Traffic Website: Bagaimana Website Anda Bisa Memiliki Pengunjung?

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Memiliki website tidak sekedar memiliki nama domain yang mudah diingat, tampilan bagus, atau konten yang menarik. Namun, Anda masih perlu memantau perkembangan dari website tersebut, terutama jika website tersebut adalah website yang digunakan untuk bisnis.

Salah satu yang cukup krusial adalah memantau traffic website yang bisa Anda lihat di halaman Google Search Console. Dari keseluruhan data traffic website yang lengkap, maka di masa depan Anda memiliki pedoman untuk melakukan upaya optimasi website.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan penyesuaian website berdasarkan tren yang ada. Karena itulah pakar SEO akan selalu memantau perkembangan traffic website dari waktu ke waktu. Tujuannya, agar mengetahui strategi apa yang sebaiknya dilakukan selanjutnya.

Traffic Website, Apa Itu?

Tentang traffic website, Sumber: zekadigital.com
Tentang traffic website, Sumber: zekadigital.com

Biasanya traffic pada sebuah website diartikan secara luas sebagai jumlah kunjungan website. Traffic website yang disebut juga dengan lalu lintas website merupakan suatu istilah yang mengacu pada jumlah pengunjung yang masuk dan terdata pada suatu situs website pada periode waktu tertentu.

Karena keberadaan lalu lintas website merupakan hal yang sangat penting, maka pengembang website tentu akan melakukan berbagai upaya agar website yang dikerjakannya memiliki pengunjung yang banyak dan menghasilkan konversi.

Berdasarkan dari kepentingan itulah pekerjaan optimasi website di mesin pencarian menjadi pekerjaan yang dibutuhkan di dunia digital marketing.  Terlebih, perkembangan teknologi yang ada membuat persaingan pemasaran di dunia digital semakin ketat.

Pentingnya Mengukur Traffic Website

Mengukur traffic website, Sumber: pexels.com
Mengukur traffic website, Sumber: pexels.com

Mengukur traffic website merupakan hal yang penting. Hal ini karena dengan mengamati hasil dari mengukur traffic website membantu membuka wawasan tentang pengunjung Anda secara lebih detail.

Data yang Anda miliki tersebut akan membantu mengetahui hal apa saja yang berhasil dan yang tidak untuk membangun situs website.  Setidaknya ada beberapa alasan kenapa Anda perlu mengukur traffic website yang dimiliki, seperti:

1. Analisis Perilaku Pengunjung

Analisis perilaku pengunjung, Sumber: pexels.com
Analisis perilaku pengunjung, Sumber: pexels.com

Data yang ditawarkan ketika Anda melakukanpengukuran traffic website akan membantu memetakan perilaku pengunjung. Tidak hanya itu, data pun juga akan memudahkan Anda mengenal pengunjung dengan lebih baik.

Selain itu, detail dari data tersebut akan memberi Anda dengan memberikan informasi demografis dan perilaku tentang pengunjung Anda. Gambaran lengkap inilah yang nantinya bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan situs Anda.

2. Parameter Keberhasilan

Parameter keberhasilan manajemen website, Sumber: pexels.com
Parameter keberhasilan manajemen website, Sumber: pexels.com

Hal lain yang menjadi alasan kenapa Anda perlu mengukur traffic website adalah karena traffic menjadi salah satu parameter keberhasilan. Ya, jika Anda telah membuat perubahan apa pun pada situs web Anda, maka Anda bisa memantau efek dari perubahan yang dilakukan.

Lalu, apa yang perlu dilakukan setelahnya?

Jika Anda mengamati dan menemukan pengunjung Anda meningkat setelah Anda melakukan perubahan pada website Anda maka bisa dikatakan improvisasi yang Anda lakukan pada website Anda berhasil. Anda bisa melakukan improvisasi lain yang diperlukan.

Sebaliknya, jika pengunjung website menurun, maka Anda bisa melakukan evaluasi dan memperbaiki segala hal yang menjadikan pengunjung turun. Dengan langkah ini, performa website Anda pun nantinya akan kembali maksimal.

3. Statistik Browser dan Lokasi

Statistik browser dan lokasi, Sumber: twistarticle.com
Statistik browser dan lokasi, Sumber: twistarticle.com

Dengan menggunakan data pengukuran traffic website penjelajahan dinamika pasar bisa dilakukan. Poin ini tentu juga cukup penting terutama ketika Anda hendak melakukan pemetaan guna melakukan pemasaran yang lebih spesific.

Lokasi potensial dan statistik browser yang di tampilkan pada data pengukuran membantu Anda menarik basis pelanggan yang lebih besar. Nantinya, Anda bisa memperluas jangkauan bisnis Anda dengan strategi yang terukur.

Metrik Penting pada Pengukuran Traffic Website

Metrik untuk mengukur traffic website, Sumber: unsplash.com
Metrik untuk mengukur traffic website, Sumber: unsplash.com

Ada beberapa metrik penting yang juga harus diperhatikan ketika Anda ingin mengetahui kinerja website secara keseluruhan. Metrik inilah yang dijadikan pedoman untuk mengembangkan website secara profesional oleh para ahli.

1. Waktu yang Dihabiskan oleh Pengunjung

Waktu kunjungan di website, Sumber: zekadigital.com
Waktu kunjungan di website, Sumber: zekadigital.com

Berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung ketika mengunjungi website Anda adalah penting. Ini adalah ukuran awal untuk menilai bagaimana traffic website Anda.

Volume besar pengunjung situs website Anda tidak ada artinya jika mereka hanya menghabiskan beberapa detik di halaman web Anda dan kemudian menutup website Anda. Untuk mengukur waktu yang dihabiskan oleh pengunjung, setidaknya Anda harus mengetahui beberapa hal ini.

  • Rasio Pentalan

Rasio pentalan membagikan informasi mengenai perilaku pengunjung di situs dan juga seberapa berhasilnya situs web mampu melibatkan pengunjung. Poin mengindikasikan bahwa seberapa besar website Anda dibuka dan kemudian ditutup lagi tanpa ada interaksi berkelanjutan.

  • Waktu di Halaman

Waktu di halaman memberi Anda wawasan tentang seberapa baik kinerja konten yang Anda upload di website. Informasi ini memberitahukan jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna untuk melihat halaman atau kumpulan halaman tertentu.

Sebagian besar analisis mendefinisikan ini sebagai jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca konten pada satu halaman. Nilai ini dihitung dengan membagi jumlah total waktu yang dihabiskan pengunjung di halaman website Anda dengan jumlah total kunjungan situs yang di lakukan dalam satu sesi.

jasa pembuatan website indonesia

2. Tingkat Konversi

Tingkat konversi pengunjung, Sumber: zekadigital.com
Tingkat konversi pengunjung, Sumber: zekadigital.com

Tingkat konversi adalah ukuran berapa banyak pengguna yang mengunjungi situs website Anda dan kemudian melakukan pembelian atau mengklik tombol CTA yang kemudian masuk ke aktifitas selanjutnya. Aktifitas setelah mengeklik tombol CTA seperti mengisi formulir kontak, mendaftar atau mengunduh konten.

Biasanya data tingkat konversi ini penting untuk website seperti online shop yang memungkinkan untuk melakukan transaksi langsung. Namun, terkadang website bisnis yang menggunakan landing page memuat tombol CTA yang nantinya terhubung dengan jalur komunikasi lebih lanjut seperti WhatsApp, atau telepon.

 3. Biaya Akuisisi Pengunjung

Biaya akuisisi pengunjung, Sumber: naahq.org
Biaya akuisisi pengunjung, Sumber: naahq.org

Jika Anda melakukan optimasi dengan cara yang organik, maka sebenarnya Anda tidak memerlukan hal ini untuk mencari traffic pengunjung website. Namun, terkadang Anda membutuhkan kampanye berbayar menggunakan iklan seperti Pay Per Click.

Ya, iklan memang bisa menjadi solusi untuk mendapatkan posisi SERP dengan instant. Anda bisa melihat perkiraan biaya yang nantinya dialokasikan melalui data pengkuran traffic website.

Dari Mana Sumber Traffic Website Berasal?

Sumber traffic website, Sumber: zekadigital.com
Sumber traffic website, Sumber: zekadigital.com

Dari mana pengunjung dapat mengunjungi website Anda? Mengapa mereka bisa  menemukan website Anda? Dari sinilah mereka mendapatkan alamat website Anda:

1. Pencarian Organik

Traffic dari pencarian organik, Sumber: zekadigital.com
Traffic dari pencarian organik, Sumber: zekadigital.com

Seseorang yang mencari informasi di mesin pencarian dengan mengetikkan kata kunci tertentu dan kemudian menemukan website Anda, ketika Anda tidak menggunakan iklan berbayar, maka hal tersebut merupakan hasil dari pencarian organik.

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan traffic organik situs web adalah dengan menerbitkan konten berkualitas tinggi dan relevan secara teratur seperti blog dan konten lain seperti gambar atau video. Namun persaingan yang ketat menjadikan langkah tersebut sulit di lakukan. Karena itu menggunakan jasa SEO organik menjadi salah satu langkahnya.

2. Iklan Berbayar

Iklan berbayar di website, Sumber: zekadigital.com
Iklan berbayar di website, Sumber: zekadigital.com

Berbeda dengan pencarian organik, dengan iklan berbayar seperti Google Ads, maka website Anda akan memperoleh posisi SERP ideal tanpa harus melakukan skema panjang optimasi website.

Banyak pengunjung website Anda akan menemukan website Anda dari iklan berbayar ini. Namun, Anda harus senantiasa mengeluarkan uang untuk memastikan iklan Anda tayang di SERP.

Traffic dari link rujukan, Sumber: pexels.com
Traffic dari link rujukan, Sumber: pexels.com

Website Anda kadang bisa dikunjungi oleh pengunjung website lain dimana website lain tersebut memuat link yang mengarah ke website Anda. Ini seperti langkah membangun backlink dengan PBN.

Seseorang mengakses suatu web PBN, dari web tersebut dia dapat menemukan link ke web utama. Lalu lintas rujukan juga dapat di temukan pada affliate marketing, seperti iklan banner AdWords, dimana di dalam iklan akan menyertakan kode rujukan yang ditautkan.

4. Media Sosial

Traffic dari media sosial, Sumber: zekadigital.com
Traffic dari media sosial, Sumber: zekadigital.com

Mirip dengan sumber traffic web lainnya, media sosial bisa digunakan untuk meningkatkan kunjungan di website Anda. Langkahnya adalah Anda membagikan konten website ke media sosial milik Anda.

Ketika pengikut Anda menemukan postingan Anda di media sosial, mereka akan melakukan klik dan mengarah ke website utama. Cara ini bisa dikatakan cukup mudah, terutama jika Anda membuat konten yang sesuai dengan tren yang sedang banyak dibahas.

5. Email

Strategi email marketing, Sumber: zekadigital.com
Strategi email marketing, Sumber: zekadigital.com

Email marketing menggunakan pengiriman email untuk menawarkan produk atau layanan. Biasanya di dalam kampanye tersebut juga menyematkan alamat website perusahaan. Seseorang bisa saja mengeklik alamat website dan kemudian di arahkan ke website utama.

Cara ini termasuk salah satu opsi yang cukup efektif untuk mendapatkan traffic. Lebih dari itu, untuk pemasaran bisnis, email marketing juga kerap diandalkan untuk mendapatkan konsumen secara langsung dan lebih cepat.

6. Kunjungan Langsung

Kunjungan langsung pengunjung website bisa dari seseorang yang menuliskan alamat domain website secara langsung di address bar pada browser. Namun terkadang link alamat website tersebut berasal dari file dokumen seperti Microsoft Word atau file PDF.

Penutup

Traffic website menjadi sanagt penting karena berkaitan dengan konversi. Meningkatkan traffic website dan mendatanya setiap saat secara berkala menjadi hal yang sebaiknya dilakukan untuk memaksimalkan manajemen website, terutama untuk urusan bisnis.

Nah, jika Anda ingin meningkatkan traffic website untuk mendapatkan lebih banyak leads dan konversi, Zeka Digital menyediakan layanan optimasi SEO. Dengan layanan ini, bukan hanya traffic website yang akan meningkat, website Anda pun bisa muncul di halaman pertama pencarian.

Berikut studi kasus seputar optimasi SEO, yang pernah kami kerjakan pada pada klien Kami.

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi