Rekomendasi Platform Bikin Aplikasi Android Tanpa Coding, Cocok untuk Bisnis!

Photo of author

Ditulis oleh Dafiq Fauzul

Gaya hidup mobile bukan hanya menjadi tren di zaman sekarang, tapi sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang selalu berkembang setiap waktu. Hal ini terlihat dari penggunaan smartphone yang terus mengalami peningkatan jumlah pengguna dari tahun ke tahun.

Tak mengherankan aplikasi Android menjadi kebutuhan penting yang harus terus diikuti termasuk dalam mengembangkan bisnis. Para pemilik bisnis dituntut untuk memiliki aplikasi Android untuk menggaet pasar yang lebih luas lagi.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa platform yang bisa diandalkan terkait pembuatan aplikasi Android penunjang bisnis. Penasaran?

Kenapa Aplikasi Android Penting untuk Bisnis?

Perkembangan teknologi menuntut banyak sektor untuk terus melakukan penyesuaian diri agar dapat tumbuh dengan baik. Tidak terkecuali pada sektor bisnis.

Upaya digitalisasi perlu terus dilakukan dengan memanfaatkan berbagai kecanggihan untuk mendukung input, proses sampai dengan output sebuah produk. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Android sebagai pendukung.

Ada beberapa alasan kenapa aplikasi Android penting, diantaranya:

1. Penunjang Pemasaran atau Market

Memiliki aplikasi mobile dalam berbisnis bisa memperluas pemasaran dan target market itu sendiri. Di era teknologi sekarang, sebagian besar masyarakat menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan internet dalam beraktivitas. Yang terpenting yaitu memperluas pemasaran.

Dan seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan smartphone mereka, selain untuk mencari hiburan, juga menggunakannya untuk menjalankan bisnis. Oleh sebab itu, dengan kita memiliki aplikasi sendiri, bisnis kita dapat dijangkau oleh khalayak luas.

Terlebih, jika aplikasi kita sudah masuk di Playstore. Tentu, kita bisa menjangkau banyak pelanggan dengan mudah.

2. Memudahkan Komunikasi

Ragam aplikasi android semakin memudahkan komunikasi. Sumber : unsplash.com
Ragam aplikasi android semakin memudahkan komunikasi. Sumber : unsplash.com

Dengan memiliki aplikasi sendiri, kita mudah untuk menyampaikan informasi, kita juga mudah berkomunikasi dengan customer. Aplikasi mobile juga membantu mobile marketer untuk menjalin dialog langsung.

Terlebih jika customer ingin menanyakan produk atau meminta bantuan. Ada beberapa opsi melalui fitur chat, instan dan interaktif dengan pengguna, mengetahui perilaku konsumen, dan eningkatkan pelayanan. Hal ini juga meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan customer terhadap produk kita.

3. Saluran Pemasaran Langsung

Dengan aplikasi mobile untuk usaha atau bisnis, kita bisa melakukan pemasaran secara langsung. Ragam informasi produk, harga, pemesanan, news feed, semuanya bisa langsung disampaikan melalui aplikasi kita melalui fitur push notifikasi yang masuk ke layar ponsel.

Hal ini tentu bisa sangat menunjang sosial marketing pada sebuah bisnis. Akan tetapi, membuat aplikasi Android juga memakan biaya yang cukup besar meliputi biaya server, teknisi dan biaya-biaya pengembangan lainnya.

Inilah alasan banyak orang juga para pelaku bisnis enggan untuk memperlebar sayapnya di industri mobile. Padahal, aplikasi toko online untuk Android dapat menjadi potensi untuk menjaring calon pelanggan untuk membeli produk yang dijual.

Baca Juga: Simak Strategi Komunikasi Pemasaran Paling Efektif Penunjang Bisnis!

Rekomendasi Platform Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Berbincang tentang platform yang bisa diandalkan untuk membuat aplikasi Android tanpa coding, ada cukup banyak opsi tersedia yang bisa dijadikan pilihan. Tentu, masing-masing platform memiliki fitur tersendiri yang bisa dimaksimalkan.

Nah, untuk pertimbangan, beberapa platform pembuat aplikasi Android tanpa coding di antaranya:

1. AppsGeyser

AppsGeyser adalah platform pembuat aplikasi android tanpa coding yang dapat diakses secara gratis. Lebih dari 50 template tersedia di AppsGeyser yang dapat membantu pengguna untuk membuat aplikasi dengan cepat dan mudah.

AppsGeyser juga menawarkan fitur screen preview yang memungkinkan pengguna untuk melakukan preview aplikasi mereka sebelum diterbitkan. Meskipun AppsGeyser free, namun ada beberapa batasan yang perlu diperhatikan.

Platform ini tidak mendukung penerbitan secara langsung. Selain itu AppsGeyser mengambil 50 persen dari hasil monetisasi aplikasi yang dibuat oleh pengguna sebagai kompensasi dari layanan gratis yang ditawarkan.

2. AppMakr

AppMakr adalah sebuah platform berbasis cloud yang memungkinkan untuk membuat aplikasi Android tanpa coding. AppMakr memberikan kebebasan tanpa batasan jumlah aplikasi yang dibuat atau jumlah pembaruan yang dibuat.

Berbagai fitur ditawarkan oleh AppMakr seperti galeri foto dengan resolusi tinggi, push notifications, pembaruan langsung, streaming musik, video, chat rooms, in-app shopping, dan masih banyak lainnya.

Platform AppMakr memulai dengan mode free pada penggunaan awal untuk eksplorasi dan pengembangan. Namun setelah aplikasi diterbitkan, pengguna diharuskan membayar sekali dengan biaya sebesar 99 dolar.

3. Appy Pie

Appy Pie menawarkan wadah bagi pengguna yang tidak memiliki kemampuan coding untuk membuat aplikasi Android secara mudah di cloud. Appy Pie menggunakan pendekatan drag-and-drop sehingga tidak diperlukan instalasi rumit.

Aplikasi yang dihasilkan menggunakan Appy Pie adalah versi lengkap, bersifat hibrida, dan berbasis HTML5. Sehingga dapat berfungsi dengan baik di semua platform.

Pengguna dapat memanfaatkan platform Appy Pie secara free atau bisa juga memilih paket platinum dengan biaya 33 dolar per bulan untuk mendapatkan akses fitur-fitur premium dan canggih.

Baca Juga: Pentingnya UX Research dalam Pembuatan Aplikasi

4. Appery

Platform pembuat aplikasi Android tanpa coding selanjutnya adalah Appery. Salah satu keistimewaan Appery terletak pada kategori plugin yang disediakannya. Karena pengguna dapat menambahkan berbagai fungsi ke aplikasi dengan mudah.

Appery juga memungkinkan pengguna untuk berbagi proyek secara real-time kepada pelaku bisnis, pelanggan, atau pengembang lainnya. Platform Appery sampai saat ini sudah digunakan lebih dari 500.000 user.

Appery menawarkan beragam pilihan harga mulai dari versi gratis hingga berbayar sebesar 180 dolar per bulan. Semua bisa dipilih sesuai kebutuhan.

5. Jagel.id

Jagel.id juga menjadi salah satu platform yang bisa diandalkan untuk membuat aplikasi Android tanpa coding. Platform ini sangat ramah pengguna karena tidak perlu menyewa server dan tanpa membutuhkan keahlian dalam pemrograman.

Beberapa contoh aplikasi yang sudah dibuat dengan Jagel.id diantaranya aplikasi ojek online, kurir, online shop, usaha jasa, dan lain sebagainya. Seluruh aplikasi yang dibuat dengan Jagel.id sudah mendukung untuk diunggah ke Playstore.

Sehingga dapat diunduh secara bebas oleh pengguna smartphone. Jagel.id juga menawarkan paket biaya layanan yang cukup terjangkau. Hanya dengan membayar 100.000 per bulan, pengguna sudah dapat memiliki aplikasi sesuai kebutuhan.

6. Andromo

Andromo adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi tanpa perlu menulis coding. Platform ini menjadi salah satu yang paling populer untuk pembuatan aplikasi Android.

Karena kemudahannya dan dapat diselesaikan dengan tiga langkah sederhana. Yaitu buat proyek Andromo, mengisi formulir singkat untuk menambahkan fitur, grafis, konten, dan elemen lainnya, kemudian klik tombol untuk membangun aplikasi.

Andromo dapat diakses secara gratis tetapi juga menyediakan opsi biaya layanan sebesar 8 dolar per bulan untuk pembuatan hingga 50 aplikasi dan memonetisasinya.

Namun kekurangan dari Andromo terletak pada tidak adanya screen preview dan tidak mendukung pengunggahan aplikasi ke Playstore. Jadi, pengguna harus mengirimkannya via email.

7. Swiftic

Swiftic terkenal dengan fitur-fitur yang mendukung pengguna dalam menghasilkan pendapatan. Pun, Swiftic juga membuat kesan profesional hanya dengan tiga langkah sederhana.

Yaitu memilih kategori aplikasi, memilih tema, dan menerbitkannya. Swiftic juga dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap dan unggulan. Diantaranya mobile commerce, ulasan pengguna, program loyalitas, RSS dan social feeds, dan masih banyak lagi.

Swiftic menyediakan versi gratis dan juga opsi berbayar untuk pengguna yang ingin upgrade. Dengan opsi pembayaran sekitar 29 dolar per bulan, 33 dolar per bulan, dan 39 dolar per bulan. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

8. GameSalad

Bagi Anda yang ingin membuat aplikasi game, GameSalad adalah platform tepat yang bisa dimanfaatkan. Karena GameSalad adalah sebuah platform yang dirancang khusus hanya untuk pembuatan dan penerbitan aplikasi game.

Mode operasi platform ini mencakup pengeditan karakter, mendesain fitur, suara, dan pergantian karakter dengan mudah. GameSalad menyediakan fitur in-app shopping, API GameCircle, dan forum untuk dapat berinteraksi dan tukar pendapat.

Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan keberhasilan pembuatan aplikasi. Platform ini dapat diakses secara gratis di awal. Tapi untuk akses lebih lengkap diharuskan membayar biaya langganan sebesar 299 dolar per tahun.

Beberapa platform di atas tentu bisa diandalkan untuk membantu Anda membuat aplikasi, terutama untuk keperluan bisnis. Hanya saja, untuk bisnis yang lebih kredibel dan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi, Anda sebaiknya tetap membuat website.

Nah, Zeka Digital menyediakan layanan pembuatan website yang cocok untuk menunjang bisnis Anda. Dengan website yang lebih profesional, tentu saja upaya Anda mengembangkan bisnis bisa lebih mudah dilakukan.

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi