Biaya Pembuatan Website 2023, Apakah Mahal?

Photo of author

Ditulis oleh Melynda Dyah

Seorang Content Writer yang membawa semangat dan kreativitas dalam setiap tulisannya. Bekerja untuk Zeka Digital dan untuk diri sendiri.

Di era yang serba digital ini, website menjadi salah satu sarana marketing yang sangat penting. Hal ini yang akhirnya membuat banyak perusahaan membuat website. Namun, untuk membuat website juga perlu tahu berapa estimasi biaya pembuatan yang harus dikeluarkan.

Manfaat website bagi perusahaan tidak hanya sekedar untuk promosi dan memberikan informasi tentang produk maupun layanan. Lebih dari itu, website juga menjadi media untuk mendekatkan perusahaan dengan customer.

Pun, website juga sangat efektif untuk menjangkau pasar yang sebelumnya tidak terjangkau. Jadi, sangat disayangkan apabila tidak memanfaatkan website untuk mengembangkan bisnis. Untuk itu, Anda perlu memperkirakan berapa estimasi biaya pembuatan website.

Informasi terkait biaya pembuatan website terbaru, Sumber: pexels.com
Informasi terkait biaya pembuatan website terbaru, Sumber: pexels.com

Estimasi Biaya Pembuatan Website 2023

Sebagai salah satu jasa pembuatan website, pertanyaan yang seringkali ditanyakan adalah berapa estimasi biaya pembuatan website? Pertanyaan tersebut menjadi lumrah karena sejatinya setiap orang menginginkan hasil maksimal dengan harga yang tidak memberatkan. 

Untuk pertanyaan tersebut, tergantung dari budget serta tujuan Anda membuat website. Karena pastinya setiap individu mempunyai kebutuhannya masing-masing. Harga pembuatan website dari Zeka Digital sendiri paling murah adalah 1,5 juta.

Itupun dengan fitur sederhana dimana setidaknya hanya terdiri dari dua halaman (homepage dan halaman lain). Apabila Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap, maka biaya yang dikeluarkan bisa lebih dari harga tersebut.

Perkiraan biaya pembuatan website terkini, Sumber: pexels.com
Perkiraan biaya pembuatan website terkini, Sumber: pexels.com

Hal-Hal yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Website

Setiap situs memiliki kebutuhannya masing-masing. Ada yang merasa cukup dengan fitur-fitur sederhana yang telah disediakan. Namun, ada juga yang merasa membutuhkan fitur lebih untuk hasil yang maksimal.

Oleh sebab itu, beragamnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan website dipengaruhi oleh beberapa hal berikut.

1. Belanja Domain dan Hosting

Pada website, domain dan hosting adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Domain adalah alamat khusus website, sementara hosting merupakan wadah untuk menyimpan data situs website. Murah mahalnya harga domain umumnya ditentukan oleh eksistensinya.

Umumnya, domain dengan eksistensi .co.id atau .id memiliki harga yang lebih mahal dari domain dengan eksistensi .com. Sementara domain dengan harga yang lebih murah biasanya domain tidak populer seperti .xyz.

Sama halnya dengan domain, harga hosting pun juga bermacam-macam sesuai dengan spek yang ditawarkan. 

Berbelanja domain dan hosting, Sumber: androidponsel.com
Berbelanja domain dan hosting, Sumber: androidponsel.com

2. Jenis Website

Mahal dan murahnya biaya pembuatan website ternyata juga dipengaruhi oleh jenis website itu sendiri. Perlu diketahui, terdapat beberapa macam website populer yang akan Anda temukan ketika berselancar di dunia maya dengan tujuannya masing-masing.

Website Perusahaan

Sesuai dengan namanya, website perusahaan adalah situs yang dibuat untuk keperluan bisnis. Biasanya jenis website ini dibuat untuk menampilkan informasi tentang produk, layanan, visi, misi, dan tidak lupa juga mencantumkan kontak. 

Website perusahaan juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan branding dan pemasaran. Untuk mendapatkan banyak kunjungan dari pengguna internet dan konversi, biasanya website perusahaan ditunjang juga dengan menggunakan layanan SEO. 

Namun, tidak jarang juga ada yang menggunakan website perusahaan sebagai kantor online. Sehingga di sana hanya terdapat profil perusahaan (company profil) saja.

Blog

Untuk jenis website satu ini tentunya sudah tidak asing, ya? Blog merupakan jenis website yang digunakan oleh individu atau kelompok untuk kebutuhan konten berupa opini, pengalaman, hingga pengetahuan di berbagai topik. 

Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada bidang tertentu. Misalnya seperti lifestyle, kuliner, finance, dan lain sebagainya. Biasanya blog bersifat dinamis yang kontennya perlu di update dan ditambahkan secara berkala dalam urutan kronologis.

Baca Juga: Inilah Cara Menghemat Biaya Pembuatan Website

Toko Online (E-commerce)

Sesuai dengan namanya, website E-commerce digunakan untuk menjual berbagai produk maupun layanan secara online. Dimana ini termasuk toko-toko online yang menjual berbagai produk, seperti fashion, makanan, hingga perangkat elektronik. 

Sehingga untuk mendapatkan berbagai produk tersebut Anda tidak harus keluar rumah karena bisa memesannya melalui perangkat gadget. Website E-commerce mempunyai fitur yang lebih beragam, sehingga biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatannya pun lebih mahal.

Landing Page

Dalam website terdapat istilah landing page. Nah, apa itu landing page? Landing page adalah halaman web tunggal yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu. Sebut saja seperti untuk mengumpulkan alamat email pelanggan potensial. 

Atau untuk mempromosikan produk dan acara yang biasanya diiklankan dengan iklan berbayar. Landing page ini tergolong jenis website yang sederhana, karena itu biaya pembuatannya pun relatif lebih terjangkau dibanding yang lain.

Situs Web Organisasi

Terakhir adalah website organisasi. Jenis website ini dibuat oleh institusi atau sebuah organisasi untuk memberikan informasi perihal layanan publik atau tujuan mereka. 

Web ini juga dibuat dengan harapan untuk mendukung kegiatan organisasi yang dilakukan. Jenis web ini misalnya seperti website pondok pesantren, website sekolah, LSM, dan lain sebagainya.

Berbagai jenis website yang ada, Sumber: pexels.com
Berbagai jenis website yang ada, Sumber: pexels.com

3. Desain Website

Tahukah Anda bahwa desain website ternyata juga berpengaruh pada biaya pembuatan yang harus dikeluarkan? Karena bagaimanapun, tampilan situs web akan mempengaruhi experience pengunjung. 

Oleh karena itu Anda harus cermat dalam memilih tema, desain, dan template web yang akan digunakan. Sehingga nantinya, pengunjung web dapat merasakan experience yang menarik ketika mengunjungi website tersebut. 

Jadi, semakin detail dan semakin menarik tampilan desain website, akan semakin mahal pula harga pembuatannya.

Tampilan desain website yang menarik, Sumber: pexels.com
Tampilan desain website yang menarik, Sumber: pexels.com

4. Konten Website

Apakah setelah website jadi lantas berhenti disitu saja? Tentu tidak, karena website yang dibangun biasanya ditunjang juga dengan beberapa konten berupa tulisan, gambar, video, maupun infografis. 

Karena sebuah ide mahal harganya, tentu saja untuk pembuatan materi konten tersebut juga membutuhkan biaya tambahan. Karena penyedia jasa pembuatan website dan digital marketing juga mempekerjakan profesional dalam memproduksi berbagai konten website.

Ditunjang dengan beberapa konten website, Sumber: zekadigital.com
Ditunjang dengan beberapa konten website, Sumber: zekadigital.com

5. Fitur Tambahan

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada yang merasa cukup dengan fitur-fitur dasar website dan ada pula yang merasa membutuhkan fitur tambahan. Fitur tambahan inilah yang akhirnya juga berpengaruh terhadap biaya pembuatan website. Apa saja fitur tambahan itu?

Penggunaan Tema Premium

Pada website memang terdapat tema gratis. Namun tidak jarang juga banyak yang memilih menggunakan tema website berbayar. Karena selain pilihannya lebih beragam, tema website berbayar juga memiliki banyak keleluasaan dalam proses pengeditan daripada tema gratis. 

Baca Juga: Berbagai Keuntungan Penggunaan Website untuk Bisnis Online

Plugin Berbayar

Fungsi website akan menjadi lebih optimal dengan fitur plugin. Dimana plugin premium dengan biaya tambahan akan memberikan berbagai fitur canggih dan lengkap. Tentu hal ini berbeda dengan plugin versi gratis yang hanya menyediakan fitur terbatas. 

Jadi, semakin banyak fitur yang ditambahkan, biasanya semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan website.

Sistem Keamanan

Keamanan website biasanya menggunakan SSL. SSL sendiri adalah komponen keamanan website yang tidak boleh dilewatkan karena mampu mempengaruhi reputasi website di mata pengunjung. SSL ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Semakin tinggi keperluan keamanan website, maka SSL yang digunakan juga semakin tinggi gradenya. Sehingga harga yang ditawarkan pun juga akan semakin mahal. Selain itu, penggunaan CloudFlare juga diperlukan pada website.

Terdapat berbagai fitur tambahan, Sumber: zekadigital.com
Terdapat berbagai fitur tambahan, Sumber: zekadigital.com

Ingin Biaya Pembuatan Website Terjangkau?

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya Anda sudah memiliki gambaran jelas untuk estimasi pembuatan website. Jika Anda menginginkan pembuatan website dengan biaya terjangkau, berikut tips yang bisa kami bagikan. 

1. Spesifikasikan Tujuan Utama Website

Ingat kembali apa tujuan Anda membuat website. Prioritaskan budget yang dimiliki untuk fitur-fitur yang memang dibutuhkan dan mampu menunjang kebutuhan tujuan pembuatan website tersebut. 

Misalnya, jika tujuan membuat website adalah untuk bisnis online, maka utamakan fitur sistem pembayaran yang mudah kemudian baru yang lainnya. Dengan fokus pada tujuan awal pembuatan website, budget tidak akan membengkak.

Spesifikasikan tujuan utama pembuatan website, Sumber: pexels.com
Spesifikasikan tujuan utama pembuatan website, Sumber: pexels.com

2. Utamakan Investasi Jangka Panjang

Agar biaya pembuatan website lebih terjangkau pastikan bahwa Anda menggunakan hosting, tema, hingga plugin yang berkualitas. 

Karena jika menggunakan yang asal-asalan, justru biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal untuk pemeliharaannya di kemudian hari. Jadi pastikan untuk mengutamakan investasi jangka panjang.

Mengutamakan investasi jangka panjang, Sumber: hsbc.co.id
Mengutamakan investasi jangka panjang, Sumber: hsbc.co.id

Nah, itulah informasi mengenai biaya pembuatan website di tahun 2023. Semoga melalui uraian tersebut, Anda mendapatkan gambaran jelas untuk estimasi biayanya serta dapat menentukan langkah tepat dalam pembuatan website.

Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk membuat website sebanding dengan benefit yang akan didapatkan nantinya.

Apabila Anda membutuhkan jasa pembuatan website, maka Anda bisa menghubungi Zeka Digital untuk informasi lebih lanjutnya.

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi