Mengenal Apa Itu WordPress dan Penjelasan Lengkapnya

Photo of author

Ditulis oleh Ahmad Muzakki

Setelah kemarin sudah membahas tentang cara instal wordpress dan cara menggunakan wordpress, sepertinya masih ada beberapa yang belum memahaminya.

Maka dari itu, pada artikel kali ini kita akan membahas lengkap mengenai apa itu wordpress dan apa yang bisa dilakukan? Mari simak berikut.

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah media membuat website atau blog yang paling mudah dan yang paling populer. Menurut data yang ada pada website w3techs.com, terhitung pada Juli 2019 CMS ini digunakan oleh 34,2% dari seluruh pengguna website di dunia.

Angka ini tentu merupakan angka yang cukup besar, karena sekarang ini sudah semakin banyak penyedia pembuat website.

Menurut data tersebut juga, CMS yang satu ini memperoleh angka pengguna 61% jika dibandingkan dengan CMS lainnya. Lebih dari setengah dari total pengguna CMS yang beredar di internet.

Wordpress adalah CMS yang paling populer, Sumber: webflow.com
WordPress adalah CMS yang paling populer, Sumber: webflow.com

Jika Anda belum tahu tentang CMS, CMS (Content Management System), lebih gampangnya adalah sebuah media yang bisa Anda gunakan untuk membuat website tanpa mengetahui tentang coding atau bahasa pemrograman web lainnya.

Pada awalnya wordpress adalah media yang terbentuk karena software blog pada saat itu yang bernama b2/cafelog tidak dilanjutkan oleh penyedianya.

Kemudian pada tahun 2003 dua pengguna b2/cafelog tersebut yang bernama Matt Mullenweg dan Mike Little memutuskan untuk membuat paltform baru yang bernama wordpress untuk mengatasi berhentinya b2/cafelog.

Lalu pada 27 Mei 2003, mereka merilis wordpress versi pertama yang ternyata diterima baik oleh orang-orang. Versi pertama ini merupakan berbasis b2/cafelog yang ditambahkan beberapa tambahan.

Versi pertama ini juga sudah menampilkan halaman admin, template baru, dan penyesuaian XHTML 1.1. Yang kemudian terus berkembang hingga saat ini.

Baca Juga: Beginilah Cara Mudah Restore WordPress Secara Manual

Kegunaan WordPress

Awalnya wordpress adalah solusi yang mereka berdua buat untuk mengatasi berhentinya b2/cafelog yang fokus untuk menulis blog saja.

Akan tetapi ternyata perjalanan perkembangan wordpress membuat CMS ini menjadi multifungsi yang bisa dipakai untuk berbagai macam hal.

Dan karena kemajuan teknologi dan informasi yang memaksa untuk mengalihkan semuanya dari bisnis hingga komunikasi, membuat wordpress juga berkembang untuk memenuhi hal tersebut. Oke langsung saja kita bahas tentang kegunaan CMS ini.

Web Blog

Berdasarkan sejarah wordpress yang sudah dibahas di atas tadi, kita tahu bahwa fungsi utama dari CMS ini adalah untuk melakukan kegiatan blogging.

Dan dari berbagai macam kegunaan CMS ini, pengguna paling banyak untuk melakukannya untuk blogging dibandingkan dengan kegunaan yang lainnya.

CMS tipe ini sudah menyediakan fitur blog yang bisa langsung Anda gunakan. Namun jika Anda ingin lebih meningkatkan fungsi blog ini, Anda bisa menggunakan plugin-plugin yang sudah tersedia di wordpress. Dengan begitu Anda bisa memaksimalkan tullisan yang dibuat.

Web Portofolio

Bagi Anda seorang seniman, photografer, freelancer, musisi, atau yang lainnya, Anda bisa memanfaatkan CMS ini untuk mempublikasikan portofolio Anda. Dengan menempatkan hasil kerja atau bakat Anda pada web tersebut.

Dengan begitu akan banyak orang yang bisa melihat kemampuan dan kerja Anda yang kemudian membuat profil Anda meningkat. Anda bisa memakai tema web yang sudah tersedia pada CMS ini untuk menambah tampilan website Anda semakin bagus.

Kegunaan wordpress, Sumber: zekadigitl.com
Kegunaan wordpress, Sumber: zekadigitl.com

Web Company Profile

Sekarang tingkat haus akan informasi yang dibutuhkan di internet sudah besar sekali. Tidak terkecuali dengan para perusahaan yang juga ingin mempublikasikan bisnis mereka ke internet agar lebih terkenal dan meningkatkan pendapatan.

Web company profile akan memuat tentang detail usaha yang dijalankan oleh perusahaan tersebut dan nantinya akan dikenal oleh pelanggannya.

Company profile juga bisa membuat perusahaan menjadi lebih efisien untuk menawarkan promosi ataupun diskon yang menarik para pelanggannya.

Web Toko Online

Berbagai hal sudah dikaitkan dengan teknologi dan informasi, tidak terkecuali juga dengan toko. Toko yang dulunya hanya menjual di sebuah tempat, maka sekarang sudah muncul tentang toko online yang memudahkan menjual berbagai macam barang secara gratis lewat internet.

Untuk itu Anda juga bisa menggunakan CMS tipe ini untuk membuat website toko online Anda sendiri.

