Jenis Website Populer, Mana yang Cocok untuk UMKM?

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Website merupakan hal yang sangat familiar di masa sekarang. Ketika setiap orang memiliki perangkat di dalam genggamannya, mereka bisa mengakses berbagai jenis website kapan saja dan dimana saja selama ada paket data atau jaringan internet.

Beragam jenis website bertebaran di dunia maya, Anda bisa mengakses jenis website apapun yang Anda inginkan.

Mengenal jenis website yang populer, Sumber: ekonomikasyariah.com
Mengenal jenis website yang populer, Sumber: ekonomikasyariah.com

Pengertian Website

Website atau situs web menurut Wikipedia adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Semakin berkembangnya tujuan pembuatan website dan kesadaran akan manfaat website, maka jenis website yang ada menjadi bervariasi.

Bahkan perkembangan website tidak hanya pada tujuan bisnis saja, tetapi hal lain seperti hiburan, untuk media saluran informasi rahasia, dan lain sebagainya.

Karena itu kenali jenis website melalui artikel ini, sehingga ketika Anda akan membangun website, Anda akan mengetahui dengan pasti website seperti apa yang memang benar-benar Anda butuhkan.

Jenis Website

Ada beberapa macam jenis website terpopuler yang akan Anda lihat di seluruh dunia ketika Anda berselancar di dunia maya.  

Meskipun parameter pengklasifikasian jenis website ini masih rancu, namun melalui pengklasifikasian ini setidaknya Anda akan mudah memahami beragam jenis website beserta tujuan pembuatannya.

1. Website Brosur

Website ini adalah jenis website yang sederhana. Untuk menghemat biaya pembuatan website bisa dengan mengadopsi jenis website ini.

Sebuah perusahaan yang memerlukan website namun tidak begitu menjadikan website sebagai hal yang penting biasanya hanya akan membuat website model brosur.

Keberadaan website brosur seolah hanya sebagai formalitas akan keberadaan sebuah perusahaan.

Situs web brosur akan mudah ditemukan di awal terciptanya internet. Di masa itu perusahaan membutuhkan situs web, tetapi mereka tidak menjadikan website sebagai senjata utama untuk menjaring konsumen.

Berbeda jauh dengan sekarang, dimana website merupakan senjata utama untuk menjaring konsumen dan menciptakan konversi.

Situs website brosur seperti layaknya brosur atau kartunama online. Karena itu disana hanya akan ada informasi tentang perusahaan, produk, atau layanan. Biasanya pengguna website ini memiliki kemampuan untuk konversi di saluran lain seperti penjualan langsung.

Website brosur, Sumber: pexels.com
Website brosur, Sumber: pexels.com

2. Website Pribadi

Banyak orang memiliki pemikiran yang perlu diungkapkan. Salah satunya dengan membuat situs web pribadi untuk mengungkapkan pemikiran mereka dan membagikannya kepada orang lain.

Pada awalnya mungkin pembuatan website pribadi untuk sekedar tempat menggoreskan pena. Namun terkadang situs web ini justru dapat berkembang menjadi sesuatu yang menghasilkan uang.

Dengan banyaknya trafik yang masuk, maka website meskipun dimiliki pribadi bisa menghasilkan uang dengan keberadaan iklan.

Membangun website pribadi lebih ‘santai’ karena tidak ada target tertentu dan untuk menjadikannya berkembang bisa dilakukan dalam jangka lama dan sambil menikmati tiap step perkembangannya.

Website pribadi, Sumber: canva.com
Website pribadi, Sumber: canva.com

3. Website Toko Online (E-commerce)

Keberadaan telepon genggam pintar menjadikan segala hal menjadi mudah, salah satunya adalah aktifitas belanja.

Saat ini untuk mendapatkan produk tertentu seperti kosmetik, fashion, elektronik, dan sebagainya Anda tidak perlu keluar rumah ketika Anda bisa memesannya melalui perangkat Anda.

Toko online berbasis aplikasi diperkirakan akan menguasai pasaran di masa depan. Jika menggunakan smartphone, maka pengguna harus mengunduh aplikasi.

Kemudian jika menggunakan desktop, maka pengguna tinggal membuka situs website toko online yang dituju. Biasanya untuk keamanan transaksinya, penyedia layanan sudah memiliki perangkat keamanan yang memadahi.

Ada beberapa langkah yang harus Anda lalui saat membangun situs web e-commerce, seperti membangun aplikasi seluler, mendapatkan sertifikat SSL untuk keamanan transaksi, melakukan riset mengenai pengalaman pengguna, dan sebagainya.

Website toko online, Sumber: sap-express.id
Website toko online, Sumber: sap-express.id

4. Website Bisnis

Mungkin inilah situs web yang sering ditemukan. Situs bisnis memiliki tujuan yang sama dengan situs website toko online, yakni mendapatkan pelanggan atau menciptakan penjualan. Namun dari cara kerjanya dan juga bentuk websitenya akan terlihat berbeda.

Untuk situs website bisnis diperlukan landing page yang akan mengarahkan pelanggan untuk melakukan pembelian atau penggunaan jasa.

Baca Juga: Inilah Tools Terbaik untuk Melihat Pengunjung Website

Secara kasar dapat dipahami bahwa situs toko online menggunakan metode penjualan langsung, sedangkan untuk situs website bisnis terkadang memerlukan beberapa proses sampai pengguna membeli produk atau jasa.

Karena website ini mengandalkan posisi di halaman hasil pencarian, maka perlu untuk menerapkan praktis SEO profesional.

Selain itu, website ini juga memerlukan perawatan yang benar. Oleh karena itu tidak jarang website bisnis memerlukan jasa maintenance website dalam pengelolaannya.

Saat ini setiap bisnis dapat ditemukan di internet. Ketika bisnis atau perusahaan hanya tercantum di listingan Google My Busisess, maka sepertinya informasi yang akan di paparkan di GMB tersebut akan kurang.

Oleh karena itu diperlukan website bisnis untuk memberikan informasi yang lebih detail kepada pelanggan.

Website bisnis, Sumber: zekadigital.com
Website bisnis, Sumber: zekadigital.com

5. Website Portofolio

Jika Anda merupakan pemilik perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang seperti jasa desain, jasa kontraktor, dan jasa apapun yang ingin menampilkan sampel atau contoh pekerjaan Anda kepada pelanggan, sebaiknya membangun website portofolio.

Pelanggan biasanya akan lebih melihat hal hebat apa yang telah Anda kerjakan sebelumnya dibandingkan dengan pemaparan Anda panjang lebar. Bukti maha karya Anda itulah yang bisa Anda simpan di website portofolio.

Website ini biasanya dimiliki oleh freelancer profesional atau perusahaan yang bergerak dalam jasa tersebut. Sebagaimana dengan website yang berorientasi kepada penargetan konsumen, website ini juga menyematkan kontak yang bisa dihubungi.

Website portofolio, Sumber: Unsplash
Website portofolio, Sumber: Unsplash

6. Website Media

Situs website media biasanya menampilkan informasi yang nantinya akan disampaikan kepada pengguna. Informasi yang dikirimkan atau ditampilkan jika mengacu pada definisi media adalah informasi berita.

Namun sebenarnya website media tidak hanya menampilkan informasi berita saja. Ada juga website hiburan yang menampilkan hal-hal konyol namun justru malah disukai seperti website 9gags, pulsk, dan sebagainya.

Website ini bisa menghasilkan uang dari iklan jika pengunjungnya banyak. Atau bisa juga dengan pendaftaran berlangganan.

Website media, Sumber: zekadigital.com
Website media, Sumber: zekadigital.com

7. Website Nirlaba

Website non-profit biasanya dimiliki oleh lembaga kemanusiaan. Namun terkadang ada juga pengembang yang membuat website nirlaba yang khusus digunakan untuk mengumpulkan donasi.

Salah satu website terkenal sebagai pengumpul donasi dari masyarakat adalah KitaBisa.Com. berbagai lembaga sosial menggunakan platform dari Kita Bisa untuk mendapatkan dana kemanusiaan.

Website nirlaba, Sumber: zekadigital.com
Website nirlaba, Sumber: zekadigital.com

8. Website Pendidikan

Situs pendidikan merupakan situs yang biasanya dimiliki oleh institusi pendidikan seperti sekolahan dan universitas.

Situs website ini biasanya menampilkan identitas sekolah, visi-misi sekolah, informasi terbaru mengenai lembaga pendidikan yang bersangkutan dan mungkin juga blog tentang event sekolah.

Baca Juga: Tips Membuat Website Sekolah yang Sederhana Namun Berkelas

Namun saat ini fungsi website sekolah tidak hanya sebagai tempat menampilkan identitas sekolah saja, namun sudah melebihi hal itu. Pada website yang lebih advance, akan menampilkan sistem absensi, penilaian atau bahkan pembayaran seperti halnya website universitas.

Website pendidikan, Sumber: pexels.com
Website pendidikan, Sumber: pexels.com

9. Website Infopreneur

Pernahkah Anda mengikuti kelas tutorial secara online di masa pandemi tetapi melalui sebuah website yang disediakan oleh penyelenggara ? Website yang berisi kursus, tutorial, video atau ebook tersebut merupakan website infopreneur.

Seorang infopreneur membutuhkan situs web untuk membangun popularitas di dalam hal pendidikan non-formal. Mereka, melalui websitenya meyakinkan pengunjung bahwa mereka cukup tahu untuk membuat produk pendidikan mereka layak dibeli.

Biasanya usaha ini juga dilakukan dengan memproduksi platform aplikasi yang bisa dijalankan di smartphone.

Mereka paham bahwa jalur komunikasi melalui internet sebagian besar beralih dari perangkat besar seperti laptop atau komputer ke perangkat portabel seperti smartphone.

Infopreneur biasanya juga menyediakan konten gratis yang berharga meskipun dibagikan dengan cuma-cuma dan konten premium yang mereka jual.

Situs web infopreneur berfungsi sebagai lokasi sentral untuk pelathan atau tutorial dan juga upaya pemasaran melalui konten gratis mereka.

Website infopreneur, Sumber: pexels.com
Website infopreneur, Sumber: pexels.com

10. Website Portal

Website portal biasanya digunakan untuk internal perusahaan, organisasi, atau institusi. Mereka mengumpulkan informasi dalam format yang berbeda dari sumber yang berbeda ke satu tempat.

Tujuannya untuk membuat semua informasi yang relevan dapat diakses oleh orang-orang tertentu yang memang harus terlibat.

Portal website umumnya akan menggunakan pemrograman dan desain website yang lebih rumit dalam pembangunannya.

Karena itu biasanya perusahaan yang menangani pembuatan website ini adalah perusahaan tertentu dan tentu saja website seperti itu tidak perlu untuk terlacak di mesin pencarian.

Website portal, Sumber: pexels.com
Website portal, Sumber: pexels.com

11. Website Wiki atau Forum Komunitas

Wiki merupakan situs web di mana berbagai pengguna dapat berkolaborasi pada konten dan semuanya memiliki kemampuan untuk membuat penyesuaian dan perubahan sendiri sesuai keinginan mereka.

Contohnya adalah Wikipedia, setiap pengguna bisa melakukan perubahan informasi di dalamnya, meskipun nantinya ada moderator yang akan menertibkan.

Website wiki atau forum komunitas, Sumber: pexels.com
Website wiki atau forum komunitas, Sumber: pexels.com

Jenis Website yang Cocok untuk UMKM

Apapun jenis website yang Anda pilih, penting untuk memikirkan apa yang Anda inginkan dari pembuatan website tersebut. Salah satu hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum situs web Anda ditayangkan adalah tujuan pembuatan website.

Untuk usaha UMKM baik itu bisnis B2C ataupun B2B, website bisnis menjadi website yang kami rekomendasikan. Dengan landing page profesional, konversi akan mudah didapat. Hal positif lainnya adalah kami menyediakan jasa landing page berpengalaman.

Untuk lebih jelasnya mengenai jenis website seperti apa yang cocok dengan bisnis Anda, Anda bisa menghubungi Zeka Digital, penyedia jasa pembuatan website profesional dan jasa SEO yang berpengalaman menangani website dan mendampingi UMKM dalam berkembang.

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

WhatsApp Chat Konsultasi