Website Marketing, Sarana Mendatangkan Penjualan

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Berbincang tentang bisnis hari ini, website menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Disadari atau tidak, website saat ini memegang peran penting terkait pemasaran bisnis yang secara langsung berdampak pada banyak atau sedikitnya transaksi yang terjadi.

Jika disimak, sebuah bisnis yang menggunakan website sebagai salah satu platform promosi memiliki peluang menjaring konsumen yang lebih besar. Bukan tanpa alasan, website selain membuat tampilan pemasaran lebih menarik, juga memberikan jangkauan yang lebih luas.

Website untuk marketing, Sumber: diskominfo.solokkab.go.id
Website untuk marketing, Sumber: diskominfo.solokkab.go.id

Berbincang tentang pemasaran bisnis dan website, sebenarnya ada jenis website yang secara khusus digunakan untuk kegiatan promosi. Ya, jenis website tersebut disebut website marketing.

Pernahkah Anda mendengarnya?

Apa itu Website Marketing?

Pengertian website marketing, Sumber: zekadigital.com
Pengertian website marketing, Sumber: zekadigital.com

Mungkin sebagian besar diantara Anda hanya mengetahui website sebagai sarana untuk menyebarkan informasi dan menjadi website penghasil uang karena terhubung dengan AdSense . Namun, seperti disinggung sebelumnya, ada website yang digunakan untuk promosi.

Dalam pengertian singkat, website marketing adalah sebuah platform yang digunakan secara khusus untuk menunjang penjualan produk atau layanan. Tentu saja, website ini digunakan baik untuk melakukan branding serta memberi informasi penting pada target konsumen.

Didasari fungsi tersebut, jenis website ini memiliki titik fokus pada peningkatan jumlah pengunjung yang nantinya menjadi prospek untuk transaksi. Oleh karenanya, dalam membangun website marketing diperlukan desain yang menarik dan memicu kunjungan.

Baca Juga: Ini Jenis Bisnis yang Memerlukan Website!

Ciri Khusus Website Marketing

Karena fungsinya sebagai platform untuk menunjang bisnis, ada ciri khusus yang ada pada jenis website ini. Adapun beberapa ciri website marketing yang dimaksud diantaranya adalah:

1. Adanya Informasi Produk atau Jasa

Informasi produk atau jasa, Sumber: zekadigital.com
Informasi produk atau jasa, Sumber: zekadigital.com

Salah satu ciri khusus yang melekat pada jenis website marketing adalah adanya informasi terkait produk dan jasa. Dalam hal ini, produk dan jasa akan terpampang dengan jelas sehingga target konsumen yang berkunjung langsung bisa mengetahuinya.

Tentu saja, informasi produk dan jasa yang diberikan harus spesifik dan detail. Hal ini sangat penting agar nantinya target konsumen yang berkunjung bisa langsung mendapatkan jawaban dari apa yang mereka inginkan.

Nah, kredibilitas bisnis terkadang bisa dinilai dari bagaimana informasi produk dan jasa ditampilkan. Hal inilah yang mendasari pentingnya membuat copywriting yang berkualitas pada website marketing. .

2. Adanya Halaman Penjualan

Halaman penjualan, Sumber: zekadigital.com
Halaman penjualan, Sumber: zekadigital.com

Adanya halaman penjualan juga menjadi ciri dari sebuah website marketing. Biasanya, detail produk atau jasa yang ditawarkan akan dibahas secara detail pada halaman penjualan ini. Tidak hanya keunggulan produk semata, melainkan alasan kenapa konsumen perlu memilikinya.

Terkait halaman penjualan pada website marketing, tampilan produk atau jasa yang ditawarkan harus diolah sedemikian rupa. Hal ini sangat mendasar karena tampilan akan membentuk kesan pertama target konsumen yang nantinya juga mempengaruhi pilihan.

Selain itu, konten copywriting juga menjadi hal penting yang tak terpisahkan. Ya, copywriting yang dibuat akan menjadi “penuntun” target konsumen untuk menjatuhkan pilihan pada produk atau jasa yang disediakan.

3. Adanya Informasi Perusahaan

Informasi perusahaan, Sumber: zekadigital.com
Informasi perusahaan, Sumber: zekadigital.com

Informasi perusahaan adalah hal yang penting dan perlu dicantumkan di dalam website pemasaran. Selain untuk menciptakan brand identity dari perusahaan yang bersangkutan, pemuatan informasi perusahaan bisa  menambah tingkat kepercayaan konsumen.

Anda bisa mencantumkan identitas perusahaan termasuk kontak dan alamat. Tentu saja, penulisan informasi perusahaan harus diperhatikan dengan seksama. Pasalnya, gaya penulisan tersebut nantinya akan berpengaruh pada kredibilitas bisnis di mata para konsumen.

4. Terdapat Link Media

Link media, Sumber: pexel.com
Link media, Sumber: zekadigital.com

Untuk memasarkan produk yang dijualnya, biasanya website pemasaran tidak hanya menggunakan satu atau dua saluran pemasaran. Ada beberapa saluran pemasaran yang digunakan selain menggunakan website.

Salah satunya adalah saluran melalui media sosial. Biasanya website bisnis termasuk website pemasaran mencantumkan link media sosial penjualan miliknya pada website. Terkait hal ini, nama link media sebaiknya disamakan dengan nama website atau bisnis.

5. Desain Ramah Pengguna

Desain ramah pengguna, Sumber: zekadigital.com
Desain ramah pengguna, Sumber: zekadigital.com

Bagaimana caranya agar pengguna tertarik untuk membuka website dan mereka nyaman? Tentunya desain website harus dibangun ramah pengguna. Website yang ramah pengguna termasuk website yang kompatibel diakses menggunakan berbagai perangkat.

Website memberikan informasi yang jelas dan mudah dalam penavigasian adalah website yang ramah pengguna. Untuk beberapa bisnis selain menggunakan website yang ramah pengguna juga menggunakan aplikasi mobile untuk memanjakan pengguna dan menjangkau pengguna lebih banyak.

Tipe Website Marketing yang Digunakan

Ketika mencari contoh website marketing di mesin pencarian, Anda sebenarnya bisa saja menemukan cukup banyak variasi. Namun, jika ditelaah, sebagian website tersebut menggunakan beberapa tipe website tertentu.

Adapun beberapa tipe website marketing yang bisa digunakan diantaranya adalah:

1. Website yang Menjual Produk Secara Langsung

Ilustrasi website marketplace, Sumber: mnews.co.id
Ilustrasi website marketplace, Sumber: mnews.co.id

Website marketplace merupakan salah satu contoh website yang difungsikan sebagai ‘toko’ untuk menjual produk secara langsung. Tipe website seperti ini dikemas dengan cara menampilkan informasi mengenai produk beserta varian, kategorinya, spesifikasi dan harga.

Dengan detail informasi tersebut, seorang konsumen nantinya langsung bisa menentukan apakah suatu produk sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, mereka juga bisa langsung melakukan pembelian melalui website atau aplikasi mobile.

Dengan demikian, website seolah tidak memerlukan kalimat copywriting untuk memikat pengunjung dan membuat mereka membeli produk yang ditawarkan. Namun, terkadang, untuk tujuan SEO, konten tersebut memang masih diperlukan.

2. Website Arahan

Website arahan, Sumber: zekadigital.com
Website arahan, Sumber: zekadigital.com

Tipe website marketing lainnya adalah website arahan. Dalam istilah yang lain, website arahan juga disebut dengan nama landing page. Umumnya, website ini digunakan untuk menjual produk berupa jasa dan layanan. Namun, bisa juga untuk menjual barang.

Dengan menggunakan landing page, target konsumen yang hendak melakukan transaksi harus menghubungi customer service melalui channel yang ada. Nantinya, pihak CS akan memberikan penawaran sesuai dengan kebutuhan para konsumen.

3. Website Informasi Produk

Website informasi produk, Sumber: pexels.com
Website informasi produk, Sumber: pexels.com

Pernahkah Anda menemukan website yang memberikan informasi produk dan gerai tempat penjualan namun tidak menyediakan layanan penjualan? Biasanya website seperti ini hanya menampilkan info produk saja.

Website model ini biasanya ada pada bisnis franchise atau bisnis yang sudah besar dan memiliki banyak cabang layanan. Nantinya, webstite hanya menampilkan produk yang dijual beserta identitas gerai yang menjual produk tersebut pada setiap lokasi termasuk nomor kontak yang bisa dihubungi.

Website Marketing Strategy: Cara Website Pemasaran Mendapatkan Banyak Kunjungan

Bagaimana website marketing bisa mendapatkan banyak kunjungan? Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menggaet pengunjung website agar mereka tertarik dan bisa melakukan kesepakatan pembelian dengan bisnis Anda. Inilah diantaranya!

1. Menggunakan SEO

Strategi SEO, Sumber: selasar.com
Strategi SEO, Sumber: selasar.com

Menggunakan strategi SEO adalah cara yang paling umum dilakukan untuk mendapatkan kunjungan secara organik dari sebuah website. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan website Anda mendapatkan peringkat teratas untuk kata kunci pencarian tertentu. Salah satunya adalah penggunaan strategi SEO on page dan juga off page.

Pada dasarnya SEO on page adalah aktivitas optimasi yang dilakukan di halaman website yang akan di optimasi, sedangkan SEO off page mengacu pada aktivitas optimasi dengan membangun kepercayaan dari luar website. Salah satunya dengan teknik pembuatan backlink berkualitas.

Baca Juga: Rekomendasi Jasa SEO Murah untuk Website Anda!

2. Iklan Mesin Pencari

Iklan mesin pencari, Sumber: zekadigital.com
Iklan mesin pencari, Sumber: zekadigital.com

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan iklan mesin pencarian. Anda bisa memasang iklan berbayar di mesin pencarian dengan melalui jasa Google Ads. Namun, tentu, Anda harus melakukan riset terlebuh dahulu untuk memahami kekuatan kompetitor.

Tujuan dari riset adalah agar Anda bisa menjalankan iklan dengan strategi yang benar, sehingga biaya yang Anda keluarkan akan memiliki dampak yang signifikan pada bisnis Anda. Metode ini adalah cara cepat untuk mengundang banyak pengunjung pada website Anda.

3. Social Media Engagement

Social media engagement, Sumber: uwaterloo.ca
Social media engagement, Sumber: uwaterloo.ca

Menggunakan media sosial untuk menjangkau pengunjung website bisa Anda lakukan. Bisa dengan melakukan share konten website. Cara ini gratis dan hanya membutuhkan konsistensi.

Cara lainnya bisa menggunakan iklan berbayar media sosial. Anda bisa membuat iklan efektif berbayar dan mengalihkan klik dari siapa saja yang melakukan klik untuk mengunjungi website Anda.

Tips ini kerap dilakukan oleh orang yang menginginkan target pengunjung website yang besar seperti website yang memuat iklan AdSense atau iklan afiliasi. Akan tetapi karena yang sering dilakukan adalah menjebak pengunjung website dengan clickbait maka potensi pengunjung untuk mengunjungi website kembali di lain waktu menjadi rendah.

Penutup

Dari paparan di atas, bisa dikatakan bahwa website marketing menjadi platform pemasaran yang penting untuk menunjang bisnis saat ini. Kemudahan menampilkan promosi yang lebih menarik tentu meningkatkan peluang mendapatkan konsumen baru.

Tidak hanya itu, website marketing juga memberikan jangkauan target konsume yang sangat luas. Dengan jangkauan yang lebih luas, tentu target konsumen bisnis Anda pun semakin beragam dan peluang untuk meningkatkan keuntungan semakin terbuka lebar.

Nah, berkaitan dengan website marketing, Zeka Digital menawarkan layanan pembuatan website. Dengan layanan ini, Anda bisa membuat website marketing dengan desain custom dan responsif sesuai keinginan dengan harga layanan yang terjangkau.

Tertarik menggunakan layanan pembuatan website kami?

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi