Desain Website dan Tips Penting untuk Diketahui!

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Membangun website dengan desain website yang profesional tentu akan menambah value dari website Anda, terutama di era bermunculannya bisnis Startup. Entah adanya kepuasan pengunjung, adanya konversi penjualan yang meningkat atau traffic website yang meningkat.

Untuk membuat desain website yang memang di sebangi oleh pengunjung website tentu dalam desainnya harus ditangani oleh seorang yang ahli di bidangnya. Merancang desain sendiri bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kemampuan untuk itu.

Namun dengan kemampuan yang sama, belum tentu dua orang developer website akan menghasilkan website yang memiliki kualitas desain yang sama. Ada berbagai faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah jiwa seni-nya.

Desain Website, Apa Itu?

Sekilas tentang desain website, Sumber: pexels.com
Sekilas tentang desain website, Sumber: pexels.com

Desain situs website merupakan proses perencanaan, konseptualisasi, dan penyusunan konten pada sebuah website. Saat ini, mendesain situs web seperti halnya memaksimalkan fungsionalitas keseluruhan situs web. Desain ini mencakup aplikasi web, aplikasi seluler, dan desain antarmuka pengguna.

Desain pada situs website dapat berdampak besar pada performa di mesin telusur seperti Google. Dengan menggunakan desain yang tepat, maka website Anda akan diperhitungkan oleh mesin pencarian dalam posisi SERP-nya.

Selain itu kecepatan pemuatan website juga berpengaruh pada performa di mesin pencari. Dengan demikian, perlu diketahui bahwa desain website mempengaruhi waktu pemuatan website.

Fakta Desain Website Saat Ini

Fakta tentang desain website, Sumber: pexels.com
Fakta tentang desain website, Sumber: pexels.com

Terkadang ada anggapan bahwa untuk mendapatkan desain yang bagus, maka harus menjadi seorang yang harus ahli dalam koding dan menempuh pendidikan yang relevan. Namun jika Anda tekun belajar akan hal ini Anda bisa melakukannya sendiri seiring dengan kehadiran CMS yang memudahkan desain website seperti WordPress.

Anda bisa berkreasi lebih jauh dengan tools plugin WordPress. Ya, dengan menggunakan platform CMS seperti WordPress, Anda bisa membangun website dengan tampilan kustom, struktur website dan memaksimalkan fungsi website lainnya dengan tanpa kode.

Tentu hal ini menjadikan siapa saja yang awam masalah desain atau koding untuk belajar membangun website profesional. Meskipun, tentu, ada waktu yang harus digunakan untuk mempelajarinya secara konsisten.

Tips Penting Desain Website

Meskipun dalam mebangun desain dengan CMS bisa lebih mudah, namun Anda masih perlu memperhatikan banyak hal untuk mendapatkan website dengan desain yang mantap. Apalagi website saat ini sebagian besar dibangun berbasis CMS yang mudah seperti WordPress, maka Anda harus meningkatkan kemampuan di bidang ini.

Untuk desain website yang bagus, Anda bisa memperhatikan hal ini:

1. Gunakan Platform Manajemen Konten Favorit

Memilih platform manajemen, Sumber: pexels.com
Memilih platform manajemen, Sumber: pexels.com

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, bahwa sebaiknya Anda menggunakan platform manajemen konten atau CMS untuk mendesain website. Platform manajemen konten seperti WordPress memudahkan proses pengembangan web.

Apalagi bagi siapa saja yang tidak memiliki background ilmu development website sebelumnya. Hal ini akan menghemat biaya pembuatan website.

Selain itu ada fitur yang memungkinkan akses backend dengan kontrol terbatas, sehingga staf anda dapat memposting pembaruan, membuat perubahan, dan menambahkan fitur baru. Dan seperti namanya, platform ini memudahkan pengelolaan konten Anda untuk pengembangan web yang lebih mudah.

Baca Juga: Ini Dia, Jenis CMS Terbaik untuk Pengelolaan Website!

2. Tampilan Sederhana Namun Menarik

Tampilan sederhana yang menarik, Sumber: pexels.com
Tampilan sederhana yang menarik, Sumber: pexels.com

Pernahkah Anda mengakses sebuah situs website yang terlihat ‘ramai’ namun Anda sendiri justru kesulitan mencari informasi atau halaman yang hendak dituju?

Mungkin penambahan banyak elemen di beranda website ditujukan untuk memperlihatkan fitur yang kaya, layanan yang bermacam jenis dan sebagainya, tapi seperti itu justru menjadikan pengunjung kebingungan.

Apalagi dengan adanya banner iklan affiliate marketing produk lain, tentu hal ini sangat mengganggu. Jika Anda berencana untuk membangun website profesional maka hindarilah mencari uang tambahan dengan memasang iklan afiliasi, kecuali Anda hanya bersenang-senang dengan blog pribadi milik Anda.

