Backlink Checker : Cara Melihat Kekuatan Kompetitor

Photo of author

Ditulis oleh Bogi Kamali Rozaq

As a manager in the SEO division at Zeka Digital, experienced in writing content using SEO techniques.

Di dalam perkembangan dunia digital, tiap orang tentu saja memiliki kesempatan yang sama untuk mencari peluang di dunia maya.

Dan karena luasnya peluang yang ada maka banyak dari berbagai bidang usaha yang dulunya tidak terpikirkan untuk masuk di dunia digital kini berbondong-bondong ke pasar digital.

Hal ini tentu saja menjadikan bermunculan kompetitor bisnis di dunia maya. Dan sebagai seorang pebisnis ulung, kita pasti ingin mengetahui seberapa kuat kompetitor kita bermain di dunia maya. Salah satu caranya dengan menggunakan backlink checker.

Ahrefs salah satu penyedia backlink checker terbaik, Sumber: ahrefs.com
Ahrefs salah satu penyedia backlink checker terbaik, Sumber: ahrefs.com

Dengan backlink checker kita bisa melacak seberapa kuat tautan balik yang dibangun sebuah website. Oleh sebab itu Anda bisa menggunakan backlink checker ini untuk mengetahui kekuatan website kompetitor.

Akan tetapi meskipun pada hari ini kita menyelidiki backlink yang digunakan kompetitor melalui backlink checker, yang perlu digaris bawahi adalah kualitas konten juga mempengaruhi rangking di SERP.

Kekuatan backlink

Dalam pembuatan website yang ditujukan untuk bisnis, penggunaan backlink untuk optimasi sangat diperlukan. Baik backlink yang berkualitas yang ada di dalam postingan atau backlink profile.

Backlink dalam dunia nyata adalah semacam poster yang kita tempelkan di berbagai tempat strategis. Semakin banyak poster yang tertempel, maka akan semakin baik bagi marketing kita.

Begitu juga dalam meletakkan backlink juga harus di tempat yang strategis. Seperti halnya poster promosi, peletakan backlink (poster) juga tidak boleh diletakkan disembarang tempat.

Hal tersebut bertujuan agar tidak di tertibkan oleh pihak yang berwajib, dan dalam hal ini adalah Algoritma Google.

Oleh sebab itu, membuat backlink yang kuat itu penting untuk memperkuat website di SERP dan perlu memperhatikan beberapa aturan dari Google dalam pembuatan tautan.

Kekuatan backlink untuk optimasi website, Sumber: pexels.com
Kekuatan backlink untuk optimasi website, Sumber: pexels.com

Backlink yang buruk

Ada beberapa sebab sebuah web terkena penalty Google dikarenakan penggunaan backlink yang tidak sesuai aturan yang ditetapkan Google Webmaster, baik penalty secara otomatis melalui saringan algoritma atau penalty secara manual.

Jual beli backlink

Jual beli backlink dengan uang, menukar backlink dengan artikel, atau menukar dengan jasa sangat dilarang oleh Google webmaster.

Tukar menukar link berlebihan

Untuk pertukaran link secara berlebihan akan terkena sanksi dari Google webmaster. Situs A memasang tautan dari situs B ,dan situs B memasang tautan dari situs A, dan itu dilakukan berlebih akan diketahui oleh algoritma Google.

Baca Juga: Cara Mengelola Website yang Powerfull Bagi Pemula

Entry Blog tamu dengan banyak keyword

Yang dilarang selanjutnya adalah posting di blog tamu secara masif dan menggunakan banyak keyword. Hal ini akan mudah terlacak oleh Google.

Tautan tak wajar lainnya

Penggunaan backlink yang tak wajar baik secara jumlah, penempatan, ataupun konteks dari backlink yang tidak sesuai akan memudahkan mesin pencari mengetahui bahwa hal tersebut merupakan skema tautan yang tidak diperbolehkan seperti halnya .

Cek backlink dengan tools yang ada. Sumber unsplash

Perlukah mengetahui backlink kompetitor menggunakan backlink checker?

Sebagai pelaku bisnis, tentu saja kita harus memetakan pola atau kekuatan kompetitor. Hal ini dikarenakan dalam dunia maya seolah tidak ada ‘batasan’ dalam melakukan optimalisasi selama masih dalam lingkaran aturan yang telah ditentukan.

Oleh karena itu kita tentu harus memperhatikan gerak-gerik kompetitor dan juga pilihan cara yang dipakai oleh mereka. Ada beberapa hal yang menjadikan pentingnya kita mengetahui backlink kompetitor.

Jumlah backlink

Semakin banyak backlink menjadi semakin bagus? Itu bisa benar dan bisa pula salah. Yang jelas, ketika kita mengetahui berapa jumlah backlink yang kompetitor bangun, maka paling tidak kita bisa menganalisa seberapa kuat mereka.

Kualitas backlink

Dengan melihat backlink kompetitor dari backlink checker, kita bisa mengetahui backlink seperti apa yang dipakai dan dimana mereka menanamkan backlink, maka dari situ kita bisa meniru gaya mereka dalam membuat backlink.

Baca Juga: Langkah Menghemat Biaya dalam Pembuatan Website

Pemilihan kata kunci

Ketika kita sudah mendapatkan beberapa backlink dari kompetitor menggunakan backlink checker, maka kita bisa menganalisa kata kunci seperti apa yang mereka pakai. Jangan sampai kata kunci yang kita pilih kalah pasaran dengan mereka.

Jika mereka menggunakan kata kunci yang sama dengan kita. maka bisa dipastikan mereka adalah benar-benar kompetitor kita. Dan kita bisa jadi harus mengeluarkan banyak upaya untuk mengalahkan mereka di SERP.

Pencarian peluang lain

Dalam tools backlink checker tertentu, ada beberapa fungsi lain yaitu mengecek anchor dan kata kunci yang sering muncul. Kita sebenarnya tidak perlu melakukan ‘perlawanan’ dengan berebut traffic dengan satu kata kunci.

Caranya adalah dengan menggunakan kata kunci alternatif. Misal perusahaan kompetitor kita menggunakan kata kunci “sewa mobil Jogja”, dan kita sebagai perusahaan sewa mobil di Jogja bisa beralih menggunakan kata kunci rental mobil Jogja atau frasa yang lainnya.

Melihat kekuatan kompetitor bukan berarti kita harus ‘mengalahkan’ mereka di SERP, akan tetapi kita bisa membuat pilihan dengan mengambil celah yang tidak mereka gunakan dan memaksimalkan yang ada sehingga bisa menghemat sumberdaya.

Analisa backlink
Infografis analisa backlink kompetitor. Sumber: zekadigital.com

Peralatan backlink checker

Ada beberapa backlink checker yang bisa digunakan untuk menganalisa dan menakar kekuatan backlink dari kompetitor. Dengan backlink yang ditampilkan, anchor yang digunakan, artikel terbaik yang dibuat, maka kita bisa menganalisa kekuatan backlink kompetitor.

Yang paling sering digunakan dan dikenal dalam dunia SEO adalah Ahrefs, SEMRush, Majestic SEO, SEO Spyglass, Google Alert, Backlink Watch dan sebagainya. Dibawah ini merupakan tool backlink checker Ahrefs yang biasanya ada versi gratisnya dan juga bersi premiumnya.

Ahrefs Backlink Checker

Backlink checker dari ahrefs dapat dibuka melalui tautan berikut ini https://ahrefs.com/backlink-checker dan disana akan ditampilkan beberapa fitur gratisnya. Meskipun gratis, tapi kita bisa tetap menggunakannya.

Setelah membuka link diatas kita tinggal memasukkan alamat website atau blog kompetitor kita, lalu klik enter dan centang pada alat pendeteksi robot. Jika telah dilakukan, maka akan menampilkan hal berikut ini.

Contoh backlink profile pada website, Sumber: ahrefs.com
Contoh backlink profile pada website, Sumber: ahrefs.com

Domain Rating

Domain rating adalah ukuran dari kekuatan profile backlink sebuah situs yang dikeluarkan oleh pihak Ahrefs. Semakin tinggi nilai yang dihasilkan, maka akan semakin baik situs.

Dengan demikian, kita bisa mengetahui rating suatu situs website. Dan dengan seperti itu kita bisa menganalisa domain manakah yang layak untuk link building.

Backlinks

Disitu terpampang jumlah backlink yang telah dibuat tanpa memperhatikan kualitas dari backlink itu sendiri. Akan tetapi terlihat prosentase jenis backlink dofollow yang dibuat.

Semakin banyak backlink yang dibuat, maka semakin baik tetapi kualitas backlink harus diperhatikan. Dan dalam membuat backlink, harus hati-hati dan memperhatikan kaidah atau aturan yang ditetapkan mesin pencari.

Referring Domains

Ini adalah informasi yang menjelaskan berapa banyak domain website yang menjadikan situs web yang sedang dites tersebut untuk dijadikan referensi. Semakin banyak yang mereferensikan, maka akan semakin bagus.

Selain fitur diatas, sebenarnya masih banyak fitur yang akan nampak ketika kita menggunakan backlink checker Ahrefs meskipun layanan tersebut gratis.

Misalnya saja top 5 anchor untuk mengetahui anchor text yang digunakan, ada juga top 5 page yang menyajikan 5 page terbaik yang ada pada website tersebut. Dan kita akan mendapat fitur yang lebih banyak lagi ketika membeli akun premium dari Ahrefs.

Peralatan backlink checker, Sumber: zekadigital.com
Peralatan backlink checker, Sumber: zekadigital.com

Kesimpulan

Dunia SEO adalah dunia yang penuh dengan persaingan. Masing-masing website akan senantiasa bersaing untuk mendapatkan peringkat paling atas, karena seseorang memulai bisnis pasti ada bisnis lain yang sejenis dan tidak tertutup kemungkinan untuk bersaing.

Maka keberadaan tools yang digunakan untuk memonitor kekuatan kompetitor sangat diperlukan, semisal backlink checker.

Yang menjadi catatan disini adalah SEO tidak hanya sekedar membuat konten dengan bagus atau backlink berkualitas, akan tetapi riset terhadap kompetitor juga wajib dilakukan.

Dengan menyelidiki kekuatan kompetitor bukan berarti mengalahkan mereka di SERP, akan tetapi kita bisa mencari celah lain yang tidak mereka gunakan sehingga kita akan lebih menghemat sumberdaya.

Dan cara-cara seperti itu dengan mencari celah peluang lain tanpa harus bersaing dan ‘mengalahkan’ kompetitor sudah banyak dilakukan lama oleh perusahaan jasa SEO profesional. Salah satunya jasa SEO Jogja yang terpercaya dan berpengalaman.

Tinggalkan komentar

logo zeka digital official

Zeka Digital merupakan penyadia jasa digital marketing di Indonesia. Kami melayani untuk produk / layanan / jasa yang syar'i. Nikmati pelayanan yang prima, profesional dan amanah untuk usaha di seluruh Indonesia.

Tentang Kami

Zeka Digital - Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Pringgolayan, RT.02/RW.44, Banguntapan,
Bantul, Yogyakarta 55198.

0811-265-1453
[email protected]

Chat Konsultasi