Facebook Marketing: Menggunakan Facebook Live Untuk Marketing

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Banyak jalur yang bisa digunakan untuk melebarkan usaha Anda di dunia digital marketing. Banyak juga marketing digital agensi yang ada di berbagai tempat menawarkan berbagai penawaran menarik dalam hal ini.

Aktifitas marketing digital tidak lepas dari keberadaan sosial media beserta fitur fiturnya, termasuk Facebook marketing dengan menggunakan fitur live. Nah, pertanyaannya, apakah fitur live Facebook ini efektif untuk pemasaran dan bagaimana cara menggunakannya?

Mengapa Harus Facebook?

Ilustrasi Facebook live, Sumber: unsplash.com
Ilustrasi Facebook live, Sumber: unsplash.com

Facebook diluncurkan pada bulan Februari 2004. Dengan beberapa inovasi yang dikembangkan, Facebook benar-benar diminati manusia di muka bumi ini.

Konon sampai dengan tahun 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif. Bahkan menurut berbagai riset, Facebook dinyatakan sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Dengan banyaknya pengguna aktif dari situs media sosial terbesar ini, maka sebenarnya ia menyimpan pangsa pasar yang cukup besar untuk di jadikan ajang promosi ataupun brand awarness.

Selain itu adanya fitur video live Facebook, fitur iklan berbayar, dan beragam fitur lainnya menjadikan Facebook semakin diminati untuk dijadikan media promosi. Tidak mengherankan jika meskipun banyak media sosial lain hadir, Facebook tetap menjadi opsi pemasaran.

Baca Juga: Kenapa Live Facebook Sepi Penonton? Bisa Jadi Ini Sebabnya!

Kiat Facebook Marketing dengan Fitur Live

Ilustrasi Facebook live, Sumber: blackxperience.com
Ilustrasi Facebook live, Sumber: blackxperience.com

Salah satu fitur yang saat ini populer adalah fitur live atau siaran langsung pada Favebook. Dengan fitur ini Anda bisa melakukan siaran langsung dan melakukan komunikasi dengan audiens.

Karena itulah facebook live menjadi salah satu fitur yang sering di pakai akhir-akhir ini, baik untuk penawaran online, pengenalan produk bahkan siaran langsung main game.

Sangat disayangkan jika fitur Facebook live yang memungkinkan Anda menjangkau pemirsa dalam jumlah besar dan tersebar di berbagai tempat tidak anda maksimalkan penggunaannya untuk marketing.

Lantas, bagaimana cara untuk memaksimalkan fitur live ini untuk pemasaran yang lebih efisien dan efektif untuk mendapatkan pelanggan baru?

1. Maksimalkan Sebagai Konten Marketing

Memaksimalkan sebagai konten marketing, Sumber: pexels.com
Memaksimalkan sebagai konten marketing, Sumber: pexels.com

Biasanya suatu konten marketing adalah sebuah posting blog, ulasan dalam bentuk ebook, atau sebuah poster infografis. Berpikirlah bahwa konten marketing tidak hanya berkutat pada hal tersebut.

Lakukan improve dengan menggunakan Facebook marketing melalui fitur siaran langsung. Nilai video siaran langsung tentunya lebih tinggi daripada sekedar uraian panjang ebook atau jejeran infografis yang kurang begitu interaktif.

2. Tunjukkan Kekuatan Anda

Menunjukkan kekuatan saat live, Sumber: pexels.com
Menunjukkan kekuatan saat live, Sumber: pexels.com

Di dalam Facebook live, Anda bisa memberikan informasi kepada para audiens yang sebelumnya belum menerima informasi tersebut. Tantu saja informasi yang diberikan bisa menambah kepercayaan audiens pada brand Anda.

Anda bisa melakukan siarang langsung di dapur produksi, mengenalkan berbagai peralatan mutakhir Anda, mengenalkan tim anda sendiri, dan sebagainya. Show of power seperti ini mampu memberikan peningkatan kepercayaan konsumen kepada Anda.

3. Buka Tanya Jawab Singkat

Membuka opsi tanya jawab, Sumber: pexels.com
Membuka opsi tanya jawab, Sumber: pexels.com

Calon pelanggan sebenarnya menginginkan informasi sedetail mungkin untuk produk yang akan dibeli. Mereka berpikir tidak akan membeli kucing di dalam karung, mekipun banyak informasi telah anda ulas di konten marketing Anda.

Dengan demikian, perusahaan yang terpercaya tentu akan memberikan jawaban yang ditanyakan oleh pelanggan akan hal yang berkaitan dengan produk.

Anda bisa menarik pelanggan untuk menjadi lebih percaya lagi kepada perusahaan anda bahkan dengan menjadi loyalis brand. Caranya tentu dengan membuka dialog atau interaksi dengan mereka. Anda bisa melakukan rancangan sesi tanya jawab singkat dengan pelanggan melalui Facebook live.

4. Diskusikan Topik Tertentu

Membahas topik tertentu, Sumber: pexels.com
Membahas topik tertentu, Sumber: pexels.com

Anda bisa memulai dialog di Facebook live dengan tema-tema yang sedang menjadi tren belakangan ini. Jika Anda sedang mencoba mengenalkan produk smartphone terbaru dari perusahaan, Anda bisa memperbincangkan game android terbaru dan terpopuler saat ini.

Juga, Anda bisa mengulas performa game tersebut ketika dimainkan dengan memakai smartphone produk Anda. Dari situlah Anda bisa memberikan bukti bahwa produk smartphone yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang istimewa.

5. Agenda Talk Show

Mengagendakan talk show, Sumber: pexels.com
Mengagendakan talk show, Sumber: pexels.com

Format talk show bisa dijadikan pilihan untuk mengisi konten marketing Facebook live. Bisa dengan menghadirkan pembicara tamu untuk berbagi keahlian mereka dan Anda bisa memilih topik baru untuk setiap minggunya.

Untuk mendapatkan penggemar setia siaran langsung, Anda bisa memfokuskan pembahasan pada tema tertentu dan hal ini bisa menyasar pada pangsa pasar tertentu pula. Seperti pembahasan game untuk memasarkan produk laptop high end, pembahasan mengenai vlog untuk pemasaran produk kamera dan sebagainya.

6. Penjualan Langsung Facebook Live

Berjualan saat live, Sumber: pexels.com
Berjualan saat live, Sumber: pexels.com

Terkadang suatu produk laris dipasaran karena adanya penawaran secara live di Facebook. Untuk mendapatkan pemirsa dengan jumlah besar, Anda bisa meminta kepada pengguna Facebook lainnya untuk menyebarkan link siaran langsung Facebook live dengan memberikan hadiah menarik secara acak atau diundi.

Untuk penjualan secara langsung, Anda harus mempersiapkan personil yang handal dalam melakukan penawaran langsung, sehingga pada saat acara penawaran langsung, pembawa acara tidak kehabisan kata-kata.

Hal lain yang diperlukan adalah petugas yang akan menghapus komentar tidak bagus, menanggapi komentar yang membangun dan pembantu lain yang diperlukan.

7. Penawaran Terbatas

Melakukan penawaran terbatas, Sumber: pexels.com
Melakukan penawaran terbatas, Sumber: pexels.com

Seseorang yang mengunjungi website atau aplikasi marketplace, yang pertama kali di lihat terkadang adalah pada fitur penjualan kilat atau flash sale-nya. Mereka beranggapan bahwa harga di flash sale akan lebih rendah dari harga normalnya. Tentu anggapan ini tak sepenuhnya benar, meskipun sebagian tawaran produk di flash sale memang lebih rendah dari harga normal.

Yang menjadi poin di sini adalah, dengan melakukan penjualan kilat atau penawaran terbatas, ternyata mampu mempengaruhi psikologi dari pemirsa siaran langsung.

Audiens akan berlomba-lomba membeli dengan adanya kesempatan harga murah atau membeli produk terbaru pertama kali, sehingga mereka mendapat produk paling mutakhir. Trik ini cocok untuk digital marketing peluncuran produk baru.

Baca Juga: Tips Launching Produk Baru Langsung Laris!

8. Agendakan Facebook Live Secara Rutin

Live Facebook secara rutin, Sumber: pexels.com
Live Facebook secara rutin, Sumber: pexels.com

Anda bisa merencanakan membuat siaran langsung Facebook marketing dengan rutin dan terkonsep dengan jelas. Dengan demikian para audiens setia anda tidak akan ketinggalan agenda yang mereka tunggu.

Meskipun mungkin sebagian dari mereka hanya membeli produk Anda sekali, namun tentu mereka akan menginformasikan kepada yang lainnya jika produk yang mereka beli sesuai dengan ekspektasi dan mereka puas.

Anda bisa menyesuaikan agenda rutin Facebook live Anda dengan aktivitas para audiens. Pastikan ketika Anda melakukan siaran langsung, mereka memiliki waktu luang untuk mengikuti agenda siarang langsung yang Anda lakukan. Hal ini berkaitan juga dengan pangsa pasar yang Anda sasar.

Bagi ibu rumah tangga yang hanya dirumah maka waktu luang mereka mungkin sekitar jam 9 sampai 10 pagi dan untuk pangsa pasar pelajar, Anda perlu menyusun jadwal yang tepat dan tidak bertabrakan dengan aktifitas sekolah dan belajar mereka. Begitu juga dengan target market lainnya.

Kesimpulan

Dari berbagai platform sosial media sebenarnya akan ada berbagai kesempatan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pelebaran pasar di dunia maya. Yang harus dilakukan adalah mempelajari tipikal, fungsi dan beragam fitur media sosial yang ada saat ini.

Dengan melakukan langkah seperti ini, Anda bisa melakukan ekspansi tidak hanya di satu media sosial saja. Namun semua media sosial populer bisa Anda masuki untuk tujuan marketing.

Hanya saja, jika Anda ingin membangun brand yang lebih profesional, maka website cenderung lebih cocok untuk digunakan. Kombinasi website dan media sosial termasuk Facebook akan menjadi platform yang bisa diandalkan untuk menjangkau lebih banyak target market.

Nah, Zeka Digital memiliki layanan pembuatan website yang bisa diandalkan. Dengan tim yang berpengalaman, kami bisa membuatkan website untuk menunjang bisnis Anda agar lebih profesional dan efektif untuk memasarkan produk secara digital.

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Chat Konsultasi