Google Discover : Ketika Mesin Pencari Merekomendasikan Website Anda!

Beragam pengembangan dilakukan oleh raksasa mesin pencari yakni Google dalam memberikan pelayanan dan pengalaman pengguna yang prima. Terlebih lagi dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone, maka pengembangan dengan pendekatan mobil selalu dilakukan. Salah satunya adalah fitur Google Discover pada platform smartphone.

Dua platform besar sistem operasi smartphone, yakni Android yang juga dimiliki oleh Google dan iOS terpasang fitur Google Discover pada perangkat masing-masing vendor tersebut. Bisa dikatakan, selama sistem operasi tersebut menggunakan mesin pencari Google, maka bisa dipastikan otomatis terpasang Google Discover. Lalu apa itu Google Discover?

Apa Itu Google Discover?

Google Discover adalah fitur dari Google yang ada pada perangkat mobile yang berfungsi untuk membantu pengguna mendapatkan informasi yang relevan dengan cepat sesuai dengan minat yang disukai oleh pengguna yang bersangkutan.

Tampilan Google Discover yang sederhana menjadikan pengguna segera memperhatikan apa yang dimunculkan pada fitur Google Discover.

Cara masuk ke Google Discover juga cukup mudah. Untuk pengguna Android, Anda cukup menggeser layar smartphone Anda ke sisi kanan untuk menampilkan Google Discover.

Informasi yang akan ditampilkan pada fitur ini tentu akan relevan dengan minat pengguna karena pengambilan informasi berdasarkan query pencarian dari pengguna itu sendiri. Disinilah algoritma mesin pencarian bermain. Mereka akan memilih apa-apa yang pengguna sukai berdasarkan dengan history pencarian pengguna.

Apa Manfaat Google Discover untuk SEO?

Google Discover
google discover tampilan menarik. Sumber Antaranews

Tentu saja Google Discover sangat membantu baik bagi pengguna yang nantinya akan mencari informasi dan juga pemilik website. Pemilik website akan lebih terbantu dengan peluang kedatangan visitor yang lebih tinggi, sedangkan pengguna akan terbantu dengan ketersediaan informasi dengan cepat.

Bagaimana website yang tampil di fitur ini lebih berpeluang mendapatkan banyak visitor?

Dengan website yang tampil di fitur discover maka seolah-olah Google merekomendasikan pengguna untuk mencari informasi di website yang direkomendasikan tersebut.

Cara kerja Google Discover memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan cepat. Hal ini karena konten yang ada pada Google Discover tersebut muncul tanpa pengguna harus mengetikkan kata kunci pencarian tertentu.

Sistem pada Google akan melacak history pencarian pengguna untuk kemudian dijadikan acuan dalam pemilihan konten yang nantinya tampil di Google Discover. Dengan demikian maka apa yang ditampilkan oleh Google Discover cenderung relevan dengan masing-masing pengguna.

Bagaimana Cara Website Bisa Tampil di Google Discover?

Karena fitur ini sangat membantu dalam menarik banyak visitor, maka banyak pemilik website dan praktisi SEO berlomba-lomba mencari cara bagaimana website mereka bisa tampil di fitur Google Discover.

Sebenarnya cara yang dilakukan adalah dengan strategi SEO seperti biasa mereka lakukan. Tapi setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar website bisa tampil di Google Discover.

Rilis Konten Terbaik

Semua praktisi SEO atau siapa saja yang paham akan SEO pasti setuju bahwa konten terbaik adalah konten yang unik. Namun untuk mendapatkan posisi di Google Discover, keunikan konten tidaklah cukup. Anda dituntut untuk membuat konten yang lebih baik dari konten kompetitor Anda di dalam satu niche yang sama.

Bagaimana konten terbaik itu? Konten terbaik adalah konten yang memiliki nilai lebih di mata pengguna yang menyerap informasi yang Anda sajikan. Anda bisa menyajikan konten Anda lebih lengkap dari konten lainnya. Atau Anda bisa saja membuat konten yang lebih komunikatif jika dibandingkan dengan konten kompetitor.

Update Konten yang Up to Date

Melakukan update konten pada website bukan sekedar memberikan artikel yang mengusung tema yang belum pernah dibahas sebelumnya. Selain melakukan perencanaan dalam membangun artikel dengan melakukan riset terlebih dahulu, konten dengan pembahasan terbaru perlu di bidik dalam produksi konten Anda.

Cari pembahasan yang sedang hangat-hangatnya di niche website Anda. Langkah ini memang tepat karena mesin pencari pastinya merekam segala aktivitas penduduk dunia yang mengakses layanan mesin pencarian, sehingga sistem dalam mesin pencarian akan mengetahui, hal apa yang sedang trending di masa sekarang.

Sebagaimana fungsi dari Google Discover yang menyajikan atau menemukan informasi relevan kepada penggunanya dalam fitur instan, maka hal yang paling trending dan relevan tentu saja yang lebih berpeluang dalam urutan atas Google Discover.

Konten E-A-T

Ketika membahas mengenai E-A-T pada SEO, maka disinilah letak pentingnya penentuan niche website dengan jelas. Dengan mengusung niche yang tepat dan jelas, maka sebenarnya Anda akan lebih mudah dalam melakukan perencanaan dalam produksi konten. 

Anda akan mudah dalam menyusun kategori, menentukan target audiens hingga menentukan kata kunci yang akan disasar pada setiap artikel yang akan diproduksi.

Selain itu, website yang memiliki niche yang jelas akan memudahkan Anda dalam menerapkan konsep E-A-T pada konten artikel Anda. Konsep ini muncul pada Agustus 2018 pada saat perubahan algoritma Google. Google mendefinisikan E-A-T sebagai Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness.

1. Expertise atau keahlian

Menjadi penulis konten memang dituntut untuk serba tahu akan banyak hal. Dengan demikian ketika Anda mengelola website dengan niche tertentu, maka Anda perlu menampilkan konten Anda sebagai konten yang dibuat oleh orang yang ahli dalam hal tersebut.

Dengan fokus pada satu niche yang tepat, Anda bisa memproduksi konten tulisan yang fokus pada pembahasan niche yang bersangkutan hingga detail dan lengkap. Dengan demikian audiens melihat Anda sebagai orang yang ahli dalam niche tersebut dan merujuk pada konten Anda untuk mendapatkan informasi.

2. Authoritativeness atau otoritas

Konten yang bagus tentu akan mendapatkan banyak perhatian dari pembaca yang mencari informasi di dunia maya. Selain itu, mereka akan merekomendasikan website Anda kepada orang lain. Semakin banyak orang yang merekomendasikan website Anda maka website Anda semakin otoritatif.

Untuk mendapatkan predikat website yang otoritatif tidak mudah. Anda perlu membangun website dengan domain yang cukup berumur, konsisten memproduksi konten berkualitas dan mempromosikan konten Anda ke berbagai saluran.

3. Trustworthiness atau kepercayaan

Bagaimana audiens mempercayai konten yang Anda produksi hingga mereka merekomendasikan kepada yang lain? Jawabannya adalah, buatlah konten yang bisa dipercaya, yakni konten yang berdasarkan fakta atau riset sehingga ketika Audiens membaca konten tulisan Anda, mereka akan segera mengetahui bahwa apa yang Anda ulas pada tulisan tersebut adalah benar.

Optimalkan Visual Unggulan

Google Discover
Google-discover merupakan pengganti Google Feed. Sumber Gadgetous.com

Tampilan dari Google Discover adalah tampilan gambar beserta sedikit cuplikan tulisan. Jika dilihat secara sekilas maka yang paling dominan adalah tampilan gambar. Karena itu, penting untuk menggunakan gambar unggulan yang tepat dalam membuat konten website. 

Gambar yang tepat itu adalah:

  • Relevan dengan pembahasan konten
  • Gambar yang boleh digunakan dan Anda sudah memiliki hak atau ijin dalam penggunaan gambar.
  • Gambar harus jelas, berkualitas namun tidak memuat beban file yang besar sehingga tidak memakan waktu pemuatan yang lama.
  • Sesuai dengan format yang ditentukan seperti JPEG, GIF, WEBP dll.
  • Menggunakan alt tag, caption yang tepat.

Gunakan Web Story

Tahukah Anda bahwa saat ini fitur story atau cerita tidak hanya ada pada platform aplikasi media sosial saja? Ternyata saat ini Anda bisa memasang fitur story pada halaman website Anda sendiri.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk Anda yang menginginkan visibilitas website Anda di dunia pengguna perangkat mobile. Jika Anda menggunakan CMS WordPress, maka Anda akan dimudahkan dalam pembuatannya karena akan terbantu dengan pemasangan plugin. Untuk pembahasan ini mungkin akan diulas di artikel lainnya.

Optimalkan Tampilan Mobile

Berbicara mengenai Google Discover memang tidak bisa dipisahkan dengan perangkat mobile. Tujuan utama dalam pembuatan fitur Google Discover adalah untuk memberikan pelayanan dan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna yang menggunakan perangkat mobile dalam mengakses informasi digital.

Para pengembang website dan SEO tentu sudah memikirkan hal ini jauh hari sebelum fitur Google Discover di munculkan. Tren penggunaan perangkat mobile dalam mengakses internet memaksa para pengembang website untuk bekerja lebih keras dalam menyajikan konten mereka kepada pengguna mobile.

Salah satu yang diperlukan adalah penggunaan Google AMP, meskipun di saat ini halaman hasil mesin pencarian tidak lagi menyematkan tanda, mana website yang menggunakan AMP dan mana website yang tidak menggunakan AMP. Penggunaan AMP berpengaruh pada kecepatan pemuatan ketika website ditampilkan dalam versi mobile.

Kesimpulan

Website yang tampil di fitur Google Discover adalah website yang berkualitas dan terpercaya. Untuk mendapatkan predikat itu, tentu diperlukan effort yang optimal dari setiap praktisi SEO. Beberapa klien SEO dari perusahaan kami websitenya masuk ke Google Discover. Ini artinya SEO Anak Sholeh mengerjakan proyek SEO nya dengan optimal dan serius. Kami menunggu kedatangan Anda!

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Merupakan salah satu penyedia jasa digital marketing. Kami melayani untuk produk/layanan/jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Pusat Informasi

Blog

Layanan Kami

FAQ

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
pageone@seoanaksholeh.com

Chat Konsultasi