Inilah Tool Riset Keyword Gratis yang Sering Digunakan

Photo of author

Ditulis oleh Rohadi Apri

A coffee addict. Currently working as Content Manager at Zeka Digital. Everything has been figured out, except how to live - Sartre

Seperti diketahui, riset kata kunci merupakan aktivitas awal yang wajib dilakukan para pebisnis yang merambah ke dunia digital. Nah, adanya tool riset keyword gratis sedikit banyak memberikan kemudahan menemukan kata kunci yang tepat untuk keperluan optimasi.

Di sisi lain, tanpa terlebih dahulu melakukan riset kata kunci, maka para pengguna internet akan sulit untuk menemukan bisnis atau produk yang Anda tawarkan. Tak hanya itu, tingkat visibilitas website Anda pun nantinya juga cenderung rendah.

Oleh karenanya, selain mengetahui cara ampuh riset kata kunci untuk optimasi website, Anda juga perlu tahu beberapa tools yang bisa diandalkan untuk memudahkan riset yang Anda lakukan.

Lantas, apa saja tool riset keyword gratis yang bisa diandalkan? Simak ulasannya!

Kenapa Menggunakan Keyword Tool Gratis?

Menggunakan tool riset keyword gratis, Sumber: zekadigital.com
Menggunakan tool riset keyword gratis, Sumber: zekadigital.com

Pada dasarnya, pencarian kata kunci yang tepat cenderung memerlukan tool atau alat bantu. Ya, alat bantu ini tidak hanya membantu mencari keyword yang relevan semata, melainkan juga memberikan informasi tentang tingkat persaingan di mesin pencari.

Artinya, Anda nantinya akan menemukan beberapa ide keyword untuk dipertimbangkan. Juga, Anda bisa menentukan keyword berdasar tingkat persaingan. Tentu, melakukan optimasi pada keyword dengan tingkat persaingan rendah cenderung lebih mudah untuk dilakukan.

Namun, kenapa perlu menggunakan tool riset keyword gratis?

Alasan utamanya tentu masalah biaya. Dengan menggunakan tool gratis artinya tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan. Bayangkan saja ketika Anda -yang baru ingin melakukan optimasi website, harus membayar sejumlah uang untuk menggunakan tool tertentu.

Padahal, bisa jadi, budget awal yang disediakan tidak terlalu banyak. Juga, keperluan optimasi tidak hanya terbatas pada penggunaan tool riset keyword saja.

Memang, tool riset keyword berbayar akan memberikan informasi yang lebih detail terkait kata kunci yang hendak disasar. Namun, bukan berarti tool riset keyword gratis bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, ada beberapa tool gratis yang sudah memadai untuk melakukan riset keyword.

Baca Juga: Panduan Riset Keyword untuk Optimasi Website

Rekomendasi Tool Riset Keyword

Tentang riset keyword, Sumber: zekadigital.com
Tentang riset keyword, Sumber: zekadigital.com

Berbincang tentang tool riset keyword gratis, saat ini ada cukup banyak tool yang tersedia dan bisa diakses dengan mudah. Tentu saja, adanya banyak opsi keyword akan memudahkan Anda memilih mana tool yang tepat dan bisa diandalkan.

Selain itu, sebagaimana disinggung sebelumnya, meskipun gratis, beberapa tool riset keyword tetap memiliki kinerja yang optimal. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tool riset keyword gratis terbaik yang bisa diandalkan untuk menunjang optimasi website yang hendak Anda lakukan.

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner, Sumber: Google Ads
Google Keyword Planner, Sumber: Google Ads

Google Keyword Planner diklaim sebagai tool yang paling populer. Pasalnya, tool gratis ini dikembangkan sendiri oleh Google -yang kita kenal search engine terbesar setidaknya hingga saat ini.

Dikarenakan merupakan produk sendiri, diduga kuat, hasil riset yang didapatkan cenderung lebih akurat dibandingkan dengan tool lainnya. Namun, tentu saja selalu ada kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya.

Google Keyword Planner dapat memberikan data berupa searching volume atau jumlah rata-rata pencarian suatu kata kunci dalam tempo waktu tertentu. Selain itu, tool ini juga memberikan saran kata kunci yang tepat saat Anda memasukkan suatu kata kunci.

Tak hanya itu, Google Keyword Planner pun juga bisa terintegrasi langsung dengan Google Ads yang juga bermanfaat dalam optimasi website. Sangat menarik, bukan?

2. Ubersuggest

Tampilan Ubersuggest, sumber: neilpatel.com
Tampilan Ubersuggest, Sumber: neilpatel.com

Ubersuggest juga menjadi tool riset keyword gratis favorit setelah Google Keyword Planner. Tool ini menarik karena fiturnya yang menampilkan berbagai statistik yang dipakai dalam penentuan kata kunci, termasuk angka dan link kompetitor.

Bisa dikatakan bahwa dengan data yang cukup lengkap ini, Ubersuggest bisa diandalkan untuk membantu melakukan riset kompetitor. Seperti diketahui, riset kompetitor cukup krusial untuk dilakukan terutama berkaitan dengan optimasi website karena ada persaingan yang harus dimenangkan.

Selain itu, Ubersuggest juga akan memberikan saran kata kunci yang bisa dijadikan long tail keyword. Seperti diketahui, long tail keyword diperlukan apabila kata kunci yang menjadi target sudah sangat kompetitif dilihat dari jumlah search volume yang berada di atas 1000 pencarian.

3. Keywordtool.io

Tampilan Keywordtool.io, Sumber: keywordtool.io
Tampilan Keywordtool.io, Sumber: keywordtool.io

Rekomendasi tool riset keyword gratis lain yang bisa diandalkan adalah Keywordtool.io. Keyword ini biasanya menjadi pilihan bagi pelaku internet marketing dan juga para pegiat SEO.

Secara umum, tool ini akan memberikan berbagai statistik pada kata kunci yang muncul. Juga. ada saran kata kunci long tail untuk setiap kata kunci yang dimasukkan.

Bisa dikatakan, tool ini dinilai lebih unggul dibandingkan dengan tool lainnya. Tidak hanya memberikan saran kata kunci yang lebih banyak, Keywordtool.io juga bisa diandalkan untuk mencari kata kunci khusus untuk mesin pencarian tertentu.

Menarik memang karena tool ini memahami bahwa ada search engine yang juga dipakai selain Google. Dengan fitur ini, upaya optimasi website di mesin pencari tertentu bisa jadi akan lebih efisien dan peluang website muncul di posisi atas SERP pun akan terbuka.

Baca Juga: Mengenal SERP, Apa Itu?

4. Google Suggest

Tampilan Google Suggest, Sumber: Google.com
Tampilan Google Suggest, Sumber: Google.com

Google Suggest merupakan tool riset keyword gratis yang cukup sederhana. Pasalnya, tool ini ada di kolom homepage Google. Ya, ketika Anda mengetikkan kata kunci tertentu di kolom Google Search, maka akan muncul deretan kata kunci yang kerap digunakan.

Memang, Google Suggest bisa memberikan saran kata kunci yang bisa dijadikan variasi pembahasan. Namun, apa yang muncul dari tool ini hanyalah saran kata kunci saja. Tidak ada detail lainnya misalnya searching volume ataupun detail lainnya.

Oleh karenanya, Google Suggest seringkali hanya digunakan sebagai pencari inspirasi saja. Nantinya, setelah mendapatkan saran kata kunci, biasanya seseorang akan menggunakan tool lainnya untuk melakukan riset kata kunci.

5. Moz

Tampilan Moz Keyword Explorer, Sumber: moz.com
Tampilan Moz Keyword Explorer, Sumber: moz.com

Moz sebenarnya adalah website yang menyediakan seluruh tool untuk digunakan dalam optimasi website. Salah satunya adalah riset keyword. Moz juga menyediakan tool lainnya seperti Open Site Explorer, Followerwonk, Moz Local, Mozbar, dan The SERP Overlay.

Untuk riset kata kunci, Moz menyediakan fitur keyword explorer yang juga menampilkan statistik dan saran kata kunci yang dapat Anda gunakan. Kekurangannya, tool ini lebih familiar dengan kata kunci berbahasa Inggris.

Selain itu, tool ini juga pada prinsipnya menyediakan tool berbayar. Hanya saja tool ini menyediakan gratis untuk jangka waktu tertentu dengan saran dan data-data yang ditampilkan secara terbatas.

Demikian pembahasan tentang tool riset keyword gratis. Beberapa tool di atas bisa dipertimbangkan untuk keperluan riset kata kunci untuk memaksimalkan optimasi website.

Hanya saja, mengandalkan tool pencari kata kunci saja tidak cukup untuk melakukan optimasi website. Perlu langkah-langkah yang tepat dan kontinu termasuk maintenance website terutama untuk Anda yang ingin menggunakan website sebagai platform pemasaran bisnis Anda.

Nah, Zeka Digital menyediakan layanan optimasi website yang bisa diandalkan. Dengan layanan ini, visibilitas website Anda akan meningkat dan peluang mendapatkan lebih banyak pelanggan juga akan terbuka.

Tertarik dengan layanan optimasi website Zeka Digital?

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Chat Konsultasi