Pentingnya Optimasi Website Pada Kemajuan Bisnis

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Pada era digital sekarang ini, istilah optimasi website sudah terasa tidak asing. Namun, dalam kaitan membangun website, tidak semua orang melakukan optimasi website. Padahal, langkah optimasi cuukup penting terutama untuk website yang digunakan sebagai platform bisnis.

Bisa dikatakan bahwa saat ini, website banyak diaplikasikan dalam bisnis. Berbekal halaman yang telah dibuat dengan semenarik mungkin tersebut diharapkan agar klien tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa Anda.

Mengapa Website Penting untuk Bisnis?

Pentingnya website untuk bisnis, Sumber: pexels.com
Pentingnya website untuk bisnis, Sumber: pexels.com

Mungkin bisnis Anda telah berjalan dengan baik tanpa website. Akan tetapi di jaman industri digital yang telah maju ini segala sesuatu bisa berubah dengan cepat. Termasuk tren masyarakat bisa berubah tanpa Anda prediksi sebelumnya.

Gulung tikarnya beberapa outlet penjualan retail menunjukkan bukti nyata bahwa perdagangan dan jual beli telah bergeser dari dunia nyata ke dunia maya. Ada beberapa alasan mengapa ketika Anda membangun sebuah usaha atau bisnis memerlukan website sebagai penunjang bisnis.

Adapun beberapa alasan tersebut diantaranya:

1. Lepas dari Ketergantungan pada Marketplace

Lepas dari ketergantungan pada marketplace, Sumber: pexels.com
Lepas dari ketergantungan pada marketplace, Sumber: pexels.com

Tidak bisa dibantah lagi bahwa marketplace di Indonesia sangat berkembang pesat. Tetapi, ada poin yang belum banyak diketahui tentang marketplace yaitu ketika usaha Anda atau penjualan Anda laku keras di marketplace artinya usaha yang Anda jalankan pada hakekatnya ada di tangan marketplace.

Bagaimana tidak, ribuan klien yang telah membeli barang dari Anda pada akhirnya kontak dan database pelanggan di pegang oleh marketplace.

Inovasi pada produk atau jasa yang akan Anda tawarkan sepertinya juga akan percuma. Karena konten yang bisa Anda tawarkan pada marketplace juga terbatas. Belum lagi ketika Anda bersaing dengan produk produk yang dari luar negeri. Tentu keadaan menjadi lebih berat.

Untuk itulah dengan membuat website Anda membuat ‘marketplace’ Anda sendiri. Dan bisa melakukan pengaturan agar brand Anda terkenal atau menguasai secara lokal di mesin pencari.

2. Pergeseran Tren Kecendrungan Manusia dengan Internet

Internet kini dibutuhkan dalam berbagai hal, Sumber: pexels.com
Internet kini dibutuhkan dalam berbagai hal, Sumber: pexels.com

Internet yang telah lama masuk ke Indonesia menjadikan Internet sebagai kebutuhan masyarakat Indonesia yang perlu dipenuhi. Anda lihat saja generasi muda di Indonesia yang rata-rata senantiasa memegang gawai dimanapun mereka berada.

Dengan fenomena seperti ini tentu saja menjadi peluang yang bagus bagi pelaku bisnis yang memperkenalkan bisnisnya di internet. Ditambah lagi kecenderungan untuk melakukan transaksi bisnis (jual-beli) melalui dunia maya semakin tinggi.

Kedua hal di atas adalah kondisi saat ini dan pola perilaku konsumen yag baru. Oleh karenanya, sangat tepat jika bisnis Anda dikembangkan dan ekspansi melalui medan dunia maya.

3. Persaingan Bisnis Semakin Ketat

Persaingan bisnis semakin ketat, Sumber: blog.kartunama.net
Persaingan bisnis semakin ketat, Sumber: blog.kartunama.net

Dalam usaha bisnis tentu Anda tidak sendiri. Ada banyak sekali kompetitor yang senantiasa membayangi langkah Anda. Untuk itulah diperlukan inovasi yang dapat mendongkrak kepercayaan klien baru kepada bisnis Anda.

Salah satu usaha untuk mendapatkan klien baru adalah dari membuat website dan optimalisasi agar dapat mudah dicari dan dijangkau klien Anda.

Jika Anda selalu berkompetisi di dunia nyata dalam meraih kepercayaan klien sebanyak-banyaknya bisa jadi ketika Anda masuk pada dunia marketing internet Anda tidak akan menemui kompetitor atau Anda bisa bergerak tanpa menjadikan bisnis lainnya kompetitor. Kok bisa?

Misal saja, Anda memiliki usaha persewaan alat musik maka secara nyata usaha persewaan alat musik lainnya adalah kompetitor Anda. Akan tetapi ketika Anda melakukan ekspansi di dunia maya, Anda bisa melakukan riset dan penelitian kata kunci apa yang tepat untuk bisnis Anda.

Ketika ada jasa persewaan alat musik lain yang telah lebih dahulu masuk ke dunia internet Anda bisa menyelidiki kata kunci apa yang mereka pakai. Ketika mereka menggunakan kata kunci ‘sewa alat musik Jogja’ misalnya, maka Anda bisa fokus pada kata kunci ‘rental alat musik Jogja’.

Skema seperti ini bisa Anda pakai dengan harapan memperkecil kompetitor di dunia maya. Dengan demikian, bisnis Anda pun nantinya cenderung lebih mudah memenangkan persaingan.

Baca Juga: Strategi Mengembangkan Bisnis untuk Memenangkan Persaingan

Apa itu Optimasi Website?

Mengenal optimasi website,Sumber: zekadigital.com
Mengenal optimasi website,Sumber: zekadigital.com

Secara garis besar istilah optimasi website adalah segala upaya yang dilakukan untuk merubah website. Tujuan utamanya adalah agar memperoleh peringkat yang lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencarian (SERP).

Semakin cocok dan relevan isi dari website dengan kata kunci pencarian maka semakin besar peluang website untuk memiliki peringkat lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencarian.

Optimasi website memiliki banyak tujuan. Namun sebagian besar pemilik website yang di optimasi menggunakannya untuk menarik lebih banyak pelanggan. Akan tetapi, sebenarnya fungsi optimasi lebih luas lagi. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan website Anda optimal.

Optimasi Website dengan SEO

Optimasi website dengan SEO, unsplash.com
Optimasi website dengan SEO, unsplash.com

Banyak hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya peringkat website Anda pada halaman hasil mesin pencari. Beberapa diantaranya adalah konten website, kecepatan pemuatan website ketika diakses, backlink yang berkualitas, relevansi konten dengan kata kunci, pemilihan kata kunci dan lain sebagainya.

Terkait optimasi website dengan SEO, ada setidanya dua strategi SEO yang bisa diaplikasikan. Beberapa diantaranya adalah:

1. SEO on Page

SEO on page, Sumber: zekadigital.com
SEO on page, Sumber: zekadigital.com

Bagian ini adalah bagian aktivitas optimasi yang berkaitan dengan konten, struktur dan mungkin tampilan website secara langsung. Ini mengacu pada konten yang terlihat dan juga kode HTML yang ada di latar belakang.

Untuk konten website di setiap bagiannya perlu di optimasi. Hal ini meliputi:

  • Judul dan sub judul dari konten
  • Permalink
  • Gambar atau video yang teroptimasi
  • Penggunaan kata kunci
  • Relevansi dan panjang konten
  • Desain tampilan
  • Internal dan eksternal link

2. SEO off Page

SEO off page, Sumber: zekadigital.com
SEO off page, Sumber: zekadigital.com

Optimasi dengan SEO off page adalah upaya optimasi yang di lakukan di luar website yang di optimasi. Langkah ini harus dilakukan untuk mendukung upaya SEO on page yang telah di lakukan.

Meskipun upaya ini tidak menggunakan website yang di optimasi secara langsung, namun kekuatan untuk menentukan posisi SERP dengan SEO off page disinyalir mencapai 50%.

SEO off page berkaitan dengan kredibilitas website dari luar. Inilah SEO off page yang menunjang kekuatan website di mata mesin pencarian :

  • Keberadaan backlink berkualitas
  • Pastikan website berisi konten yang benar dan ‘berwibawa’.
  • Penggunaan strategi local SEO
  • Branding media sosial

Baca Juga: SEO pada E-Commerce, Bagaimana Menerapannya?

Bisakah Optimasi Website Sendiri?

Optimasi website sendiri, Sumber: pexels.com
Optimasi website sendiri, Sumber: pexels.com

Langkah optimasi website harus dilakukan secara bertahap. Artinya, Anda akan membutuhkan banyak waktu mulai dari pembangun website dari awal sampai website bisa tampil di halaman awal mesin pencarian.

Jika Anda memiliki dan menjalankan bisnis, maka Anda akan mengalami banyak kesulitan jika akan melakukan optimasi website sendiri.

Selain itu, Google akan senantiasa memperbarui aturan main yang ada di dalam algoritma mesin pencariannya. Karena itu, seseorang yang melakukan optimasi website di tuntut untuk selalu mempelajari hal tersebut. Proses ini tentunya akan menyita waktu dan pikiran Anda.

Bagaimana Anda bisa menjalankan optimasi sembari menjalankan bisnis?

Langkah terbaik memang menggunakan jasa layanan SEO profesional. Jika Anda menganggap jasa optimasi adalah jasa yang mahal, mungkin Anda belum mengetahui proses optimasi website sebenarnya. Anda bisa menggunakan jasa SEO bulanan untuk meringankan pengeluaran biaya optimasi.

Mengapa Optimasi Website Penting?

Ketika peringkat website Anda pada halaman hasil mesin pencarian tinggi maka akan ada pengaruhnya pada bisnis Anda yang Anda kenalkan di dunia maya.

1. Kunjungan pada Website Meningkat

Kunjungan website yang meningkat, Sumber: pexels.com
Kunjungan website yang meningkat, Sumber: pexels.com

Semakin tinggi peringkat maka kunjungan para peselancar dunia maya pada website Anda juga semakin banyak. Tentu saja para pencari informasi di dunia maya melalui mesin pencari rata-rata mengambil informasi dari hasil pencarian yang disajikan paling depan (halaman pertama).

Dan fungsi dari optimasi website adalah mengupayakan agar website Anda yang merupakan kantor virtual Anda ada pada halaman pertama. Terkait bisnis, visibilitas bisnis pun nantinya akan meningkat signifikan.

2. Peluang Terjadi Konversi

Peluang terjadi konversi, Sumber: pexels.com
Peluang terjadi konversi, Sumber: pexels.com

Semakin banyak pengunjung website Anda yang datang dan berinteraksi dengan situs maka semakin besar peluang untuk mendapatkan konversi atau penjualan. Meskipun mungkin semua pengunjung tidak melakukan pembelian melalui situs Anda, namun setidaknya mereka mengetahui bisnis Anda dan mungkin akan kembali lagi di lain kesempatan.

3. Brand Anda Semakin Dikenal

Brand semakin dikenal, Sumber: pexels.com
Brand semakin dikenal, Sumber: pexels.com

Mengapa merk air mineral A lebih dikenal daripada air mineral lain? Karena merk air mineral A lebih banyak tersebar di warung kelontong, toko dan supermarket daripada merk lainnya.

Analogi tersebut bisa Anda samakan dengan website pada dunia internet. Jika Anda menyebar alamat website Anda ke berbagai penjuru maka ketika orang melakukan pencarian di mesin pencari yang akan keluar adalah website Anda. Akan tetapi pengerjaannya tak sesederhana itu. Ada trik khusus yang harus dilakukan.

4. Menambah Kepercayaan Klien

Kepercayaan klien meningkat, Sumber: pexels.com
Kepercayaan klien meningkat, Sumber: pexels.com

Dengan banyaknya orang yang merupakan calon klien mengakses website Anda maka mereka sebagian juga akan menghubungi Anda sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Dan di situlah fungsi marketing bagi perusahaan Anda.

Anda bisa memaksimalkan marketing pada konten website Anda dan marketing secara langsung ketika klien menghubungi Anda. Nantinya, potensi keuntungan yang didapatkan pun juga akan meningkat.

Seiring pentingnya optimasi website, terutama untuk pemasaran bisnis, tentu Anda harus melakukannya secara profesional dan terkonsep. Nah, Zeka Digital memiliki layanan optimasi website yang bisa Anda jadikan opsi memaksimalkan manajemen bisnis.

Zeka Digital yang merupakan jasa SEO Jogja yang berpengalaman. Dengan tim berkompeten di bidangnya, Anda akan mendapatkan hasil maksimal untuk upaya optimasi website bisnis yang Anda inginkan.

Tertarik untuk menggunakan jasa optimasi website kami?

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Chat Konsultasi