Biaya Jasa Maintenance Website Mahal? Kenali Prosesnya!

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Memiliki website tidak hanya sekedar memiliki domain, hosting dan pengelolaannya melalui CMS. Namun, banyak hal yang harus dilakukan selain hanya menyediakan hal tersebut. Salah satunya adalah maintenance website.

Mungkin Anda akan berpikir bahwa biaya maintenance website mahal karena penanganan website yang sudah jadi tidak memerlukan banyak effort. Benarkah?

Maintenance website, Sumber: vecteezy.com
Maintenance website, Sumber: vecteezy.com

Bisa jadi, bagi seseorang yang awam tentang website, mereka akan mengamini harga layanan maintenance website yang mahal. Namun, bagi yang mengetahui pentingnya website dan juga posisi di peringkat SEO, biaya tersebut tidak menjadi masalah karena aktivitas SEO tidak bisa lepas dari maintenance website.

Lantas, apa itu maintenance website dan proses yang biasanya dilakukan?

Sekilas Tentang Maintenance Website

Sekilas tentang maintenance website, Sumber: pexels.com
Sekilas tentang maintenance website, Sumber: pexels.com

Maintenance atau pemeliharaan situs website merupakan aktivitas yang dilakukan untuk memeriksa kondisi website secara teratur. Tidak hanya memastikan website yang dikelola bebas masalah, proses ini juga akan menjaga website tetap sehat serta up to date.

Dalam strategi SEO, maintenance situs website secara teratur akan mendorong pertumbuhan lalu lintas yang berkelanjutan. Tentu saja, hal ini sangat berkaitan dengan menjaga posisi website pada peringkat SERP.

Bisa dikatakan bahwa website yang terawat akan memiliki performa yang lebih baik. Tentu saja, dari segi bisnis, hal ini sangat menunjang promosi digital yang dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak lead.

Beberapa pemilik website yang masih awam menganggap bahwa maintenance website bukanlah hal penting untuk dilakukan. Hal ini didasarkan pada tidak ada gangguan pada website yang dikelola.

Pendapat tersebut sebenarnya kurang tepat. Ibaratnya, seperti tubuh manusia, meskipun tidak merasakan gangguan, ketika Anda tidak pernah melakukan medical check-up, maka Anda tidak benar-benar mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda.

Sebagaimana medical check-up, maintenance website juga memerlukan jadwal yang rutin. Hanya saja, hal ini kembali kepada pilihan Anda. Apakah Anda mau membiarkan kondisi yang benar-benar ‘gambling’ atau akan memastikan website yang dikelola baik-baik saja.

Baca Juga: Detail Cara Mengelola Webiste untuk Pemula

Proses Pembuatan Website

Proses pembuatan website, Sumber: zekadigital.com
Proses pembuatan website, Sumber: zekadigital.com

Sebelum membahas tentang pentingnya maintenance pada website, Anda tentu juga perlu tahu bagaimana proses pembuatan website yang dilakukan. Hal ini cukup penting agar nantinya Anda juga memiliki pemahaman kenapa perawatan website perlu dilakukan.

Perlu diketahui, dalam membangun sebuah website, diperlukan beberapa tahapan hingga sampai pada website yang berada di posisi SERP yang diinginkan. Adapun beberapa proses tersebut adalah:

1. Membangun Website

Membangun website, Sumber: pexels.com
Membangun website, Sumber: pexels.com

Pada tahapan ini pengembang akan membangun website dari mulai menentukan alamat domain, menyewa hosting dan menggunakan CMS. Desain dan struktur website mulai dibangun.

Pengembang akan mempertimbangkan UI dan UX website dimana integrasi UX dan SEO bisa dilakukan. Tahapan inilah sebenarnya upaya optimasi sudah dimulai. Salah satunya adalah tampilan website yang dibuat menarik dan juga responsif.

2. Mengelola Konten dan Optimasi

Mengelola konten dan optimasi, Sumber: zekadigital.com
Mengelola konten dan optimasi, Sumber: zekadigital.com

Setelah website terbangun, developer akan mengisi website dengan konten yang relevan. Di fase inilah penggunaan teknik link building dilakukan. Backlink berkualitas dan optimal diupayakan untuk memperkuat posisi website di mata mesin pencari.

Seiring waktu berjalan, maka posisi website akan semakin meningkat ke peringkat awal. Namun, selama website masih berada di posisi yang belum ideal, maka proyek pengerjaan website masih pada tahapan optimasi sampai peringkat website menjadi ideal.

Baca Juga: Penting Diketahui! Ini Hubungan Konten dan Optimasi Website

3. Mengelola Konfigurasi, Update dan Kemanan

Mengelola konfigurasi website, Sumber: zekadigital.com
Mengelola konfigurasi website, Sumber: zekadigital.com

Setelah website berada di posisi yang ideal, misalnya di peringkat lima halaman pertama, maka pekerjaan tidak berhenti. Ada pembaruan rutin yang di lakukan, pengecekan perangkat apakah ada yang out of date dan penyelesaian masalah bug pada website. Inilah tahapan yang dinamakan maintenance website.

Namun, beberapa orang gagal menyadari bahwa maintenance atau pemeliharaan website di jangka panjang juga sangat penting. Baik itu Drupal, WordPress, atau CMS open source lainnya perlu dilakukan pembaruan keamanan rutin dan rencana pemeliharaan situs jangka panjang.

Mengapa hal ini menjadi penting?

Pentingnya Maintenance Website

Pentingnya maintenance website, Sumber: toolsense.io
Pentingnya maintenance website, Sumber: toolsense.io

Ada beberapa alasan mengapa melakukan maintenance website menjadi sangat penting. Meskipun harus mengeluarkan biaya secara rutin, sebagian orang menganggap maintenance website penting karena hal berikut ini :

1. Alasan Keamanan

Alasan keamanan website, Sumber: miqbal.staff.telkomuniversity.ac.id
Alasan keamanan website, Sumber: miqbal.staff.telkomuniversity.ac.id

Ketika website Anda menggunakan teknologi yang kurang mutakhir, maka kemanan website Anda sangat beresiko. Salah satu gangguan kemanan bagi website yang memiliki teknologi yang ketinggalan jaman adalah kasus peretasan.

Anda bisa mengecek versi WordPress yang digunakan melalui ‘lihat sumber halaman‘. Ketika mengetahui bahwa website Anda memiliki teknologi yang kurang mutakhir, maka Anda harus meningkatkan kewaspadaan akan adanya kemungkinan masalah peretasan.

2. Kemerosotan Posisi SERP

Kemerosotan posisi SERP, Sumber: zekadigital.com
Kemerosotan posisi SERP, Sumber: zekadigital.com

Semakin lama Anda tidak dilakukan update konten, maka semakin besar rangking website turun di posisi SERP. Semakin sering Anda memperbarui, semakin kecil kemungkinan masalah akan muncul.

Maintenance website tidak hanya terbatas pada kemanan website akan serangan peretas atau jenis kejahatan lainnya. Namun, update konten pada website diperlukan untuk memastikan website Anda berada di posisi SERP yang aman.

3. Menghindari Kerusakan Lebih Besar

Menghindari kerusakan lebih besar, Sumber: vecteezy.com
Menghindari kerusakan lebih besar, Sumber: vecteezy.com

Jika Anda tidak benar-benar memperhatikan kondisi website dari waktu ke waktu, seperti melakukan pencadangan secara berkala, maka ketika terjadi hal yang tidak diinginkan maka Anda tidak akan memiliki data cadangan. Dalam sebuah website data adalah hal yang penting.

Data yang tersimpan nantinya akan menjadi back up yang sewakti-waktu bisa di-restore ketika diperlukan. Nah, tanpa melakuka maintenance dan tidak ada back up, risiko kehilangan data akan cenderung lebih besar.

4. Kegagalan Fungsi Fitur

Kegagalan fungsi fitur, Sumber: zekadigital.com
Kegagalan fungsi fitur, Sumber: zekadigital.com

Pernahkah aplikasi mobile Anda tidak berfungsi sama sekali? Biasanya untuk menormalkan kembali maka Anda harus melakukan pembaruan aplikasi. Itulah hal sama yang juga terjadi pada website.

