Pemasaran Online Menggunakan Email: Teknik Promosi yang Menguntungkan

Photo of author

Ditulis oleh Andrian Permana

As a lecturer, researcher, trainer and also someone who likes to write

Di tengah populernya teknik pemasaran melalui media sosial, ada satu teknik pemasaran secara online dengan tingkat ROI (Return on Investment) yang tinggi dibandingkan dengan social media marketing, yaitu email marketing atau pemasaran online menggunakan email.

Bisa dikatakan, dalam dunia internet marketing, memanfaatkan email list untuk pemasaran adalah salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Pasalnya, penawaran Anda bisa langsung masuk ke inbox email calon pelanggan dan dibaca oleh mereka.

Selain itu, email marketing dianggap lebih efektif karena pemasaran dengan cara ini dapat menjangkau calon pelanggan yang potensial. Ditambah lagi, biasanya, penjualan dengan menggunakan media email konversinya sangat baik.

Dapat dikatakan, email adalah tool atau alat bantu nomor satu yang digunakan oleh para marketer kelas dunia untuk meningkatkan traffic website. Juga, email dapat melipatgandakan penjualan dari website mereka.

Mengenal Email Marketing

Mengenal email marketing, Sumber: searchenginejournal.com
Mengenal email marketing, Sumber: searchenginejournal.com

Email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online dengan memanfaatkan media email. Nantinya, email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk dan yang sudah menjadi pelanggan.

Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email newsletter.

Dengan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan atau calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka waktu panjang.

Fakta Menarik Pemasaran Online Menggunakan Email

Fakta email marketing, Sumber: pngio.com
Fakta email marketing, Sumber: pngio.com

Inilah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui mengenai pemasaran online dengan menggunakan email atau email marketing:

Fakta #1 : Menurut ExactTarget, 91% konsumen mengecek dan menggunakan email setidaknya sekali sehari melalui smartphone. Hal ini menjadikan email termasuk aplikasi yang paling banyak digunakan dibandingkan yang lainnya.

Fakta #2 : Menurut McKinsey & Company, konversi email tiga kali lebih besar dibandingkan media sosial, dengan value 17% lebih besar.

Fakta #3 : Menurut Convince and Convert, 44% konsumen membuat setidaknya satu kali aktivitas belanja dari informasi yang diperoleh melalui email dalam rentang waktu setahun.

Fakta #4 : Menurut Gigaom Research, marketer secara konsisten menempatkan email marketing sebagai taktik paling efektif untuk melakukan pengenalan produk, pendekatan, penjualan dan repeat order dari konsumen.

Studi lain menyebutkan bahwa ROI (Return on Investment) yang diperoleh dari email marketing bisa mencapai 40 kali lipat dari modal yang Anda keluarkan. Oleh sebab itu, segeralah membangun database email list Anda dan mulai pemasaran bisnis yang lebih efektif.

Tipe Email Marketing

Tipe email marketing, Sumber: searchenginejournal.com
Tipe email marketing, Sumber: searchenginejournal.com

Ada beberapa tipe email marketing yang dilakukan oleh para pengusaha online, di antaranya adalah retention email, direct email, dan beriklan di email orang lain. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Retention Email

Retention email, Sumber: pexels.com
Retention email, Sumber: pexels.com

Retention email adalah email yang dikirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis Anda. Jenis email marketing ini sangat krusial bagi semua jenis bisnis.

Isi pesan retention email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan. Ini juga menjadi salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk Anda ke pelanggan.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik. Bagi para pengusaha yang memasarkan produk atau jasa secara online dan ingin terus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, maka harus mengirimkan email secara teratur kepada para pelanggan dan subscriber.

Retention email tidak harus berisi pesan promosi, ada baiknya diselingi dengan tips dan informasi berharga yang memang penting untuk diketahui oleh para pelanggan.

Pelanggan yang senang dengan isi email Anda akan terus loyal sehingga akan menumbuhkan bisnis Anda terus menerus. Tentunya, hal ini sangat penting bagi semua pengusaha, terutama mereka yang punya bisnis di market yang kompetitif.

2. Direct Email

Direct email, Sumber: zekadigital.com
Direct email, Sumber: zekadigital.com

Direct email adalah pesan yang Anda kirim ke list email pelanggan di mana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau promosi. Pesan dalam direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.

Cukup banyak pebisnis online yang keliru dalam memanfaatkan direct email kepada pelanggan mereka dengan mengirim pesan penawaran/promosi dengan bertubi-tubi. Hal semacam ini nantinya akan membuat pesan promosi yang dikirim dianggap berisi spam.

Pendekatan yang salah dengan spamming kepada pelanggan atau calon pelanggan bisa berakibat buruk. Misalnya, pelanggan lama atau calon pelanggan akan menghapus alamat email kita dari daftar White List mereka atau Unsubscribe.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing, Seperti Apa?

3. Beriklan di Email Orang Lain

Beriklan di email orang lain, Sumber: pexels.com
Beriklan di email orang lain, Sumber: pexels.com

Ini adalah salah satu bentuk marketing yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi Anda yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, Anda bisa memanfaatkan email list dari publisher lain.

Umumnya, cara ini dilakukan dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau mengirimkan email kepada list mereka. Nah, nantinya, di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis Anda.

Cukup banyak pemilik produk yang berhasil memasarkan produk mereka dengan cara seperti ini. Mereka yang memiliki email list yang cukup banyak biasanya akan bersedia memasarkan produk orang lain untuk mendapatkan keuntungan, baik itu dengan cara affiliasi ataupun dengan cara lain.

Keuntungan Pemasaran Online Menggunakan Email

Keuntungan pemasaran online dengan email, Sumber: pexels.com
Keuntungan pemasaran online dengan email, Sumber: pexels.com

Beberapa keuntungan email marketing sudah disebutkan sebelumnya. Untuk melengkapinya, berikut ini beberapa keuntungan email marketing bagi bisnis online Anda.

1. Informasi Terkirim Lebih Cepat

Informasi terkirim lebih cepat, Sumber: depositphotos.com
Informasi terkirim lebih cepat, Sumber: depositphotos.com

Mengirimkan pesan promosi atau penawaran melalui media surat pos biasanya jauh lebih lama dibandingkan dengan email. Ditambah lagi, Anda juga harus menunggu respon pelanggan melalui surat yang dikirimkan melalui pos, pasti akan memakan waktu lama dan tidak efektif.

Dengan email marketing, Anda bisa menjangkau para pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka. Oleh karenanya, hasilnya pun akan Anda dapatkan relatif lebih cepat.

2. Promosi Dapat Diukur

Promosi dapat diukur, Sumber: pexels.com
Promosi dapat diukur, Sumber: pexels.com

Promosi yang Anda lakukan melalui email marketing dapat Anda ukur dengan baik. Hal ini karena Anda dapat melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan analisis lebih baik terhadap promosi yang dilakukan. Apabila ternyata hasil yang didapatkan belum sesuai target, maka Anda bisa segera melakukan perubahan pada promosi saat diperlukan.

3. Bersifat Pribadi

Promosi lebih private, Sumber: pexels.com
Promosi lebih private, Sumber: pexels.com

Email marketing yang bersifat pribadi biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para pelanggan atau calon pelanggan. Saat pelanggan atau calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari Anda, maka akan jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui email yang Anda kirimkan.

Tidak hanya itu, secara psikologis, dengan mendapatkan email khusus, seseorang akan merasa bahwa dirinya spesial. Hal inilah yang secara tidak langsung juga memberikan pengaruh baik dari upaya promosi yang Anda lakukan.

4. Biaya Jauh Lebih Murah

Biaya promosi lebih terjangkau, Sumber: pexels.com
Biaya promosi lebih terjangkau, Sumber: pexels.com

Memang, Anda membutuhkan layanan dari penyedia email responder. Namun, biaya ini akan jauh lebih murah dan efektif dibandingkan jika Anda menggunakan surat fisik.

Tingkat responsive direct mail juga biasanya lebih tinggi. Itulah sebabnya mengapa email marketing sangat menguntungkan. Dengan biaya pemasaran yang lebih terjangkau, tentu saja manajemen budget bisnis bisa Anda atur dengan lebih baik.

Baca Juga: Menghitung Besaran Biaya Marketing, Ini Caranya!

5. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Membangun hubungan baik dengan pelanggan, Sumber: pexels.com
Membangun hubungan baik dengan pelanggan, Sumber: pexels.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa dengan menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan melalui email marketing. Email yang Anda kirimkan bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan lain-lain dengan cara yang lebih mudah.

Demikianlah ulasan mengenai pemasaran online menggunakan email yang merupakan teknik pemasaran online yang menguntungkan bagi bisnis Anda. Melihat begitu banyaknya keuntungan yang bisa Anda dapatkan, manfaatkan strategi dengan maksimal.

Nah, untuk menunjang promosi menggunakan email marketing, tentu Anda juga harus memiliki website yang profesional. Dengan website profesional yang Anda miliki, pelanggan yang tertarik akan berkunjung ke laman website Anda dan mendapatkan sambutan yang istimewa.

Terkait website profesional untuk bisnis, Zeka Digital menyediakan layanan pembuatan website yang bisa diandalkan. Memiliki tim yang berpengalaman, kami siap membuatkan website penunjang bisnis untuk membangun brand awareness bisnis Anda.

Tertarik dengan layanan kami?

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi