Keyword SEO: Bagaimana Kata Kunci yang Tepat Membuat Traffic Meningkat

Photo of author

Ditulis oleh Rohadi Apri

A coffee addict. Currently working as Content Manager at Zeka Digital. When not staring at the screen, I'm savoring specialty coffee and exploring new ways to express creativity.

Setiap detik, ada ratusan ribu atau bahkan jutaan pencarian yang dilakukan di mesin pencari terutama Google. Dari fakta tersebut tergambar adanya peluang yang besar untuk mendapatkan traffic website yang tinggi, tentu saja merupakan kabar baik untuk Anda yang menggunakan website sebagai media promosi.

Namun, peluang yang besar tersebut sayangnya diiringi dengan persaingan yang ketat. Setiap pemilik website berusaha agar website yang ia kelola berada di halaman teratas mesin pencari. Salah satu strateginya adalah dengan mencari keyword SEO yang tepat.

Strategi SEO, Sumber: lp2m.uma.ac.id
Strategi SEO, Sumber: lp2m.uma.ac.id

Ya, ketika membahas tentang strategi SEO, salah satu hal mendasar dan fundamental yang harus dipahami adalah keyword SEO. Perlu disadari bahwa keyword bukan sekadar kata kunci atau frase saja. Lebih dari itu, keyword yang diaplikasikan akan berpengaruh pada traffic website yang didapatkan.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan keyword SEO dan bagaimana frase ini bisa meningkatkan traffic website Anda?

Apa Itu Keyword?

Pengertian keyword, Sumber: zekadigital.com
Pengertian keyword, Sumber: zekadigital.com

 Secara umum, sebuah keyword atau beberapa orang menyebutnya focus keyword, adalah sebuah frase yang menggambarkan konten dalam website yang Anda miliki. keyword SEO juga merupakan sebuah istilah pencarian untuk mengarahkan seseorang ke halaman tertentu.

Oleh karenanya, ketika nanti seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencari Google, keyword yang akan membantu mengarahkan hasil pencarian. Terkait hal ini, keyword yang kuat akan muncul di hasil pencarian teratas.

Inilah kenapa Anda sebagai pemilik website harus melakukan riset untuk menemukan keyword SEO yang tepat. Selain itu, Anda pun juga perlu memperkuat keyword tersebut untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor lainnya.

Baca Juga: Memenangkan Persaingan Kompetitor dengan Audit SEO

Kenapa Keyword SEO Menjadi Penting?

Pentingnya keyword SEO, Sumber: pexels.com
Pentingnya keyword SEO, Sumber: pexels.com

Seperti disinggung sebelumnya, keyword adalah hal fundamental dalam optimasi SEO yang dilakukan. Dengan keyword yang tepat dan tentunya juga diperkuat, potensi mendapatkan traffic tinggi cenderung lebih besar.

Di sisi lain, Anda juga perlu tahu bahwa salah satu pertimbangan Google ketika menentukan peringkat sebuah halaman adalah konten yang ada di dalam halaman tersebut. Tentu saja, Google akan fokus pada kata dan kalimat yang tertulis di dalamnya.

Terkait hal ini, ketika sebuah kata atau frase tertentu muncul beberapa kali, Google akan mempertimbangkannya sebagai kata yang penting. Inilah awal mula Google dan juga mesin pencari lainnya, memberikan informasi tentang apa sebuah halaman website tersebut.

Hanya saja, perlu digaris bawahi bahwa Google bukan hanya satu-satunya alasan kenapa keyword menjadi penting perihal optimasi SEO. Sebenarnya, alasan ini bukan hal yang terpenting tetapi perlu dijadikan pertimbangan.

Dalam optimasi SEO, bukankah Anda harus selalu fokus pada pengunjung dan klien potensial?

Inilah kenapa Anda perlu memahami apa yang ada di dalam pikiran target pengunjung atau klien serta berupaya melakukan riset untuk menemukan kata kunci apa yang mereka gunakan saat melakukan pencarian. Dengan cara ini, secara teori, Anda sudah menempuh jalan yang benar untuk mengarahkan target berkunjung ke website Anda.

Menentukan Keyword SEO yang Tepat, Caranya?

Menentukan keyword SEO yang tepat, Sumber: pexels.com
Menentukan keyword SEO yang tepat, Sumber: pexels.com

Seiring pentingnya keyword SEO untuk meningkatkan traffic website, menentukan keyword yang tepat adalah suatu keharusan. Pasalnya, jika Anda menggunakan keyword yang salah, bisa jadi pengunjung dan klien potensial yang Anda inginkan tidak akan didapatkan.