Anda tinggal memasang plugin penjualan, contohnya seperti plugin WooCommerce atau bisa menggunakan plugin lainnya yang serupa. Dengan begitu Anda sudah bisa memasarkan barang ke website Anda.

Web Booking Online

Selain dari web penjualan toko online, Anda juga bisa membuat website untuk melakukan booking atau pemesanan. Tentu hal ini bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda, misalnya seperti hotel atau penginapan yang melayani pemesanan secara online.

Cara membuatnya adalah dengan memasang plugin untuk bisa melakukan booking. Ada banyak plugin booking yang sudah tersedia di CMS ini, Anda tinggal memilihnya saja sesuai dengan yang Anda pahami.

Jenis WordPress

Jika Anda mencari kata wordpress di Google, pasti Anda akan menemukan ada dua website yang bernama sama, wordpress.org dan wordpress.com. Lalu manakah yang harus dipilih? Oke pada bagian ini akan kami jelaskan mengenai perbedaan dari kedua website tersebut.

WordPress.org

Berikut penjelasan untuk wordpress.org:

Harga

Pada website ini Anda hanya akan mendapatkan aplikasi untuk membuat website wordpress dengan gratis.

Namun Anda harus menyediakan tempat hosting untuk membuat website wordpress ini yang tentunya tempat hosting ini akan memakan biaya tergantung pada penyedia layanan hosting.

Kemampuan

Kemampuan dari CMS ini bisa dibilang full versi, Anda bisa bebas menambahkan plugin atau tema sesuai dengan keinginan Anda yang nantinya akan digunakan untuk website Anda.

Namun Anda harus menyesuaikan dengan kapasitas hosting yang Anda pakai, jangan sampai melebihi kapasitas dan akhirnya berakibat fatal.

Domain

Anda harus mempunyai domain Anda sendiri yang bisa Anda beli atau dapatkan dari penyedia domain dan hosting. Biasanya penyedia tersebut sudah satu paket antara domain dengan hosting.

Layanan Perbaikan

Perbaikan ataupun pembaruan website wordpress akan Anda tanggung sendiri dan dikomunikasikan ke penyedia layanan domain dan hosting. Sehingga Anda atur sendiri dan tanggung sendiri jika melakukan kesalahan atau adanya kesalahan.

Jenis wordpress, Sumber: zekadigital.com
Jenis wordpress, Sumber: zekadigital.com

WordPress.com

Sedangkan untuk wordpress.com begini penjelasannya:

Harga

Pada website ini Anda bisa memakainya gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Namun ada banyak batasan-batasan yang membuat Anda tidak leluasa untuk membuat website sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kemampuan

Pada website ini Anda hanya akan menggunakannya untuk keperluan blogging saja, tidak lebih dari itu. Pilihan tema website juga terbatas, Anda tidak bisa bebas menambahkan sendiri pada web ini.

Selain itu Anda juga tidak bisa menambah plugin yang bisa meningkatkan kemampuan website Anda. Kapasitas memori yang boleh digunakan juga terbatas. Semua serba terbatas pada website ini.

Namun Anda bisa menghilangkan batas-batas tersebut dengan membayar pada website wordpress.com. Dengan begitu Anda bisa melakukan penambahan plugin, tema, dan hal-hal lainnya yang tidak tersedia untuk versi gratis.

Domain

Jika Anda memakai website ini, Anda akan mendapatkan berupa subdomain dari website ini. Contohnya : domainanda.wordpress.com. Anda bisa mendapatkan domain sendiri dengan membeli domain melalui wordpress maupun penyedia domain lainnya.

Layanan Perbaikan

Layanan Perbaikan akan sepenuhnya ditanggung oleh pihak wordpress, mulai dari perbaikan bugs, SSL, mainteins server, dan yang lainnya. Anda tinggal menikmati saja fasilitas yang disediakan.

Baca Juga: Tools Terbaik untuk Melihat Pengunjung Website

Kesimpulan

WordPress adalah CMS yang bisa Anda gunakan untuk membuat website Anda sendiri dengan mudah tanpa mengetahui tentang bahasa pemrograman web apapun.

Dengan banyaknya pengguna wordpress diluar sana membuat kepercayaan sendiri kepada CMS ini tentang tingkat kemampuannya yang banyak.

Berbagai macam tipe website juga bisa Anda buat dengan CMS ini, sehingga Anda tidak perlu membutuhkan banyak website untuk dapat membuat website.

Anda cukup membuat satu website wordpress yang bisa melakukan banyak hal yang Anda perlukan untuk menaikan profil Anda ataupun untuk meningkatkan bisnis Anda.

Meski banyak hal yang bisa dilakukan oleh wordprpess. Namun dalam penggunaannya tidak 100% gratis dalam menjalankannya.

Anda perlu untuk menyediakan domain dan hosting atau Anda menikmati fasilitas gratis namun dengan kemampuan yang terbatas. Semuanya sesuai dengan kebutuhan Anda membuat website.

Jika Anda bingung dalam membuat website yang diinginkan, Anda bisa memakai jasa seo Jogja dari Zeka Digital untuk memudahkan dalam membuat website. Sudah banyak website yang telah kami tangani dalam pengelolaan website.

Selain itu Anda juga bisa mengoptimasikan website untuk muncul pada halaman satu pada pencarian Google. Demikian dari kami, semoga menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi