber: zekadigital.com
Website perusahaan, Sumber: zekadigital.com

Website perusahaan merupakan jenis website yang digunakan pada jenis bisnis tingkat menengah dan besar. Fungsi utama website ini adalah untuk memperkenalkan perusahaan secara online, sehingga brand awareness target konsumen akan meningkat.

Agar target tersebut tercapai, website perusahaan akan dilengkapi dengan berbagai informasi mendasar dan penting. Beberapa informasi tersebut diantaranya adalah sejarah dari perusahaan tersebut, produk dan layanan yang ditawarkan, kontak, serta informasi penting lainnya.

2. Website e-Commerce

Website e-commerce, Sumber:  bukandroid.com
Website e-commerce, Sumber: bukandroid.com

Anda tentu sudah familiar dengan website e-commerce, bukan? Memang, bisa dikatakan bahwa saat ini e-commerce berkembang sangat pesat dan menjadi pilihan utama konsumen yang ingin berbelanja dengan lebih mudah.

Seperti namanya, website e-commerce merupakan jenis website yang digunakan untuk menjual produk atau layanan secara online. Dengan menggunakan platform ini, konsumen nantinya bukan hanya mendapatkan kemudahan dalam berbelanja, tetapi juga keamanan transaksi yang terjamin.

3. Website Portfolio

Website portfolio, Sumber: ids.ac.id
Website portfolio, Sumber: ids.ac.id

Dalam dunia bisnis, terutama yang bergerak di bidang desain, jasa kontraktor atau sejenisnya, portfolio menjadi hal yang sangat penting. Sangat beralasan memang karena portfolio menjadi pertimbangan konsumen sebelum menentukan penyedia layanan yang mereka perlukan.

Dibandingkan dengan memberikan paparan yang panjang lebar, portfolio cenderung lebih efektif dan juga efisien. Tentu saja untuk menarik konsumen, Anda perlu menyematkan detail kontak pada website ini.

Selain ketiga website di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis website marketing lain yang bisa digunakan untuk menunjang jenis bisnis yang Anda kelola. Hanya saja, Anda perlu selektif dalam memilih website cocok untuk jenis bisnis agar strategi marketing bisa dijalankan dengan maksimal.

Baca Juga: Mengenal Traffic Website dan Cara Kerjanya!

Ragam Jenis Bisnis yang Memerlukan Website

Memang, seiring dengan perkembangan teknologi digital saat ini, bisa dikatakan bahwa pada dasarnya semua jenis bisnis memerlukan website sebagai penunjang operasional. Namun, ada beberapa jenis bisnis yang harus memilikinya demi kelancaran usaha.

Beberapa jenis bisnis yang dimaksud diantaranya:

1. Toko Online

Toko online, Sumber: kumparan.com
Toko online, Sumber: kumparan.com

Jika Anda memiliki usaha toko online dan ingin mengembangkannya dengan lebih efisien, website adalah solusi yang tepat. Bukan hanya memudahkan untuk memberikan deskripsi produk yang lengkap, website juga efektif untuk membangun citra toko Anda.

Meskipun saat ini ada beragam e-commerce yang tersedia dan bisa dimanfaatkan untuk berjualan. Namun, dengan memiliki website sendiri, strategi marketing yang Anda jalankan cenderung akan lebih optimal. Dampaknya, penjualan pun akan meningkat secara signifikan.

Tidak hanya itu, jenis bisnis dengan website ini pun memiliki persaingan yang cukup ketat. Nah, dengan memiliki website sendiri, Anda nantinya bisa menampilkan sisi unik bisnis Anda sehingga kemampuan bersaing dengan bisnis sejenis lainnya pun akan menguat.

2. Bisnis Bidang IT

Bisnis bidang IT, Sumber: zekadigital.com
Bisnis bidang IT, Sumber: zekadigital.com

Bisnis yang bergerak di bidang IT tentu merupakan jenis bisnis butuh website dalam operasionalnya. Bukan hanya sebagai bagian dari strategi pemasaran semata, website yang dimiliki bisa menjadi insight konsumen bahwa penyedia layanan tersebut profesional.

Apabila disimak, ada cukup banyak bisnis yang bergerak di bidang IT, seperti jasa pembuatan website, pengembangan software dan aplikasi, jasa SEO, jasa hosting, dan lainnya. Dengan adanya website, konsumen akan mudah menentukan layanan yang mereka inginkan.

3. Bisnis Bidang Kreatif

Bisnis bidang kreatif, Sumber: pexels.com
Bisnis bidang kreatif, Sumber: pexels.com

Jenis bisnis lain yang juga memerlukan website adalah bisnis yang bergerak di bidang kreatif. Bisa dikatakan bahwa jenis bisnis ini perlu website bukan hanya sebagai platform untuk pemasaran saja, melainkan juga memberikan gambaran portfolio kepada target konsumen.

Misalnya saja, beberapa pebisnis yang bergerak dalam bidang kreatif seperti penulis, penerjemah, desainer grafis, dan lainnya tentu akan terbantu untuk menampilkan hasil pekerjaan mereka melalui website. Selain itu, konsumen pun nantinya juga akan lebih mudah mengetahui profil mereka.

4. Kursus Online

Kursus online, Sumber: zekadigital.com
Kursus online, Sumber: zekadigital.com

Jika disimak, sejak pandemi melanda beberapa waktu yang lalu, kursus online cenderung semakin diminati. Bukan hanya membantu seseorang yang ingin belajar skill baru sesuai keinginan, kursus online juga memberikan kemudahan belajar tanpa harus keluar rumah.

Anda yang memiliki usaha kursus online tentu harus memiliki website. Ya, dengan adanya website, Anda bisa menampilkan jenis kursus yang Anda tawarkan dan memudahkan target konsumen untuk memilih. Selain itu, website pun juga bisa menjadi sarana kursus.

Selain beberapa bisnis di atas, tentu masih ada banyak jenis bisnis lainnya yang perlu memiliki website. Misalnya saja, reseller, pemasaran afiliasi, bisnis finansial, dan lainnya. Secara tidak langsung, adanya banyak jenis bisnis harus punya website menunjukkan peran platform ini yang begitu krusial.

Hanya saja, perlu dipahami bahwa Anda tidak hanya perlu sekadar membuat website untuk bisnis yang dikelola. Lebih dari itu, Anda juga harus melakukan optimasi website. Dengan website yang lebih optimal, bisa dipastikan traffic website Anda akan meningkat dan konsumen yang didapatkan pun semakin banyak!

Referensi:

  • blog.verisign.com
  • zyro.com
  • zekadigital.com
  • shipper.id
  • dewabiz.com

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi