Fakta Bisnis Online yang Harus Anda Pahami

Photo of author

Ditulis oleh Andrian Permana

As a lecturer, researcher, trainer and also someone who likes to write

Fakta Bisnis Online – Memiliki bisnis sendiri adalah impian hampir semua orang. Bisnis online menjadi salah satu peluang usaha yang bisa diandalkan. Terlebih, teknologi penunjang bisnis ini pun juga berkembang dengan pesat dan senantiasa tersedia.

Banyak orang yang sudah berhasil di bisnis online dan memiliki penghasilan yang besar dari bisnis online mereka. Bahkan beberapa orang mengatakan, bisnis online adalah solusi terbaik untuk memulai sebuah bisnis karena bisa dijalankan di mana saja dan dengan mudah.

Bisnis online semakin diminati, Sumber: mitra.bukalapak.com
Bisnis online semakin diminati, Sumber: mitra.bukalapak.com

Jika ada yang mengatakan bisnis online dapat memberikan penghasilan besar dengan cepat, maka itu adalah sebuah pernyataan yang tidak sepenuhnya benar. Agar sukses dalam berbisnis online tidak semudah yang Anda bayangkan, tapi tidak sesulit yang Anda pikirkan juga.

Memang ada banyak sekali orang yang sukses dalam menjalankan bisnis online mereka, tapi yang gagal di bisnis online justru lebih banyak lagi.

Bisnis online itu hampir sama dengan bisnis offline, butuh effort, keseriusan, dan kesabaran dalam menjalankannya. Untuk bisa berhasil di dalam bisnis online itu membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar.

Fakta Bisnis Online yang Perlu Diketahui

Fakta menarik bisnis online, Sumber: pexels.com
Fakta menarik bisnis online, Sumber: pexels.com

Sebelum Anda mulai berbisnis online, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang bisnis internet ini. Anda harus bisa melihat peluang, kelebihan, dan kekurangan dari bisnis online sehingga Anda bisa mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di masa yang akan datang dengan lebih bijak.

Beberapa orang yang gagal dalam berbisnis online mungkin akan bisa bangkit kembali dan berjuang lebih keras, tetapi beberapa orang lainnya bisa jadi mengalami frustasi dan putus asa dengan bisnisnya.

Harus dipahami sejak awal, yang namanya berbisnis, risiko mengalami kegagalan itu sudah ada di depan mata. Sudah siapkah Anda menjadi orang yang berhasil di bisnis online? Sudah siapkah Anda menghadapi kegagalan?

Berikut ini beberapa fakta bisnis online yang harus Anda pahami.

1. Membutuhkan Kerja Keras

Perlunya kerja keras, Sumber: sahabat.pegadaian.co.id
Perlunya kerja keras, Sumber: sahabat.pegadaian.co.id

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis online itu butuh kerja keras. Orang yang sudah bisa menjalankan bisnis onlinenya dengan santai adalah mereka yang sudah melalui banyak tahapan belajar yang tidak sebentar. Juga, ia telah berhasil melewati berbagai rintangan.

Berbeda halnya dengan mereka yang masih pemula, semua orang yang baru belajar bisnis online butuh kerja keras dan cerdas dalam membangun bisnis online mereka. Agar bisa menjalankan bisnis internet dengan baik tentunya Anda harus punya pengetahuan yang memadai tentang bisnis online.

Proses belajar dan juga pengalamanlah yang bisa memberikan itu semua. Perlu disadari, ilmu internet marketing atau digital marketing itu tidak bisa dikuasai hanya dalam satu-dua malam saja, itu mustahil walaupun Anda seorang yang jenius.

Baca Juga: Tips Bisnis untuk Pemula, Simak dan Terapkan!

2. Membutuhkan Waktu

Pentingnya waktu dalam bisnis, Sumber: pexels.com
Pentingnya waktu dalam bisnis, Sumber: pexels.com

Bisnis online itu butuh waktu untuk bisa berhasil. Jadi, jika ada sales letter jualan ebook yang mengatakan bisnis online itu bisa berhasil dalam waktu singkat maka boleh dibilang itu adalah scam atau penipuan. Anda tentu harus hati-hati dengan bahasa marketing seperti ini.

Kalau Anda serius ingin membangun sebuah usaha online, maka Anda harus menganggapnya sebagai sebuah investasi jangka panjang. Memang ada beberapa bisnis online yang bisa menghasilkan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat, namun tidak semua jenis bisnis online.

3. Membutuhkan Modal

Bisnis online juga perlu modal, Sumber: pexels.com
Bisnis online juga perlu modal, Sumber: pexels.com

Modal yang dimaksud di sini adalah modal materiil dan modal non materiil. Modal yang paling penting adalah modal non materiil, yaitu dari diri Anda sendiri.

Anda harus memiliki keinginan yang kuat untuk memulai sebuah bisnis online, harus konsisten dan persisten, mau bekerja keras, kreatif, inovatif, dan pantang menyerah.

Selain modal non materiil, tentunya Anda juga harus punya modal materiil. Yang namanya bisnis online tentunya hanya bisa dijalankan kalau Anda punya koneksi internet, dan ini pasti butuh modal. Walaupun nilainya tidak terlalu besar, ini tetap harus diperhitungkan.

Jika Anda tidak punya perangkat untuk menjalankan bisnis online, seperti PC atau laptop dan modem internet, Anda bisa menjalankan bisnis online dari warnet. Namun, pastikan Anda bisa menjaga keamanan semua akun Anda di internet.

Baca Juga: Ide Bisnis Anak Muda, Modal Kecil Peluang Untung Besar!

4. Bisa Dikerjakan Siapapun

Siapa saja bisa berbisnis online, Sumber: jurnal.id
Siapa saja bisa berbisnis online, Sumber: jurnal.id

Salah satu kelebihan bisnis online adalah dapat dikerjakan oleh siapapun. Siapa saja bisa mengerjakannya tanpa harus punya pendidikan formal yang tinggi.

Yang paling penting dalam bisnis online adalah kerja keras dan cerdas, kemauan untuk selalu belajar, dan punya semangat juang yang tinggi.

Hari ini mungkin Anda adalah seorang pemula yang masih baru belajar. Tetapi, mungkin saja beberapa tahun ke depan Anda akan menjadi seorang ahli dalam dunia digital marketing.

Semua orang bisa berhasil di bisnis online jika mereka bersungguh-sungguh. Tidak peduli apa latar belakang pendidika karena ada banyak jenis bisnis online yang bisa dikerjakan.

5. Tidak Pasif dan Bebas

Pebisnis online harus aktf, Sumber: mitra.bukalapak.com
Pebisnis online harus aktf, Sumber: mitra.bukalapak.com

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa dengan bisnis online Anda bisa mendapat income secara pasif dan memiliki kebebasan untuk menghasilkan uang sambil jalan-jalan berkeliling dunia. Namun, ini semua hanya bisa terjadi kalau bisnis online Anda sudah betul-betul sukses dan matang.

Itupun juga tidak akan memberi Anda kebebasan 100 persen, karena Anda tetap harus mengurus hal-hal lain seperti sistem, infrastruktur, dan lainnya. Bahkan, kalaupun Anda meng-hire karyawan atau manajer untuk mengurus bisnis online tersebut, Anda tetap harus memeriksa apakah karyawan tersebut melakukan pekerjaannya dengan baik.

Fleksibel artinya Anda tetap harus bekerja keras. Tetapi Anda lebih leluasa mengatur waktu. Namun, pada kenyataannya bahkan Anda harus bekerja lebih keras dan mendedikasikan lebih banyak waktu untuk membuat bisnis online yang benar-benar sukses.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa fakta bisnis online yang harus Anda pahami. Bisnis online memang menawarkan potensi keuntungan yang menggiurkan, tetapi bisnis online juga punya risiko sendiri, walaupun risikonya tidak sebesar bisnis konvensional.

Layanan pembuatan website Zeka Digital, Sumber: zekadigital.com
Layanan pembuatan website Zeka Digital, Sumber: zekadigital.com

Berbincang tentang bisnis online, Zeka Digital menyediakan layanan pembuatan website. Ya, website bisa menjadi platform profesional untuk menawarkan produk secara online.

Tidak hanya itu, website pun akan membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional dan menjanjikan. Efeknya, tentu peluang mendapatkan keuntungan pun akan jauh lebih besar.

Tertarik dengan layanan kami?

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

WhatsApp Chat Konsultasi