Berbagai tools termasuk plugin ketika menyediakan pembaruan maka sebaiknya segera diperbarui. Dengan tools terbaru yang Anda miliki maka kinerjanya menjadi maksimal.

5. Penurunan Kecepatan

Penurunan kecepatan website, Sumber: blogpress.id
Penurunan kecepatan website, Sumber: blogpress.id

Ketika website banyak bug atau hal lain seperti perangkat yang tidak update tentu akan menjadikan kinerja website menjadi menurun, terutama dalam hal kecepatan akses. Turunnya kecepatan akses akan berpengaruh pada kecepatan website.

Tentu saja, website yang lebih lambat akan cenderung ditinggalkan pembaca sehingga nantinya Karena itu diperlukan pengecekan berkala dan pembaruan perangkat dan perbaikan ketika terjadi bug.

Selain beberapa poin di atas, maintenance website tentu memiliki beragam manfaat lain yang tidak kalah penting. Oleh karenanya, Anda sebagai pemilik website perlu menerapkan proses ini demi performa website yang stabil.

Kapan Dilakukan Maintenance Website?

Waktu untuk maintenance website, Sumber: pexels.com
Waktu untuk maintenance website, Sumber: pexels.com

Pentingnya maintenance website menunjukkan Anda perlu melakukannya dengan berkala dan teratur. Nah, pertanyaannya adalah kapan maintenance website tersebut dilakukan?

Nah, berbincang tentang waktu untuk maintenance, proses ini dilakukan dalam waktu tertentu dengan detail pengerjaan yang berbeda. Adapun gambaran proses maintenance tergantung interval waktunya adalah sebagai berikut:

1. Maintenance Website Mingguan

  • Pemeriksaan halaman dari kesalahan
  • Pencadangan dan memastikan versi sebelumnya dari website yang disimpan
  • Pembaruan pada perangkat lunak dan plugin situs web
  • Pemeriksaan formulir pada website
  • Menghapus spam dari halaman dan postingan
  • Pemeriksaan tautan yang rusak
  • Memperbaiki Error 404
  • Pembaruan postingan konten

2. Maintenance Website Bulanan

  • Pemeriksaan kecepatan pemuatan
  • Pemindaian keamanan
  • Analisis statistik situs website
  • Pemeriksaan blog

Maintenance Website Tiga Bulanan

  • Pemeriksaan struktur dan desain website
  • Pemeriksaan gambar atau grafis pada website
  • Pemeriksaan judul, meta deskripsi dan hal lain yang berkaitan dengan SEO
  • Uji situs web di semua perangkat dan browser untuk melihat apakah website ditampilkan dengan benar
  • Tinjau kampanye iklan dan pemasaran
  • Pulihkan versi situs web sebelumnya untuk memeriksa kesehatan cadangan

Maintenance Website Tahunan

  • Meninjau setiap halaman untuk akurasi konten, tata bahasa, kesalahan ketik, dan relevansi
  • Periksa alamat email yang aktif
  • Pastikan nama domain situs website dan juga sewa hosting diperbarui

Kesimpulan

Biaya Maintenance Website
Maintenance website penting dilakukan, Sumber: unsplash.com

Dari beberapa pembahasan di atas, bisa dikatakan bahwa maintenance website adalah hal yang penting dilakukan. Dengan proses maintenance berkala yang dilakukan, website cenderung lebih aman dan stabil secara performa.

Hanya saja, perlu disadari bahwa proses maintenance website bukanlah pekerjaan yang sederhana. Terlebih, untuk Anda yang kurang memahami teknik maintenance website secara khusus.

Nah, terkait pemeliharaan website, Zeka Digital menyediakan layanan jasa maintenance website profesional. Dengan layanan ini, tentu saja, Anda bisa menyerahkan urusan pemeliharaan website tanpa harus repot melakukannya sendiri.

Memiliki tim berpengalaman dan berkomitmen, Zeka Digital senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal. Tidak hanya itu, harga layanan maintenance website yang ditawarkan pun cenderung terjangkau.

Tertarik untuk menggunakan layanan maintenance website profesional Zeka Digital?

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi