Audit SEO Website, Evaluasi Penting untuk Meningkatkan Performa

Photo of author

Ditulis oleh Rohadi Apri

A coffee addict. Currently working as Content Manager at Zeka Digital. When not staring at the screen, I'm savoring specialty coffee and exploring new ways to express creativity.

Tidak dipungkiri memang jika SEO menjadi strategi yang ampuh untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian. Berbekal optimasi yang dilakukan, website bisa jadi akan muncul di halaman pertama Google dan secara tidak langsung akan meningkatkan visibilitas.

Hanya saja, ketika Anda telah menerapkan strategi SEO pada website yang dikelola tetapi belum mendapatkan hasil yang maksimal, audit SEO menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan. Layaknya sebuah sistem, audit berkala menjadi maintenance yang wajib dilakukan.

Tentang audit SEO, Sumber: pexels.com
Tentang audit SEO, Sumber: pexels.com

Perlu diketahui bahwa penerapan SEO on page atau off page bisa dikatakan belum terlalu memadai. Dengan melakukan audit SEO, maka Anda bisa memastikan bahwa seluruh planning manajemen website bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan audit SEO dan bagaimana cara menerapkannya?

Sekilas Tentang Audit SEO

Pengertian audit SEO, Sumber: pexels.com
Pengertian audit SEO, Sumber: pexels.com

Dalam pengertian singkat, SEO audit adalah proses evaluasi dan identifikasi pada masalah website yang bisa mempengaruhi hasil optimasi website dan traffic organik di mesin pencarian.

Terkait audit SEO, ada beberapa tahapan proses yang perlu dilakukan, seperti:

  • Memastikan setiap halaman website sudah terindeks dan terbaca oleh mesin pencari
  • Melakukan identifikasi masalah pada strategi SEO on page yang diterapkan
  • Mengoptimalkan keyword pada setiap konten website
  • Menguji strategi SEO off page yang sekiranya memiliki potensi masalah pada website
  • Memperhatikan beberapa faktor lain terkait website, seperti nama domain, usia domain, dan beberapa faktor lainnya yang memiliki efek pada performa website

Bisa dikatakan bahwa audit SEO secara mendasar merupakan tindakan pengecekan kesehatan website secara menyeluruh. Tindakan ini sebaiknya dilakukan secara berkala untuk memastikan website selalu berada dalam kondisi prima, terutama dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: SEO pada E-Commerce, Bagaimana Menerapkannya?

Manfaat Audit SEO pada Website

Manfaat audit SEO pada website, Sumber: pexels.com
Manfaat audit SEO pada website, Sumber: pexels.com

Proses audit SEO yang dilakukan akan memberikan cukup banyak manfaat, terutama pada website yang Anda kelola. Inilah kenapa proses ini sebaiknya dilakukan secara berkala, Anda bisa menentukan waktu sendiri sesuai kebutuhan.

Adapun beberapa manfaat yang akan didapatkan dari proses audit SEO website diantaranya adalah:

1. Menemukan Masalah Terkait Performa Website

Menemukan masalah terkait performa website, Sumber: pexels.com
Menemukan masalah terkait performa website, Sumber: pexels.com

Masalah kecepatan dan efisiensi website kerap menjadi isu di kalangan pengguna. Misalnya saja ketika Anda memiliki website untuk berjualan produk, terkadang calon pelanggan tidak jadi melakukan transaksi karena website yang lambat dan tidak responsif.

Nah, dengan melakukan audit SEO, Anda bisa melakukan analisa mengenai performa website, terutama hal yang menyebabkan performa website tidak maksimal. Dengan demikian, Anda bisa menerapkan solusi yang diperlukan untuk meningkatkan performa.

2. Mengoptimasi Konten Website

Mengoptimasi konten website, Sumber: pexels.com
Mengoptimasi konten website, Sumber: pexels.com

Anda mungkin sudah melakukan usaha yang maksimal untuk membuat sebuah konten website dan berharap mendapatkan banyak traffic. Namun bisa jadi konten tersebut tidak dianggap menarik oleh Google, sehingga traffic pun tak kunjung didapatkan.

Perlu disadari bahwa Google memiliki algoritma tersendiri yang harus disesuaikan. Juga, Anda harus memahami bahwa terkadang ada persaingan yang cukup ketat, terutama ketika Anda menggunakan kata kunci populer.

Terkait hal ini, tindakan audit SEO setidaknya bisa menjadi solusi untuk membantu Anda mengoptimasi konten website yang sudah dibuat. Dari proses audit yang dilakukan, Anda nantinya akan mendapatkan instruksi untuk melakukan perbaikan, seperti:

  • Membagi text blocks yang besar menjadi paragraf yang lebih pendek
  • Menerapkan format artikel yang lebih tepat, terutama penggunaan heading
  • Penggunaan numbering, dan lainnya

Instruksi yang didapatkan tentu akan memudahkan Anda melakukan perbaikan. Selain itu, perlu diingat bahwa perbaikan format teks yang dilakukan tidak hanya akan berpengaruh pada peringkat Google bots, tetapi juga kepuasan pembaca.

Baca Juga: Jasa Maintenance Website Profesional untuk Optimasi

3. Meningkatkan Peringkat Website di Mesin Pencari

Meningkatkan peringkat website di mesin pencari, Sumber: pexels.com
Meningkatkan peringkat website di mesin pencari, Sumber: pexels.com

Ketika menerapkan strategi SEO pada website, Anda tentu ingin mendapatkan peringkat teratas dalam mesin pencarian untuk website tersebut, bukan? Nah, audit SEO akan membantu mewujudkannya.

Bagaimana caranya?

Setelah melakukan serangkaian proses audit SEO, Anda nantinya tidak hanya mendapatkan informasi terkait masalah yang terjadi pada website. Lebih dari itu, Anda juga akan mendapatkan saran perbaikan dan peningkatan yang bisa dilakukan.

Berbekal rekomendasi tersebut, langkah perbaikan website yang hendak Anda lakukan akan cenderung lebih terkonsep dan tepat. Tentu, hasilnya pun akan cenderung lebih maksimal dan peringkat website Anda di mesin pencari secara berkala juga akan meningkat.

Tentu saja selain beberapa poin di atas, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari proses audit SEO yang dilakukan. Minimal dengan maintenance berkala yang dilakukan, website yang Anda kelola cenderung lebih fresh dan memiliki potensi lebih besar untuk mendapatkan traffic yang lebih tinggi.

Audit SEO, Bagaimana Cara Melakukannya?

Cara melakukan audit SEO, Sumber: pexel.com
Cara melakukan audit SEO, Sumber: pexels.com

Dilihat dari manfaat yang didapatkan, bisa dikatakan bahwa audit SEO adalah hal penting yang harus dilakukan terkait maintenance website. Tidak hanya memastikan performa website tetap stabil, proses audit juga membuka peluang untuk mendapatkan traffic yang lebih tinggi.

Berkaitan dengan proses audit SEO, setidaknya ada dua cara yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Audit SEO Menggunakan Tools

Audit menggunakan tools, Sumber: en.m.wikipedia.org
Audit menggunakan tools, Sumber: en.m.wikipedia.org

Proses pemeliharaan website dan SEO bisa dilakukan dengan menggunakan tools yang tersedia. Penggunaan tools ini akan memudahkan rangkaian tahapan audit yang perlu dilakukan.

SEOptimer menjadi tool pertama yang bisa dimanfaatkan. Dalam proses yang dilakukan, alat ini akan menganalisis berbagai faktor terutama yang berkaitan dengan SEO on page seperti judul halaman, meta deskripsi dan lainnya.

Tidak hanya itu, SEOptimer juga akan memberikan rekomendasi peluang perbaikan dan juga optimasi pada strategi SEO yang diterapkan. Berbekal rekomendasi yang ada, tentu proses optimasi website bisa dilakukan dengan lebih baik dan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Selain SEOptimer, tool untuk melakukan pemeliharaan SEO yang tersedia adalah SEMRUSH. Bisa dikatakan bahwa SEMRUSH juga termasuk alat yang komprehensif untuk membantu Anda melakukan maintenance website secara berkala.

Keunggulan dari alat ini salah satunya adalah SEMRUSH tidak hanya akan memberikan rekomendasi perbaikan pada SEO on page saja. Lebih dari itu, Anda nantinya akan mendapatkan saran perbaikan terkait backlink, penggunaan kata kunci yang lebih tepat dan lainnya.

2. Audit SEO Secara Manual

Audit SEO secara manual, Sumber: pexels.com
Audit SEO secara manual, Sumber: pexels.com

Biasanya penggunaan tools yang tersedia hanya sebagai bantuan saja. Audit SEO biasanya dilakukan secara manual dengan checking kondisi website maupun checking data pada Google Search Console.

Untuk melakukan audit SEO secara manual, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan agar mendapatkan hasil terbaik. Beberapa langkah yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Periksa URL terindeks pada website karena halaman yang terindeks adalah hal krusial. Terkait hal ini, cek dan pastikan halaman di situs telah masuk dalam indeks Google sehingga nantinya dapat muncul di halaman pencarian.
  • Lakukan analisis pada kecepatan situs karena algoritma Google menganggap kecepatan situs sebagai salah satu faktor terkait ranking mobile. Anda bisa menggunakan alat seperti Google Page Speed untuk melakukan pengecekan.
  • Periksa isu terkait mobile friendly karena hal ini juga berpengaruh pada peringkat halaman. Terlebih, saat ini, banyak pengguna yang mengakses situs menggunakan seluler. Google Mobile Test menjadi tool yang bisa diandalkan.
  • Pastikan situs sudah menggunakan HTTPS sebab HTTPS juga menjadi faktor penentu ranking website. Dengan menggunakan HTTPS, maka keamanan situs cenderung lebih terjamin dan nilai SEO akan meningkat.
  • Optimalkan konten ramah SEO terutama dengan menerapkan keyword yang tepat dan meta deskripsi yang sesuai. Perlu diingat bahwa konten yang dibuat selain harus SEO friendly, juga harus user friendly agar pembaca lebih mudah memahami.

Sebagai tambahan, saat melakukan proses pemeliharaan secara manual, Anda sebaiknya juga memahami peta persaingan pasar dan juga kompetitor. Biasanya, rank tracker yang digunakan menyediakan fitur guna menambahkan domain kompetitor.

Nah, Anda bisa menggunakan fitur ini. Dengan melakukan pelacakan kompetitor, Anda nantinya bisa menemukan ide untuk melakukan improvisasi guna memaksimalkan optimasi SEO pada website Anda.

Dari beberapa bahasan di atas, bisa disimpulkan bahwa audit SEO menjadi hal yang krusial dan harus dilakukan dalam manajemen website. Dengan audit berkala yang dilakukan, performa website pun akan cenderung stabil dan website bisa diandalkan untuk memaksimalkan pemasaran atau lainnya.

Layanan maintenance website, Sumber: zekadigital.com
Layanan maintenance website, Sumber: zekadigital.com

Hanya saja, terkadang seseorang melewatkan proses pemeliharaan website dan SEO. Bukan karena enggan, tetapi karena mereka tidak mengetahui detail maintenance yang harus dilakukan.

Berkaitan dengan audit SEO dan maintenance website, Zeka Digital memiliki layanan lengkap yang bisa diandalkan. Dengan layanan yang tersedia, Anda tidak perlu repot melakukan maintenance website dan SEO sendiri dan website Anda pun tetap sehat dengan potensi traffic yang senantiasa meningkat.

Tertarik menggunakan jasa kami?

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Chat Konsultasi