Lantas, bagaimana cara menentukan keyword SEO yang tepat sehingga optimasi website bisa dijalankan dengan tepat?

Pertama, Anda bisa melakukan pencarian keyword tertentu. Dalam hal ini, cobalah untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan website yang Anda miliki. Dengan cara ini, Anda bisa membangun website dengan relevan dan menjadi seorang expert di bidang tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset kompetitor. Perlu diingat bahwa ketika website Anda muncul di SERP dengan kata kunci tertentu, ada pula kompetitor yang memiliki kata kunci yang sama atau mirip.

Dengan melakukan riset kompetitor, maka Anda bisa mengetahui keyword apa yang memiliki tingkat kompetisi yang tinggi. Hal semacam ini bisa dijadikan pertimbangan untuk menentukan kekuatan.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan peringkat pencarian yang lebih baik, maka berusahalah untuk menerapkan strategi keyword yang tepat. Adapun beberapa strategi keyword yang bisa diterapkan diantaranya:

1. Bandingkan Search Volume dan Tingkat Persaingan

Membandingkan search volume dan tingkat persaingan, Sumber: pexels.com
Membandingkan search volume dan tingkat persaingan, Sumber: pexels.com

Ketika hendak menargetkan salah satu keyword SEO untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari yang lebih baik, maka cobalah bandingkan search volume dan juga tingkat persaingan.

Sebagaimana disinggung di awal, terkait optimasi SEO, menemukan kata kunci seperti apa yang dipikirkan target pengunjung adalah keharusan. Terkait hal ini, coba cek search volume atau jumlah pencarian dari keyword yang dijadikan target.

Hanya saja, menargetkan keyword dengan tingkat pencarian tinggi tidak selalu disarankan. Terlebih, jika website Anda belum terlalu kuat. Namun, menyasar keyword dengan tingkat pencarian sangat sedikit juga kurang tepat karena potensi visitor yang juga kecil.

Tidak hanya search volume saja, Anda juga harus memperhatikan tingkat persaingan atau keyword difficulty. Ya, keyword difficulty adalah metrik yang digunakan untuk bagaimana tingkat persaingan sebuah keyword tertentu.

Dalam hal ini, keyword dengan tingkat persaingan yang tinggi tentu cenderung lebih susah untuk dikuasai. Oleh karenanya, ketika website belum terlalu kuat, strategi yang tepat adalah menghindari kata kunci dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu ketat.

2. Mengaplikasikan Commercial Intent Keywords

Mengaplikasikan commercial intent keywords, Sumber: pexels.com
Mengaplikasikan commercial intent keywords, Sumber: pexels.com

Strategi keyword lain yang bisa diterapkan adalah mengaplikasikan commercial intent keywords atau kata kunci yang didasarkan pada kebutuhan konsumen. Dengan kata lain, variasi keyword ini berupaya memberikan solusi dari keinginan target pengunjung.

Misalnya saja, Anda memiliki website yang berfokus pada penjualan smartphone dan ingin mendapatkan leads yang lebih banyak. Dalam hal ini, Anda bisa mencari keyword yang diperkirakan sesuai dengan keinginan target pengunjung, seperti “smartphone terbaik harga terjangkau”, “smartphone terbaru RAM 6 GB”, atau lainnya.

Kedua poin di atas menjadi strategi mendasar untuk menentukan keyword SEO yang tepat saat hendak membuat sebuah konten. Sebagai tambahan, Anda bisa menjadikan event yang akan datang sebagai pertimbangan saat mencari keyword.

Strategi sederhana ini bisa dikatakan cukup efektif. Pasalnya, dengan menjadikan event nanti sebagai pertimbangan, maka keyword yang didapatkan cenderung up to date dan potensi dicari cenderung lebih tinggi.

Jenis Keyword yang Cocok untuk Konten SEO

Jenis keyword untuk konten SEO, Sumber: depositphotos.com
Jenis keyword untuk konten SEO, Sumber: depositphotos.com

Setelah mengetahui apa itu keyword SEO termasuk strategi yang bisa diaplikasikan untuk menentukannya, Anda juga perlu mengetahui jenis keyword yang cocok untuk membuat konten SEO. Ini juga termasuk hal mendasar yang menunjang optimasi website yang Anda lakukan.

Ada beberapa jenis keyword dilihat dari panjang keyword adalah:

1. Short-tail keyword

Short-tail keyword, Sumber: zekadigital.com
Short-tail keyword, Sumber: zekadigital.com

Jenis keyword ini kerap disebut dengan istilah generic keyword atau head keyword. Selain itu, seperti namanya, keyword ini cenderung pendek dan biasanya hanya memuat satu atau dua kata saja.

Dengan penggunaan kombinasi kata yang sedikit, short-tail keyword cenderung mudah diaplikasikan. Hanya saja, umumnya jenis kata kunci ini memiliki tingkat persaingan yang cukup kompetitif sehingga lebih susah untuk menaikkan peringkat halaman.

Contoh dari short-tail keyword diantaranya seperti digital marketing, optimasi SEO, branding, jasa SEO dan lainnya.

2. Mid-tail keyword

Mid-tail keyword, Sumber: zekadigital.com
Mid-tail keyword, Sumber: zekadigital.com

Secara umum, mid-tail keyword lebih panjang dibandingkan dengan short-tail keyword. Jenis kata kunci ini secara umum menggunakan kombinasi tiga kata.

Kombinasi tiga kata yang diaplikasikan nantinya akan menghasilkan keyword yang cenderung lebih spesifik. Oleh karenanya, mid-tail keyword umumnya memiliki tingkat kompetisi yang lebih rendah serta memiliki search volume yang biasanya lebih tinggi.

Hal inilah yang membuat conversion rate dari kata kunci mid-tail cenderung lebih baik. Contoh kata kunci mid-tail diantaranya jasa digital marketing, jasa SEO bulanan, konsep pemasaran digital dan lainnya.

3. Long-tail keyword

Long-tail keyword, Sumber: zekadigital.com
Long-tail keyword, Sumber: zekadigital.com

Satu lagi jenis keyword berdasarkan panjangnya adalah long-tail keyword. Dibandingkan dengan jenis kata kunci sebelumnya, long-tail keyword adalah kata kunci yang paling panjang dan paling spesifik.

Tidak hanya itu, jenis keyword ini memiliki tingkat persaingan yang tidak begitu ketat. Hanya saja, umumnya long-tail keyword memiliki search volume yang relatif rendah. Oleh karenanya, diperlukan upaya lebih ketika hendak meningkatkan peringkat halaman.

Adapun contoh dari long-tail keyword diantaranya adalah jasa SEO terbaik Jogja, belajar digital marketing untuk pemula, dan lainnya.

Beberapa poin di atas adalah jenis keyword SEO yang umumnya digunakan ketika hendak membuat konten SEO. Nah, untuk memudahkan pencarian keyword yang tepat, Anda bisa menggunakan beberapa tools yang tersedia seperti Ahrefs, Ubersuggest, SEMRush, dan lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Hanya saja, perlu disadari bahwa keyword SEO hanya merupakan bagian kecil dari proses optimasi SEO yang dilakukan. Artinya, mencari keyword yang tepat memang keharusan. Namun, keyword saja tidak cukup untuk menaikkan peringkat halaman di mesin pencari.

Ada beberapa strategi penting yang perlu diterapkan dalam upaya optimasi SEO dan seluruh upaya harus dilakukan secara kontinu. Hal inilah yang membuat optimasi SEO menjadi pekerjaan yang cukup menguras tenaga dan juga fokus.

Bayangkan, betapa repotnya ketika Anda harus mengatur produksi hingga mengatur strategi pemasaran seorang diri. Bisa jadi karena fokus yang terbagi, hasil penjualan Anda pun nantinya tidak maksimal. Oleh karenanya, menggunakan layanan jasa optimasi SEO bisa menjadi opsi yang tepat.

Layanan optimasi SEO, Sumber: zekadigital.com
Layanan optimasi SEO, Sumber: zekadigital.com

Nah, Zeka Digital menyediakan jasa optimasi SEO yang bisa Anda pertimbangkan. Dengan layanan ini, tentu Anda tidak perlu repot untuk melakukan riset keyword yang tepat sebab tim akan mencarikannya untuk Anda.

Tidak hanya itu, kami juga siap membuat konten profesional untuk meningkatkan kredibilitas bisnis yang nantinya berdampak pada kepercayaan konsumen. Juga, memaksimalkan optimasi untuk meningkatkan peringkat website di halaman pertama Google dan melakukan audit SEO website untuk meningkatkan performa.

Tertarik menggunakan layanan kami?

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Eksplorasi konten lain dari Zeka Digital

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Chat Konsultasi