Jasa Backlink Murah: Backlink Profile, Efektifkah?

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Dalam usaha optimasi website kadang ada beberapa tawaran di internet yang membantu membuat backlink berkualitas dengan embel-embel jasa backlink murah berkualitas yang efektif untuk menunjang strategi optimasi. Benarkah harga murah mendapatkan kualitas yang baik?

Bisa saja Anda mengambil tawaran tersebut. Akan tetapi yang menjadi catatan di sini adalah amankah jasa yang di berikan?

Seperti diketahui, untuk membangun web dan membuat website masuk dalam SERP peringkat atas merupakan pekerjaan yang tidak sederhana. Perlu riset, perencanaan, analisa dan sebagainya sehingga penawaran dengan harga murah patut memunculkan tanda tanya.

Backlink profile untuk optimasi, Sumber: jeyjingga.com
Backlink profile untuk optimasi, Sumber: jeyjingga.com

Selain hal tersebut mesin pencari dan segala teknologi yang dipakainya senantiasa diperbarui. Dengan demikian ketika Anda menggunakan teknik tertentu pada hari ini belum tentu esok hari teknik tersebut berlaku.

Dalam optimasi website dengan SEO off page, ada beberapa macam teknik yang bisa diterapkan, salah satunya adalah backlink. Jika menggunakan backlink generator akan memudahkan algoritma Google mendeteksi sebagai pelanggaran. Inilah kenapa backlink profile mulai dikenal.

Pengertian Backlink Profile

Pengertian backlink profile, Sumber: nnn.ng
Pengertian backlink profile, Sumber: nnn.ng

Backlink murah yang ditawarkan oleh jasa backlink murah biasanya berupa backlink profile. Artinya backlink tersebut berada di profile website jejaring sosial, forum, group dan berbagai website lainnya yang memungkinkan dibuat user profile.

Kadang yang menjadi pertanyaan adalah meskipun website yang dipakai adalah website dengan PageRank yang tinggi. Akan tetapi apakah ada pengaruhnya jika letak backlink tersebut ada pada profile?

Memang ada beberapa ‘aturan’ dalam pembuatan backlink. Backlink harus ditanamkan pada tempat yang tepat. Penempatan di footer misalnya menurut Google hal itu kurang baik meskipun bukan suatu pelanggaran.

Lantas bagaimana dengan backlink yang ditanam dalam profile?

Baca Juga: Backlink Google, Apa sih Sebenarnya?

Cara Kerja Backlink Profile

Cara kerja backlink profile, Sumber: optimise2.assets-servd.host
Cara kerja backlink profile, Sumber: optimise2.assets-servd.host

Seperti yang telah dibahas, backlink adalah seperti poster yang ditempelkan di banyak tempat. Akan tetapi, penempatan poster tersebut harus strategis dan tidak melanggar aturan ‘tata keindahan’ lingkungan. Jadi, penempatan backlink harus benar-benar sesuai.

Sedangkan di dalam profil suatu website terkadang ada tempat tertentu yang tepat untuk menaruh link. Kita ambil contoh adalah website Twitter. Kerika membuat profil Twitter maka di sana ada tempat untuk meletakkan link website pengguna Twitter.

Jika demikian maka menempatkan link website pada profil suatu website adalah hal yang legal dan memang dari penyedia website tersebut menginginkan hal itu. Jika demikian adanya penanaman backlink di dalam profil tidak ada masalah.

Selain di bagian identitas profil terkadang ada penempatan backlink pada deskripsi profil atau deskripsi grup. Misal saja ketika membuat group Yahoo maka di sana ada opsi utuk membuat deskripsi grup yang dibuat. Dalam deskripsi tersebut Anda bisa menanamkan link dengan anchor yang Anda inginkan.

Untuk memaksimalkan hasil yang dicapai, para penyedia jasa backlink murah mulai mengumpulkan berbagai website yang memiliki PageRank tinggi dan memungkinkan dibuat profile dan ditanami backlink.

Fakta Backlink Murah: Backlink Profile

Fakta tentang backlink murah, Sumber: pexels.com
Fakta tentang backlink murah, Sumber: pexels.com

Penggunaan backlink profile pada penyedia jasa backlink murah yang dikerjakan pastinya menggunakan cara-cara manual. Hal ini bertujuan untuk menghindari deteksi dari algoritma Google.

Dengan dikerjakan secara manual diharapkan pembuatan backlink pada profil terlihat natural. Serta, yang lebih penting, bukan didefinisikan sebagai spam backlink oleh Google.

Yang menjadi pertanyaan sejauh mana keamanan yang akan didapatkan dari pendeteksian Google ketika backlink profile dibuat dalam jumlah besar.

Jika pembuatan backlink profile hanya satu atau dua mungkin tidak ada masalah. Akan tetapi pembuatan profil backlink ini pasti dilakukan dalam jumlah yang besar. Terutama untuk mengejar posisi atas di SERP.

Oleh karenanya, jika Anda hendak memutuskan untuk menggunakan jasa backlink murah yang di dalamnya merupakan optimasi menggunakan backlink profile, hendaknya memperhatikan panduan Webmaster Google terkait skema tautan, yaitu:

Setiap link yang dimaksudkan untuk memanipulasi PageRank atau peringkat situs di hasil penelusuran Google dapat dianggap sebagai bagian dari skema link dan melanggar PanduanWebmaster Google. Ini mencakup perilaku apa pun yang memanipulasi tautan ke situs atau tautan yang keluar dari situs Anda.

Maka, pembuatan backlink profile dalam jumlah besar bisa saja aman ketika dilakukan secara bagus dan terlihat natural. Akan tetapi yang selalu diingat adalah hal tersebut termasuk kategori pembuatan skema tautan menurut panduan Google Webmaster dan algoritma Google senantiasa diperbarui untuk menyelesiakan hal tersebut.

Pembuatan Backlink Profile

Backlink profile yang terlihat natural menjadikan aman dari deteksi ‘satpam’ mesin pencari dan untuk menjadikan backlink profile tersebut aman. Biasanya penyedia jasa backlink murah menggunakan trik pembuatan backlink profile.

Adapun beberapa trik yang biasanya diaplikasikan diantaranya adalah:

1. Penggunaan Link Dofollow

Penggunaan link dofollow, Sumber: zekadigital.com
Penggunaan link dofollow, Sumber: zekadigital.com

Link dofollow merupakan link yang dianggap oleh Google sehingga link tersebut hidup. Dan dalam pembuatan backlink, baik profil backlink atau backlink yang ditanam pada artikel atau konten website selalu menggunakan link dofollow.

Akan tetapi, banyak pakar SEO yang menyanggahnya. Justru penggunaan link nofollow menjadikan artikel atau apapun yang terdapat backlink nofollow akan terlihat lebih natural. Sehingga penggunaan link dofollow maupun nofollow sangat penting dan penggunaannya harus secara proporsional.

2. Jumlah Backlink Profile

Jumlah backlink profile, Sumber: pexels.com
Jumlah backlink profile, Sumber: pexels.com

Pembuatan backlink profile dalam jumlah besar akan sangat rentan dicurigai oleh mesin pencari ketika pembuatannya tidak terencana dengan baik. Munculnya suatu link website pada berbagai profil website secara mendadak dan dalam jumlah besar tentu saja menimbulkan kecurigaan.

Maka, untuk membuatnya dalam jumlah besar harus terjadwal, terdata dan dilakukan dengan jeda waktu, tidak terus menerus. Inilah kenapa pembuata profil backlink sebaiknya diatur dalam sebuah jadwal yang ditetapkan sejak awal.

3. Penggunaan Keyword

Penggunaan keyword, Sumber: zekadigital.com
Penggunaan keyword, Sumber: zekadigital.com

Dalam membuat profil backlink jumlah besar harus memperhatikan keuword yang digunakan. Untuk menghindari kecurigaan dan deteksi dari ‘satpam’ mesin pencari penggunaan keyword harus bervariasi.

Terkait hal ini, Anda bisa menggunakan satu keyword utama dan beberapa keyword turunan. Ada cukup banyak keyword tools yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan riset kata kunci yang diinginkan.

Baca Juga: Ini Dia, Tools Riset Keyword Gratis yang Bisa Diandalkan!

4. Penggunaan Link Homepage

Penggunaan link homepage, Sumber: pexels.com
Penggunaan link homepage, Sumber: pexels.com

Link homepage biasanya yang dioptimasi dan ditanamkan di website lainnya. Akan tetapi lebih baik juga menyisipkan url halaman juga. Sehingga ada variasi dan tidak hanya link homepage saja yang di optimasi.

Hal ini selain bisa menaikkan nilai page yang di optimasi juga memberi tahu kepada mesin pencari bahwa website tersebut memiliki page yang berbobot. Nantinya, website pun akan semakin kuat dan peluang muncul di halaman awal SERP pun akan terbuka.

5. PageRank Website

PageRank website, Sumber: zekadigital.com
PageRank website, Sumber: zekadigital.com

Optimasi yang dilakukan dengan membangun backlink biasanya dilakukan pada website yang memiliki PageRank yang tinggi. Maka, penggunaan website dengan PageRank rendah juga penting.

Ini adalah strategi agar nantinya backlink yang dibuat terlihat natural. Serta, Google tidak akan mencurigai hal tersebut sebagai backlink berbayar karena ada di website dengan PageRank tinggi saja.

Kesimpulan

Menggunakan profil backlink bisa jadi aman saja selama memperhatikan panduan Google Webmaster. Akan tetapi setiap celah yang ada pada mesin pencari dan memungkinkan seseorang menggunakan celah tersebut utuk membangun skema backlink maka Google selalu bekerja untuk memperbaikinya.

Oleh karenanya, selain menerapkan strategi optimasi SEO seperti di atas, Anda perlu menerapkan strategi lainnya. Langkah yang paling aman adalah selain optimasi off page adalah mengedepankan konten dan struktur website. Hal ini berarti optimasi on page merupakan hal yang paling aman.

Penggunaan profil backlink bagi sebagian besar praktisi SEO adalah langkah terakhir. Serta, konten yang berbobot adalah kunci kesuksesan dan keamanan dalam pencapaian di SERP.

Nah, jika Anda memiliki website dan ingin melakukan optimasi untuk meningkatkan visibilitas di SERP, Zeka Digital siap membantu. Ada layanan optimasi SEO yang akan diterapkan dengan berbaga strategi yang aman.

Tidak hanya bebas dari pelanggaran peraturan Google, website yang Anda kelola pun memiliki peluang yang lebih besar untuk tampil di halaman awal SERP. Tentu, jika Anda menggunakan website tersebut untuk promosi bisnis, leads bejibun pun akan segera didapatkan!

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

WhatsApp Chat Konsultasi