Jika Anda ingin menarik perhatian pengunjung pada desain situs website, maka desain Anda harus bersih dan fokus. Kesederhanaan tampian memudahkan orang untuk lebih mudah untuk memindainya dengan cepat.

Pengunjung situs website datang untuk mengonsumsi konten yang mereka butuhkan. Jika desain mengambil terlalu banyak perhatian dari konten Anda, akan membingungkan dan bahkan menurunkan konversi.

3. Identitas Merek yang Kuat

Identitas merek yang kuat, Sumber: pexels.com
Identitas merek yang kuat, Sumber: pexels.com

Jika Anda sudah memiliki merek yang kuat di dunia offline dan identitas tersebut sudah melekat maka Anda harus membuatnya relevan dengan audiens online.

Situs web Anda seharusnya mencerminkan identitas kuat yang sama dengan yang dimilikinya secara offline. Tetapi mungkin perlu beberapa penyesuaian atau pembaruan visual agar berdampak pada semua saluran dan media pemasaran.

Meskipun banyak perusahaan yang berpikir bahwa branding tidak terlalu penting, itu adalah asumsi yang salah. Dengan menggunakan blog dan media sosial, perusahaan kecil dapat membuat dampak yang sama seperti perusahaan besar.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan kecil untuk menciptakan pengenalan merek di dalam pasar tertentu atau area lokal. Tentu Anda dengan mudah mengenali siapa saja pemain yang ada di dunia marketplace Indonesia dengan mengunjungi website mereka.

Mereka memiliki warna, desain, dan juga gaya yang khas. Dan poin inilah yang menjadikan mereka mudah dikenali baik di dunia offline ataupun online.

4. Desain Website Responsif

Desain website yang responsif, Sumber: linkedin.com
Desain website yang responsif, Sumber: linkedin.com

Website yang responsif atau mobile friendly menjadi hal yang sangat penting. Pendekatan desain ini mengadaptasi satu situs web ke dalam format dan perangkat yang digunakan oleh pengunjung web untuk memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin.

Dengan menggunakan satu situs web, perusahaan dapat memfokuskan konten dan SEO mereka pada satu situs web. Juga, mereka bisa menghemat uang dan sumber daya, serta mengintegrasikan kampanye pemasaran dengan lebih baik.

Desain yang responsif atau mobile friendly sangat penting karena mayoritas pengguna internet di dunia saat ini mengakses internet untuk mendapatkan informasi melalui gadget mereka. Manjakan mereka dengan desain yang dapat menyesuaikan dengan tampilan yang dimiliki oleh perangkat mereka.

5. Perhatikan UI dan UX

Ilustrasi tampilan UI dan UX, Sumber: informatics.uii.ac.id
Ilustrasi tampilan UI dan UX, Sumber: informatics.uii.ac.id

Sebagian orang menganggap bahwa desain yang ada pada website hanya pada masalah UI dan UX saja. Meskipun hal ini tidak sepenuhnya benar, namun UI dan UX sepertinya menjadi semacam ‘ikon’ dari desain website.

Jika UI dan UX yang dibangun benar-benar berhasil memanjakan pengguna maka bisa dikatakan desain yang telah dibangun tersebut berhasil. Antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) tidak dapat diabaikan dalam dunia digital, terutama dalam hal pengembangan website.

Aspek desain ini membuat perbedaan besar dalam konversi. Selain itu, UI dan UX secara tidak langsung menjadi faktor dalam peringkat mesin pencari anda secara keseluruhan. Pengguna yang memiliki pengalaman menyenangkan di situs web Anda berpeluang untuk kembali dan bahkan memberitahu orang lain tentang website Anda.

Baca Juga: UX Research, Kenapa Penting Dilakukan?

Penutup

Desain pada situs apapun itu secara keseluruhan tidak hanya mengacu pada UI dan UX saja. Ada berbagai faktor dan hal yang mempengaruhi keberhasilan desain.

Karena itu sebelum melaksanakan pembangunan atau mendesain suatu website, maka akan lebih baik jika dilakukan riset kecil terlebih dahulu agar desain yang nantinya diciptakan benar-benar berhasil.

Selain desain, ada banyak faktor yang menjadikan website kuat dan menarik. Diantaranya adalah konten yang di masukkan dan juga bagaimana pemilik website tersebut melakukan perawatan. Mungkin jasa maintenance website bisa menjadi solusi bagi yang tidak sempat untuk merawat website.

Itulah ulasan mengenai desain situs website dan juga hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain website. Jika Anda ingin membuat website dengan desain yang profesional, terutama untuk keperluan bisnis, Zeka Digital siap membantu Anda!

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi